Wajib Coba! Ini 5 Makanan Khas Indonesia yang Super Lezat

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Wajib Coba! Ini 5 Makanan Khas Indonesia Yang Super Lezat

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (pinterest.com)

Ladiestory.id - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, mulai dari ragam kesenian tradisional hingga kuliner Indonesia dari berbagai daerah. Indonesia juga merupakan negara yang menghasilkan rempah-rempah. Sehingga, Indonesia kaya akan cita rasa kuliner yang beragam.

Bahkan, ada beberapa makanan khas Indonesia yang dikenal hingga mancanegara. Saking lezatnya, makanan Indonesia disukai banyak orang hingga para turis atau wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, Mereka memberikan apresiasi atas kuliner Indonesia.

Nah, jangan sampai kamu warga Indonesia belum mencoba ragam makanan khas Indonesia yang super lezat ini. Kamu bisa mencoba semua makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Terlebih, hanya dengan diam di rumah, kamu bisa memesan makanan tersebut secara online.

Lantas, apa saja makanan Indonesia yang kaya akan cita rasanya? Apa saja makanan khas Indonesia yang wajib dicoba? Berikut ulasannya.

Rendang

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (pinterest.com)

Makanan khas Indonesia yang satu ini merupakan makanan yang paling terkenal. Makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat ini memang sangat kaya akan rempah-rempah yang menjadikannya sangat lezat.

Bahan utama dari makanan ini adalah, daging sapi yang diolah dengan santan dan bumbu rempah-rempah lainnya, seperti bawang-bawangan, jahe, ketumbar, hingga kapulaga. Memasak rendang ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, loh. 

Daging sapi harus benar-benar empuk dan bumbu rempah-rempah meresap dengan sempurna hingga rendang menjadi kering. Kamu bisa menikmati rendang ini dengan nasi hangat.

Pempek

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (pinterest.com)

Tidak jauh beda dengan rendang tadi, makanan khas Indonesia yang satu ini juga super lezat dan cukup terkenal! Pempek, merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Sumatera Selatan.

Pempek khas Palembang ini punya banyak jenis. Pempek yang paling terkenal adalah, pempek kapal selam. Selain itu, ada juga lenjer, kulit, keriting, dan lenggang. Bedanya dari jenis pempek tersebut adalah bentuknya dan juga isiannya, seperti pempek kapal selam diisi dengan isian telur.

Cara menikmati pempek khas Palembang ini adalah dengan cuko, di mana saat dinikmati dengan pempek, maka sensasi rasanya akan terasa sangat gurih dan pastinya lezat.

Gudeg

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (Lemonilo)

Makanan Indonesia yang satu ini merupakan khas dari Kota Yogyakarta. Gudeg dikenal dengan rasanya yang super lezat, dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Bahan utama dari makana khas Indonesia super lezat yang satu ini adalah, nangka yang sudah direbus.

Bersama dengan daun salam, gula aren, santan, dan rempah-rempah lainnya, menjadikan gudeg punya cita rasa khas yang super lezat. Gudeg ini biasa disajikan dengan nasi, suiran ayam, sambal krecek, dan juga ada telur rebus. Dijamin deh, sekali coba, kamu akan ketagihan.

Rawon

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (pinterest.com)

Makanan yang satu ini berasal dari daerah Jawa Timur. Rawon termasuk salah satu makanan khas Indonesia yang super lezat. Disajikan dengan sepiring nasi putih yang hangat, perpaduan rempah-rempah pada rawon ini akan membuat orang yang menikmatinya pasti ketagihan.

Ketoprak

Makanan khas Indonesia yang super lezat. (pinterest.com)

Ketoprak merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jakarta. Makanan lezat yang satu ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, loh. Rasanya yang super lezat dan harganya yang murah menjadikan ketoprak ini sebagai salah satu makanan terfavorit.