Makanan Kaya Zat Besi yang Wajib Ada Di Menu MPASI

Kamis, 2 November 2023 | 00:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Makanan Kaya Zat Besi Yang Wajib Ada Di Menu Mpasi

Ilustrasi Bubur MPASI. (Canva)

Ladiestory.id - Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang kaya akan zat besi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi ketika mereka mulai menerima makanan selain ASI atau susu formula. Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Zat besi adalah mineral yang penting bagi tubuh manusia karena perannya dalam membantu pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Ini juga berperan dalam fungsi sel darah merah dan beberapa proses biokimia lainnya dalam tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditemui dengan jumlah sel darah merah yang rendah dan penurunan kemampuan darah untuk membawa oksigen. Gejala kekurangan zat besi bisa termasuk kelelahan, lemah, pusing, kulit pucat, serta masalah konsentrasi dan daya ingat yang menurun. Pada anak-anak, kekurangan zat besi bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Kekurangan zat besi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk diet yang rendah akan sumber zat besi, kehilangan darah karena menstruasi yang berat atau perdarahan lambung, serta masalah penyerapan zat besi dalam usus. Berikut beberapa contoh makanan MPASI yang kaya akan zat besi:

Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran hijau (Special)

 

Bayi yang telah memulai MPASI bisa diberi puree dari sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, atau kale. Hal ini karena sayuran hijau kaya akan zat besi.

Daging

Ilustrasi daging olahan (Spesial)

 

Daging tanpa lemak seperti daging sapi, daging unggas, atau daging ikan direkomendasikan sebagai sumber zat besi heme yang mudah diserap tubuh.

Buah-buahan Kering

Salah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Buah kering seperti kurma atau aprikot mengandung zat besi, namun perlu diingat bahwa konsentrasi gulanya cukup tinggi, sehingga pemberian buah kering harus disesuaikan dengan porsi yang tepat untuk bayi.

Tahu dan Tempe

Ilustrasi Tempe (Special)

 

Produk kedelai seperti tahu dan tempe mengandung zat besi serta merupakan sumber protein nabati. Memiliki bahan dasar kacang kedelai sudah tentu tempe dan tahu juga termasuk ke dalam sumber zat besi untuk bayi ya, Bu. Protein yang murah meriah ini memang sudah dikenal akan kandungan gizinya yang baik bagi tubuh, termasuk untuk bayi. Mengolahnya pun sangat mudah. Bisa dikukus atau dimasak kuah sehingga memberikan rasa yang enak pada MPASI bayi.

Telur

Ilustrasi Telur. (iStock)

 

Telur adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan sering kali disukai karena kepraktisannya. Mereka merupakan sumber protein tinggi, serta mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Salah satu nutrisi yang penting dalam telur adalah zat besi.

Makanan MPASI diberikan dalam bentuk yang mudah dicerna dan aman bagi bayi. Ketika memperkenalkan makanan baru, perhatikan reaksi alergi dan pastikan untuk memberikan makanan dalam tekstur yang sesuai dengan usia bayi.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengkonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya.