4 Macam TWS Sesuai Bentuk Telinga, Sudah Tahu?

Jumat, 27 Mei 2022 | 11:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

4 Macam Tws Sesuai Bentuk Telinga, Sudah Tahu?

TWS JBL. (Special)

Ladiestory.id - TWS (True Wireless Stereo) menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Pasalnya, alat ini kerap digunakan untuk virtual meeting, mendengarkan audiobook, bermain gim, hingga mendengarkan lagu sambil beraktivitas.

Untuk itu, kenyamanan TWS juga penting diperhatikan, selain kualitas suara yang jernih. Ternyata, kenyamanan pemakaian TWS juga dipengaruhi oleh bentuk telinga. Secara sederhana TWS dibagi menjadi empat jenis sesuai dengan bentuk telinga.

Dot - Closed

TWS Dot. (Special)

TWS  dengan cangkang bentuk dot dan ear tip yang berbahan silikon ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus pendek dan concha (bagian dalam telinga) yang dalam. 

Ketika digunakan, silikon ear tip-nya akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Karena tingkat bass dan peredamannya yang kuat, model ini cocok untuk Kamu yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara yang tajam. 

Stick - Closed

TWS stick - closed. (Special)

Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus bentuk V solid dan concha dangkal. Mirip dengan Dot, model ini juga memiliki ear tip berbahan silikon. Beedanya, model ini memiliki cangkang dengan tambahan gagang pendek untuk mencegah TWS mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. 

Ketika dipakai, silikon ear tip akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. 

Stick - Open

TWS stick - open. (Special)

Model ini sedikit berbeda dari dua model sebelumnya. Ear tip model ini tidak menyegel penuh lubang telinga, sehingga membuat pemakainya masih dapat mendengar suara sekitar dengan lebih baik. 

Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus berbentuk V solid dan concha dangkal. Cangkangnya memiliki gagang yang pendek untuk mencegah earbuds mudah lepas ketika dipakai beraktivitas. 

Headphone On-Ear dan Over-Ear

Headphone On-Ear dan Over-Ear. (Special)

Selain itu ada juga model headphone On-Ear dan Over-Ear. Jenis desain ini sangat cocok untuk pecinta musik yang suka mendengarkan dalam waktu yang lama tanpa kelelahan. 

Headphone model On-Ear dan Over-Ear tidak memerlukan penyesuaian bentuk telinga sehingga lebih mudah untuk memilih jenis headphone yang nyaman sesuai dengan kebutuhan aktivitasmu.