6 Makanan Khas Islandia, Dari Menu Biasa Hingga Menu Ekstrim

Kamis, 9 September 2021 | 09:12:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Makanan Khas Islandia, Dari Menu Biasa Hingga Menu Ekstrim

Foto: discover.is

Islandia, siapa ni yang gak tahu dengan negara yang satu ini? Islandia merupakan salah satu negara yang terkenal akan  pemandangannya yang sangat indah nan cantik.

Makanan Khas Islandia

Dahulu negara Islandia merupakan negara termiskin oleh karena itu penduduknya membuat apapun menjadi makanan. Nah berikut ini makanan anti-mainstream dari Islandia.

1. Hakarl (Fermentasi Hiu)

theculturetrip

Untuk makanan yang pertama ada Hakarl. Nah, makanan ini sebenarnya makanan ini terbuat dari hasil fermentasi hiu. Hakarl menjadi makanan tradisional Islandia yang menjadi daftar wajib coba bagi wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Islandia. Hakarl merupakan makanan olahan hasil fermentasi hiu.

Hiu yang difermentasi dalam kurun waktu selama 6-12 minggu dengan cara dikubur dalam tanah. Kemudian setelah dikubur, hiu digantung selama 4-5 bulan. Dari segi rasanya mirip dengan keju. Jika kamu ingin mencoba hiu fermentasi ini datang saja ke pasar loak Kolaportid di Islandia.

2. Skyr

Foto: travel.earth

Selanjutnya ada skyr. Untuk makanan yang satu ini menjadi salah satu produk yang menjadi kebanggaan orang Islandia. Skyr mirip dengan yogurt tapi lebih lembut.

Produk seperti yogurt padat tapi dengan rasa yang jauh lebih ringan, dan meski memiliki tingkat keasaman yang sama dengan yogurt Yunani, skyr secara umum tergolong keju, meskipun secara luas dianggap sebagai yogurt.

Nah, skyr sendiri biasa dimakan saat sarapan dengan susu dan taburan gula. Keunikan dari skyr terdapat pada proses pasteurisasi susu skim, saat prosesi ini melibatkan kultur bakteri yang hanya ada di Islandia, lo! Tertarik untuk mencobanya?

3. Harðfiskur

Foto: travel.earth

Seperti Skyr, Harðfiskur merupakan makanan yang samgat mudah ditemukan di supermarket di berbagai kota di negara Islandia. Harðfiskur sendiri merupakan ikan kering sejenis dendeng ikan yang memiki tekstur kering. Oleh karena itu, saat kamu memakan Harðfiskur wajib didampingi oleh mentega supaya membuat teksturnya  lebih lembut.

Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan cod, haddock atau seawolf. Jadi makanan kering ini mengandung banyak protein, mencapai 80-85 persen per 100 gr. Nah, kalau kamu ingin coba makanan ini, bisa beli di supermarket sana, ya!

4. Svið

Foto: theculturemap

Selanjutnya ada Svið. Makanan Svið merupakan sebuh hidangan yang berupa kepala kambing atau domba yang dipanggang. Makanan ini biasanya disajikan untuk perayaan pertengahan musim dingin Þorrablót. Untuk penyajiannya sendiri, biasanya ditemani dengan kentang tumbuk dan lobak.

Orang-orang islandia biasa menjadikan pipi dan lidah kambing sebagai bagian favorit saat memakan hidangan yang satu ini. Duh anti-mainstream banget, ya? Kamu tertarik untuk mencobanya gak?

5. Rugbrauð

Foto: travel.earth

Nah untuk selanjutnya ada roti khas Islandia. Roti ini lebih dikenal dengan sebutan Rugbrauð. Roti yang terbuat dari gandum hitam sangat populer di Islandia.

Bahkan roti ini memiliki rasa yang enak dan manis. Orang-orang islandia biasanya memakannya bersama dengan mentega, ikan atau domba panggang. Kalo kamu pergi ke islandia bisa nih ikut nyobain roti rugbrauð.

6. Síld

Foto: aha.is

Yang terakhir ada makanan Síld. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan hering yang diasinkan dan biasanya digunakan sebagai pelengkap saat memakan roti gandum atau makanan lainnya. Síld juga merupakan makanan tradisional negara Islandia. Kamu tertarik untuk mencobanya tidak?

Nah, itu dia beberapa nama makanan yang sangat khas dari negara Islandia, mulai dari olahan fermentasi hiu sampai roti. Selain daftar makanan di atas, masih banyak olahan lainnya, mulai dari menu biasa saja hingga menu ekstrim ada di Islandia. Dari keenam makanan diatas, kamu ingin mencoba makanan yang mana nih?

Berita Terkait