7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Diberikan untuk Kucing Peliharaan

Rabu, 15 Maret 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Diberikan Untuk Kucing Peliharaan

Ilustrasi kucing. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki kucing peliharaan di rumah tentu akan membuat hari-harimu sangat menyenangkan. Selain dapat menghibur ketika kamu merasa sedih dan jenuh, kucing peliharaan pun harus tetap dijaga kebersihan dan kesehatannya, khususnya pola makan.

Walaupun kucing dapat memakan apapun yang ia inginkan, namun sebagai owner yang peduli akan tumbuh kembangnya, kamu harus memperhatikan kesehatan makanan agar kucing peliharaan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Nah, bagi kamu yang memiliki kucing peliharaan, alangkah lebih baik jika kamu dapat menghindari tujuh makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada kucing kesayanganmu. Berikut di antaranya.

Cokelat dan Permen

Cokelat Hitam (Special)

Ladies, walaupun cokelat dan permen terlihat tidak membahayakan bagi kucing peliharaan, namun nyatanya kandungan cokelat sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh kucing, lho. Cokelat yang dikonsumsi oleh kucing dapat berubah menjadi racun, bahkan dapat menyebabkan kucing mengalami gagal hati.

Selain itu, kandungan theobromine nya juga dapat membuat kucing sakit diare, muntah, timbulnya penyakit jantung, hingga kucing kesayanganmu bisa mati. Aneka permen yang memiliki rasa manis dan susu juga sebaiknya tidak diberikan kepada kucing karena dapat memicu terjadinya kadar gula tinggi bahkan kucing bisa tersedak.

Telur Mentah

Ilustrasi olahan telur (Special)

Memberikan kucing makanan berupa telur mentah juga sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan telur mentah mengandung bakteri yang dapat merusak usus kucing.

Selain itu, telur mentah juga memiliki kandungan protein yang sulit dicerna oleh tubuh kucing. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu dapat merebus atau memasak telur hingga matang terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan makanannya.

Bawang

Ilustrasi bawang putih. (Special)

Memberikan makanan berupa bawang merah, putih, ataupun bawang bombai kepada kucing juga sangat dilarang karena dapat menyebabkan kucing mengalami anemia serta menganggu peredaran sel darah merah pada kucing peliharaan. Selain itu, kucing pun akan merasa sesak nafas, urin berubah warna hingga alami diare.

Tulang Ikan

Ilustrasi duri ikan. (Special)

Walaupun kucing menyukai tulang, namun nyatanya mengonsumsi tulang dapat berisiko bagi kesehatan kucingmu, lho. Tulang ikan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing bahkan menyebabkan gangguan pernapasan.

Selain itu, tulang yang tajam dapat menancap di area sela-sela mulut hingga tenggorokan kucing yang dapat menyebabkan mulutnya menjadi terluka, tersedak hingga kucing mengalami kematian mendadak. 

Anggur dan Kismis

Ilustrasi buah anggur (Spesial)

Jika kucingmu memiliki kebiasaan cukup aneh dan berbeda dari kucing pada umumnya, yakni mengonsumsi buah-buahan seperti anggur dan kismis, maka sebaiknya kamu dapat menghentikan kebiasaan buruk ini. Walaupun terkesan aneh apabila dikonsumsi oleh kucing, anggur dan kismis juga sangat membahayakan kesehatan kucing karena dapat menyebabkan gagal ginjal.

Daging Mentah

Ilustrasi daging sapi. (Special)

Mungkin kamu sering memperhatikan jika kucing sangat lahap mengonsumsi daging mentah baik itu daging ayam maupun ikan. Nyatanya daging-dagingan maupun ikan mentah ini sangat berbahaya bagi kucing, lho.

Daging dan ikan yang mentah mengandung bakteri dan parasit yang sangat membahayakan kesehatan kucing peliharaan. Daging dan ikan mentah pun dapat menyebabkan peradangan pada pankreas.

Susu

Susu (Special)

Susu yang dikonsumsi oleh manusia sebaiknya tidak diberikan untuk kucing peliharaan. Biasanya, kucing dewasa intoleran terhadap kandungan laktosa pada produk susu. Hal ini dikarenakan produk olahan susu tidak mampu dicerna dengan baik oleh kucing. Bagi kucing yang alergi susu pun dapat menyebabkan kucing mengalami muntah-muntah dan diare.

Nah, Ladies itulah tujuh makanan yang sebaiknya tidak kamu berikan kepada kucing peliharaanmu. Walaupun kucingmu tidak menunjukan berbagai gejala serius ketika mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya kamu dapat mencegah jenis makanan tersebut agar tidak menimbulkan risiko yang lebih parah.