5 Makanan Cina Populer di Indonesia, Sudah Coba?

Rabu, 12 Januari 2022 | 00:01:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

5 Makanan Cina Populer Di Indonesia, Sudah Coba?

Makanan China di Indonesia.(Special)

Ladiestory.id - Banyak makanan tradisional maupun makanan modern yang ada di Indonesia. Beberapa makanan dan jajanan tradisional mendapat pengaruh dari budaya negara lain, salah satunya Cina.

Makanan dan jajanan dari Cina banyak dijumapi dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan Kamu juga sering melihat makanan dan jajanan tradisional Cina yang tersebar di pasar, restoran, warung dan beberapa tempat lainnya.

Beberapa pastinya Kamu kenal dengan makanan dan jajanan Cina dibawah ini. Yuk intip makanan Cina yang populer di Indonesia.

1. Yu Seng

Yu Seng. (Special)

Makanan Yu Sheng merupakan sebuah salad masyarakat Cina. Salad ini bisa dijumpai ketika perayaan Imlek. Jika Kamu mau memakan Yu Sheng harus mengaduk dan menganggkatnya secara tinggi.

Hal tersebut masyarakat Cina meyakini agar harapan yang mereka impikan bisa tercapai. Setelah diaduk tinggi dan memanjatkan doa, barulah dimasukkan ke mulut. 

Adapun beberapa bahan yang biasa digunakan, antara lain Ikan Salmon, Selada, Lobak Putih, Tomat, Wortel, Kacang Kapri, Minyak Zaitun, Tortila Chips, Air Jeruk Nipis dan Wijen. 

2. I Fu Mie

 I Fu Mie. (Special)

Makanan I Fu Mie asal Cina ini terbuat dari olahan mi dan beberapa tambahan topping ikan laut. I Fu Mie juga bisa menjadi dua yaitu digoreng atau direbus. Jika direbus, kuah yang dipakai adalah kuah yang tidak terlalu kental.

Isi dari I Fu Mie sendiri berupa sayur-sayuran dan beberapa boga bahari, seperti cumi-cumi dan udang. Terkadang I Fu Mie juga memakai topping daging ayam atau daging sapi, tergantung selera dan permintaan konsumen.

Adapun beberapa bahan yang biasa digunakan, antara lain mie telur, daging bagian dada ayam, udang, cumi, kembang kol,  jamur kancing, kaldu ayam, wortel, pokcoy, bakso ikan, telur ayam, bawang putih, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, tepung maizena, Garam dan merica secukupnya dan Minyak.

3. Sapo Tahu

Sapo Tahu. (Special)

Makanan sapo tahu adalah salah satu makanan khas masyarakat Cina. Sapo Tahu biasanya berisi sayuran, udang, tahu dan kuah yang kental. Sapo tahu juga dikenal sebagai makanan vegeratian dan makanan pembuka saat adanya upacara dan perayaan.

Adapun beberapa bahan-bahan yang digunakan adalah udang, cumi, tahu telur, jamur kuping basah, jamur shitake, jagung muda, wortel, dan bunga kol.

4. Chow Mein

Chow Mein. (Special)

Chow mein adalah sebuah mi goreng dan mi rebus asal Cina. Mie ini bisa dijumpai di rumah makan ataupun restoran Cina.

Adapun bahan yang digunakan adalah mie telur, daging ayam yang disuir, udang dan sayuran. Bahan-bahannya ditumis dengan minyak goreng, bawang putih dan bumbu kecap dan saus tiram dalam wajan.

5. Bakpao

Bakpao.(Special)

Pastinya tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Ya, bakpao sering sekali dijumpai. Ternyata jajanan bakpao ini adalah makanan trasional dari Cina. Isian dalam bakpao juga beragam, ada isi daging sapi dan ayam, sayuran, rasa cokelat dan lain-lain. Bakpao dalam Cina berarti daging yang dibungkus.

Kulit bakpao sendiri terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi. Setelah mengembang maka dimasukan topiing didalamnya lalu di kukus.  

Sudah coba yang mana?