Maksimalkan First Party Data Analitik CRM dan WhatsApp untuk Tingkatkan Customer Experience

Jumat, 24 Februari 2023 | 12:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Maksimalkan First Party Data Analitik Crm Dan Whatsapp Untuk Tingkatkan Customer Experience

ADA Media Briefing: Bisnis Perspektif di 2023: Maksimalkan Potensi MarTech dengan Analisis Mendalam First-Party Data. (Special)

Ladiestory.id - Perusahaan MarTech di Indonesia, ADA, mengatakan bahwa pentingnya bagi sebuah perusahaan untuk memaksimalkan first-party data demi membangun Customen Experience (CX) yang lebih mulus.

Faradi Bachri selaku Regional Director Digital Marketing Performance, ADA menyampaikan bahwa, dengan pemanfaatan CRM perusahaan dapat mencapai tujuan utama dari pemasaran.

Faradi Bachri. (Special)

“Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan dapat mencapai tujuan utama dari pemasaran, yaitu menjangkau orang yang tepat di waktu yang tepat dengan pesan yang tepat,” kata Faradi Bachri.

“Menggunakan CRM juga membantu perusahaan dalam menggunakan anggaran pemasaran secara efisien dengan hasil yang optimal,” sambungnya.

Pemanfaataan CRM secara optimal dapat embuat perusahaan mampu membuat langkah terukur dan terencana lebih awal sehingga semakin unggul dalam persaingan pemasaran dengan para kompetitornya. 

Hal itu terjadi karena CRM mempermudah proses perancangan CX yang dipersonalisasi dengan menyesuaikan kebutuhan personal, preferensi, dan perilaku konsumen. Salah satu cara menghadirkan CX yang dipersonalisasi, yaitu dengan WhatsApp Business.

Salah satu platform yang mendukung CRM adalah WhatsApp Business. WhatsApp Business dapat memudahkan perusahaan menjalin hubungan yang lebih baik melalui percakapan dua arah yang tepat dan cepat dengan konsumen. 

Dengan pemanfaatan hal tersebut, dapat memuluskan CX dan mampu meningkatkan leads serta pendapatan buat perusahaan. Terlebih terdapat 84,4 juta pengguna WhatsApp di Indonesia dengan pertumbuhan tiap tahunnya mencapai 15,5 persen, menjadikan ini kesempatan emas bagi perusahaan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen.

Januar Wismoyo. (Special)

Sementara itu, Januar Wismoyo selaku Managing Director, Customer Engangement Solutions, ADA, menyatakan bahwa di masa sekarang ini, sebuah perusahaan atau brands dituntut untuk dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik dari biasanya.

“Demi menghadirkan kepuasan pelanggan, ADA membantu perusahaan dengan mengintegrasikan komponen-komponen penting seperti CRM, WhatsApp Business, eCommerce software, dll," ujar Januar Wismoyo.

Alhasil, perusahaan memiliki interaksi yang mendalam dengan pelanggan di setiap tahapan pembelian sehingga mampu menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” sambungnya.

Sebagai perusahaan media dan digital dengan sejumlah penghargaan bergengsi, ADA mengintegrasikan solusi digital, analitik, pemasaran, dan eCommerce untuk merancang strategi pertumbuhan bagi kliennya.

Strategi dan pendekatan ADA tersebut dapat memudahkan perusahaan melakukan personalisasi CX, menghasilkan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi, serta ROI (Return of Investment) pemasaran yang lebih baik.