Pasti Ketagihan, Ini 8 Makanan Khas Makassar Paling Enak selain Coto

Minggu, 7 November 2021 | 10:19:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Pasti Ketagihan, Ini 8 Makanan Khas Makassar Paling Enak Selain Coto

Foto: okezone.lifestyle

Ladiestory.id - Setiap daerah pastinya punya ragam kuliner khas masing-masing. Termasuk daerah Makassar yang terkenal dengan Coto Makassar sebagai kuliner khasnya. Bukan hanya coto saja, masih banyak makanan khas lainnya dari Makassar yang wajib kamu coba. Simak informasinya di bawah ini.

Makanan Khas Makassar yang Paling Enak

Inilah makanan khas Makassar yang enak selain coto yang wajib kamu coba.

1. Sop Saudara

Foto: merdeka

Salah satu makanan khas Makassar paling enak adalah Ssop saudara. Kuliner yang satu ini terbuat dari daging sapi, bihun, dan bola-bola kentang goreng, serta paru sapi goreng lengkap dengan kuah campur telur bebek.

Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, serta telur rebus. Ada pula tambahan lain yaitu sambal kacang dan irisan timun. 

2. Jalangkote

Foto: IDNtimes

Makanan khas Makassar yang wajib kamu coba selanjutnya adalah jalangkote. Makanan ini sekilas mirip dengan pastel, hanya saja jalangkote lebih tipis kulitnya serta bercita rasa gurih dan renyah. Jalangkote bisa kamu temukan di kafe-kafe dengan harga terjangkau. 

3. Barongko

Foto: cookpad

Hidangan satu ini merupakan makanan penutup khas daerah Bugis Makassar. Bahan dasarnya menggunakan buah pisang. Pisang diproses menjadi kue yang sangat lembut.

Daging buah pisang dihaluskan bersama bahan lain seperti telur, gula, garam dan susu bubuk. Kemudian dibungkus daun pisang dan dimasak.

4. Mi Titi

Foto: Ladiestory.id

Mi titi adalah masakan mi yang unik. Jika biasanya mi adalah makanan yang kenyal berbeda dengan mi titi yang merupakan mi yang garing. Mi berukuran tipis yang digoreng hingga garing, kemudian disajikan dengan kuah kental berisi seafood, daging, sayuran dan rempah khas.

Rasanya gurih dan asam karena diberi pelengkap potongan lemon untuk diperas di atas mi. Masakan khas Makassar ini biasa dijumpai saat malam hari.

5. Pallu Ce'lla

Foto: kompas

Makanan khas Makassar selanjutnya yang enak adalah Pallu Ce’lla yaitu ikan yang dimasak dengan cita rasa asin. Ikan yang dimasak bermacam-macam, ada ikan cakalang, ikan tuna, ikan layang dan ikan bandeng. 

Ikan-ikan itu diberi rempah-rempah  khusus yang selanjutnya disimpan beberapa hari. Pallu ce'la biasanya disajikan dalam acara keagamaan atau acara adat Makassar.

7.  Sop Konro

Foto: okezone.lifestyle

Kuliner khas Makassar berikutnya adalah Sop Konro. Makanan ini terdiri dari iga atau daging sapi yang direbus dengan bumbu dan rempah berupa  kayu manis, air asam, merica, pala, kacang merah, dan kluwek yang memberikan warna gelap pada kuahnya.

Konro juga menjadi salah satu kuliner terkenal dari Makassar, hidangan ini paling cocok dimakan bersama ketupat.

8. Ikan Bandeng Bakar

Foto: okezone.lifestyle

Ikan Bandeng Bakar yang satu ini merupakan makanan khas Makassar lainnya yang wajib kamu coba. Yang membedakan ikan bakar bandeng khas Makassar dan ikan bakar lainnya adalah dari bumbunya serta baunya yang tidak amis.

Hal tersebut karena ikan sebelumnya telah dilumuri bumbu bawang putih plus perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. 

Selain tidak bau amis ikan bandeng bakar khas Makassar juga  dikukus terlebih dahulu sehingga durinya lunak. ikan bandeng bakar khas Makassar ini biasa disajikan bersama nasi hangat dan sambal mangga muda, rasanya sudah pasti enak dan nikmat.

Itulah 8 makanan khas Makassar yang paling enak selain coto dan wajib kamu coba bila berkunjung kesana. Semoga bermanfaat.