Yuk Balikan Mood dengan 8 Makanan yang Bisa Menghilangkan Bete!

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Yuk Balikan Mood Dengan 8 Makanan Yang Bisa Menghilangkan Bete!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bete atau bad mood sering kita alami dengan berbagai alasan, bisa karena masalah pekerjaan, keluarga ataupun pribadi.

Saat suasana hati sedang tidak bisa dijelaskan, gundah, resah, sedih, hal yang mungkin ingin dilakukan hanya diam. Padahal, diam tidak melulu bisa mengubah kondisi dan aktivitas lainnya bisa terganggu.

Makanan yang Bisa Menghilangkan Bete

Oleh sebab itu, kita membutuhkan moodboster untuk menghilangkan bête. Gimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan menghilangkan bête. Apa aja ya kira-kira?

1. Pisang

Foto: CNN Indonesia

Makanan menghilangkan bete yang pertama adalah pisang. Sebab pisang memiliki kandungan sumber vitamin B yang tinggi sehingga dapat menurunkan kadar depresi dalam tubuh kita. Selain itu juga kadar triptofan yang dikenal dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, hormon yang bertugas mengangkat suasana hati.

2. Cokelat

Pasti semua orang tahu kalau cokelat menjadi makanan menghilangkan bete. Menurut para ahli kesehatan, makan cokelat ternyata dapat membantu mengurangi stres dan juga mengurangi kecemasan serta menambah energi.

Kemampuan cokelat dalam meningkatkan mood hanya dalam hitungan menit. Semakin gelap warna cokelat yang kita konsumsi, maka akan semakin baik. Dark chocolate dapat memperlambat produksi hormon stres, dan otomatis tingkat kecemasan kita juga bisa berkurang.

Ini karena cokelat akan membuat pelepasan endorfin otak, dan juga dapat meningkatkan kadar serotonin. Inilah yang akan menciptakan rasa bahagia yang dapat berlangsung selama beberapa jam.

3. Kopi

Tak hanya menghilangkan rasa ngantuk, kopi juga bisa menghilangkan badmood. Hal ini karena adanya kafein yang terkandung dalam kopi bisa menjaga mood-mu.

Namun jika kopi dikonsumsi secara berlebihan juga bahaya. Sebab jika menkonsumsi lebih dari 300 mg kafein dapat menyebabkan kecemasan berlebihan. Terlebih, kalian harus hati-hati jangan minum kopi terlalu banyak juga ya, apalagi jika kamu memiliki penyakit lambung.

4. Yoghurt

Tidak hanya memperbaiki sistem percernaan, yoghurt pun mampu mengubah suasana hati jadi lebih baik. Sistem pencernaan yang sehat dan jauh dari keluhan penyakit, bisa membuat manusia terhindar dari stres, kecemasan, dan depresi.

5. Pasta

Pasta menjadi salah satu sumber karbohidrat yang banyak disukai banyak orang. Pasta ternyata memiliki keunggulan dalam menangkal mood jelek dengan mengubahnya menjadi hormon bahagia atau endorfin dalam tubuh. Sehingga kita akan merasa lebih senang dan bahagia. Makanya pasta dijadikan makanan menghilangkan bete.

6. Alpukat

Foto: Ladiestory.id

Salah satu manfaat dari alpukat adalah untuk menstimulasi mood. Komponen utama di dalam buah alpukat yang berhubungan dengan mood seseorang adalah asam folat dan kandungan fitonutrient.

Dua kandungan zat tadi dapat menghambat hormon tidak bergairah terbentuk, sehingga hormon yang terbentuk pada akhirnya adalah mood baik.

5. Salmon

Salmon mengandung banyak omega 3 yang berkhasiat untuk melawan perubahan suasana hati dan depresi. Tak hanya itu, salmon juga bisa membantu kita untuk menambah konsentrasi.

6. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan yang lebih banyak dibanding buah dan sayuran lainnya, yang berkhasiat meningkatkan kemampuan otak. Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam blueberry mampu mengatur suasana hati, meningkatkan memori, dan menunda penuaan pada otak.

7. Teh Hijau

Foto: Ladiestory.id

Setelah melewati hari yang buruk, sesaplah secangkir teh hijau yang kaya manfaat. Pikiran akan jadi lebih tenang dan suasana hati yang kalut pun bisa lebih cerah, karena kandungan l-theanine dan asam aminonya yang mampu menghilangkan cemas.

8. Tiram

Kemampuan tiram dalam mendongkrak suasana hati bahkan melebihi nyamannya kamar. Kandungan seng dan nutrisinya yang tinggi membuat tiram jadi salah satu makanan yang jago membuat mood lebih baik. Pasalnya, seng yang ada dalam tiram bisa membuat tidur lebih berkualitas.

Inilah 8 makanan menghilangkan bete. Saat mood-mu menurun, konsumsi makanan di atas bisa mengilangkan rasa bete yang kamu alami.