Bukan Kopi, 5 Makanan yang Patut Dikonsumsi Saat Kurang Tidur

Minggu, 15 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bukan Kopi, 5 Makanan Yang Patut Dikonsumsi Saat Kurang Tidur

Ilustrasi kurang tidur dan minum kopi. (Special)

Ladiestory.id - Pada umumnya, orang dewasa memiliki waktu tidur setidaknya 7 hingga 9 jam dalam sehari. Jam tidur tersebut berguna untuk mengembalikan energi yang hilang setelah tubuh beraktivitas.

Namun, beberapa faktor membuat kita tidak bisa memenuhi jam tidur tersebut. Alhasil, kita akan merasa mengantuk dan tubuh kekurangan energi selama melakukan aktivitas.

Banyak orang yang mengatasinya dengan minum kopi. Rupanya, kopi bukan solusi yang tepat untuk menjadi satu-satunya cara kita "dompleng" tubuh. Kopi hanya membuat kita tidak mengantuk, namun tidak bisa mengembalikan energi yang hilang. Oleh sebab itu, cobalah konsumsi beberapa makanan di bawah ini untuk memulihkan energi kita.

Ikan dengan Kandungan Minyak Tinggi

Ilustrasi olahan ikan. (Special)

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi saat kekurangan tidur adalah ikan dengan kandungan minyak tinggi, misalnya salmon, tuna, dan sarden. Jenis ikan tersebut memiliki kandungan lemak tak jenuh dan protein. Kandungan inilah yang akan membuat kita merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga.

Nantinya kita dapat meminimalkan rasa lapar lebih baik dan mencegahmu makan camilan. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dapat membantu kerja otak lebih efisien. Hal tersebut dapat membuat kita tetap bisa berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood walaupun sedang merasa lelah.

Buah

Ilustrasi buah-buahan. (Special)

Buah memang dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan dan memiliki banyak manfaat, termasuk saat kita kekurangan tidur. Biasanya, orang kurang tidur cenderung memiliki mood yang jelek. Untuk meningkatkannya, kita sering mengonsumsi makanan manis.

Diketahui, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, kita bisa mengganti camilan tersebut dengan buah-buahan yang lebih sehat.

Pasalnya, buah-buahan mengandung gula alami yang cenderung lebih aman dan bisa membantu menambahkan energi tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi jenis buah yang manis dan kaya nutrisi, misalnya mangga.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi blueberry yang kaya akan kandungan antioksidan. Nutrisi dalam buah ini dapat menjaga dan menguatkan imunitas tubuh. Sehingga, kita bisa terhindar dari penyakit karena penurunan imun saat kurang tidur. Tak hanya itu, blueberry juga memiliki rasa yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat kurang tidur.

Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Telur menjadi makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat tubuh kurang tidur. Biasanya dalam kondisi ini, kita akan cenderung merasa mengantuk sehingga membuat sel-sel otot kelelahan.

Untuk mengatasi hal ini, mengonsumsi telur menjadi salah satu pilihannya. Sebab, telur memiliki kandungan asam lemak seperti EPA dan DHA jadi senyawa yang dibutuhkan.

Kita bisa kombinasikan telur dengan sayuran hijau yang kaya zat besi, seperti bayam atau kale. Perpaduan makanan ini akan membuat kita bisa terhindar dari kelelahan akibat kurang tidur.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Ilustrasi kacang-kacangan. (Special)

Selain buah, Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai camilan. Sebab, makanan ini mampu membuat kita tetap berenergi meski kurang tidur

Tak hanya itu, kacang dan biji-bijian bisa menjadi pilihan terbaik untuk camilan. Pasalnya, kedua makanan ini dapat membuat perut kenyang dan bertenaga.

Sama seperti telur, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak sehat dan protein yang seimbang, tanpa kadar gula yang berlebih. Kamu boleh mencoba mengonsumsi chia seeds, kacang almond, atau biji labu sebagai camilan sehat saat kurang tidur.

Makanan Bersumber Gandum Utuh

Ilustrasi roti. (Special)

Selanjutnya, makanan yang bisa dikonsumsi saat tubuh kurang tidur adalah makanan yang memiliki sumber gandum utuh. Contoh makanan ini seperti oatmeal dan roti gandum.

Jenis makanan dengan gandum utuh dapat membantu untuk menahan kita memakan makanan lebih banyak saat merasa lelah. Jenis makanan ini tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks.

Hal tersebut dapat membantu tubuh menghasilkan energi lebih banyak. Sehingga, nantinya dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh. Selain itu, makanan bersumber gandum utuh dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh.

s