Mana yang Lebih Baik? Skincare Dermatologist vs Skincare Drugstore

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 06:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Mana yang Lebih Baik? Skincare Dermatologist vs Skincare Drugstore

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Rutin memakai produk perawatan atau yang sering disebut skincare, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Selain itu, ada pula produk yang bisa mengatasi masalah kulit.

Saat hendak memakai produk perawatan wajah, mungkin enggak jarang yang dibuat bingung akibat banyaknya pilihan produk yang tersedia.

Bahkan ada jenis-jenis skincare yang kerap membuat para wanita galau menentukan mana yang harus dipilih. Tak jarang mereka mempertanyakan, "Aku harus pakai yang mana ya?". Atau mereka membingungkan harus menggunakan skincare drugstore ataupun skincare dermatologist.

Skincare Dermatologist

Foto: Ladiestory.id

Skincare dermatologist juga disebut dengan perawatan kulit dari dokter. skincare ini pada umumnya mengandung bahan-bahan dengan dosis tinggi dan hanya dapat diakses dengan resep dari seorang profesional medis. Sebab penggunaan produk ini butuh pengetahuan dari ahli dan hanya dapat digunakan oleh pengawasan dokter.

Sebenarnya, skincare dermatologist ditujukan pada orang-orang dengan kondisi kulit dan kebutuhan medis tertentu, seperti jerawat dan kerutan. Pasalnya, konsentrasi bahan aktif umumnya lebih besar daripada yang dapat ditemukan di drugstore. Bahkan mereka telah diuji efektif pada kulit, oleh karena itu ada hasil yang lebih baik dengan perawatan kulit.

Skincare dermatologist memiliki poin plus tersendiri. Diantaranya didukung oleh penelitian klinis dan terbukti secara ilmiah memberikan hasil, meningkatkan kesehatan kulit bagian luar dan dalam. Bahkan kamu dapat mengkonsultasikan masalah kulit secara langsung dan mendapatkan skincare khusus.

Namun tentu saja, skincare dermatologist akan cenderung memiliki harga lebih mahal. Tentunya kamu memerlukan resep dokter untuk membelinya.

Skincare Drugstore

Foto: cosmeticsdesign

Sedangkan skincare drugstore atau Over The Counter (OTC) merupakan produk perawatan kulit yang dijual bebas dan tersedia di sebagian besar toko kecantikan dan obat. Jenis skincare ini tidak memerlukan resep dan bahan yang lebih kuat dari pada produk dokter. Dikarenakan dapat dibeli secara bebas, maka jenis perawatan ini harus dibuat dengan aman.

Rata-rata skincare drugstore juga mencantumkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Hal ini diperuntukan konsumen dapat mengetahui dengan baik terkait bahan yang dibutuhkan kondisi kulit mereka meski tanpa konsultasi ke dokter. Meski begitu, kemanjuran dari skincare ini sebenarnya tidak dapat dibuktikan secara pasti, sehingga hasilnya mungkin akan berbeda di masing-masing individu.

Tentunya, skincare ini memiliki nilai plus mudah dibeli sebab tersedia di e-commerce maupun di berbagai toko. Bahkan harganya pun jauh lebih terngkau dibanding skincare dermatologist.

Namun kekurangannya memiliki  konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah. Makanya tidak heran jika kurang efektif karena rata-rata hanya menempel pada permukaan kulit. Bahkan berisiko tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apakah Skincare Drugstore Bisa di Mix dengan Skincare Dermatologist?

Foto: Ladiestory.id

Skincare drugstore tentu saja tidak bisa di mix dengan skincare dermatologist. Hal ini disebabkan kandungan dari kedua skincare ini berbeda. Namun kamu bisa mencampurkan kedua ini dengan sistem skincare dan perawatannya.

Jika kamu memakai skincare drugstore, kamu bisa melakukan perawatan khusus di dermatologist. seperti facial atau peeling, yang memang harus ditangani langsung oleh dokter ahli. Langkah perawatan kulit wajah ini bisa dilakukan untuk mendapatkan skin goals impian.

Jadi sebenarnya baik skincare drugstore maupun skincare dermatologist, keduanya sama-sama mampu bekerja dengan baik. Hanya saja tergantung pada masalah dan kondisi kulit masing-masing.

Berita Terkait