5 Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman, Bikin Tumbuhan Makin Subur

Sabtu, 7 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman, Bikin Tumbuhan Makin Subur

Ilustrasi air cucian beras. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu terbiasa membuang air cucian beras? Ternyata, banyak manfaat yang tersimpan dalam air cucian beras. Bahkan, air cucian beras juga sering digunakan oleh orang Jepang sebagai salah satu bahan perawatan wajah.

Selain itu, air cucian beras juga dapat digunakan untuk membantu merawat tanaman. Cukup dengan menyiram air cucian beras, tanaman bisa tumbuh makin subur. Berikut lima manfaat air cucian beras bagi tanaman. 

Sebagai Pupuk Organik Tanaman

Ilustrasi tanaman. (Special)

Meski sering dianggap sebagai air yang kotor, ternyata menyiramkan air cucian beras ke tanaman dapat berfungsi sebagai pupuk organik. Sebuah studi menemukan bahwa pupuk organik merupakan salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia atau sintetis. Sebab, pupuk organik memiliki kemampuan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia serta biologi tanah.

Dengan menggunakan  pupuk organik, tanaman pun memiliki kualitas dan kuantitas hasil panen yang meningkat. Tak hanya itu, pupuk organik juga efektif membantu memperbaiki unsur hara pada tanah. 

Bantu Suburkan Tanaman

Ilustrasi tanaman. (Special)

Beberapa kandungan yang dimiliki air cucian beras yaitu asam amino, mineral, antioksidan, hingga vitamin B dan E. Tingginya kandungan mineral pada air cucian beras inilah yang membantu menyuburkan tanaman. Sebab, mineral merupakan peran penting untuk meningkatkan ketahanan tanaman di bawah suhu tinggi serta tekanan lingkungan. Mineral juga membantu proses fisiologis tanaman, seperti fotosintesis, pemeliharaan hingga aktivasi enzim untuk menjaga keberlangsungan hidup tanaman tersebut. 

Memperkuat Tanaman

Ilustrasi tanaman. (Special)

Selain mineral, air cucian beras juga memiliki kandungan vitamin B dan E. Kandungan ini berperan dalam proses biosintesis pada tanaman serta memiliki fungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan mineral pada air cucian beras memiliki peranan dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap suhu. Sehingga, tanaman menjadi lebih kuat menghadapi berbagai tekanan maupun gangguan. 

Melindungi Tanaman dari Serangan Hama

Ilustrasi tanaman. (Special)

Tak hanya kandungan mineral, air cucian beras juga mengandung protein. Bahkan, protein ini memiliki peran sebagai enzimatik, struktural serta fungsional.

Selain itu, air cucian beras juga berguna untuk proses fotosintesis, sintesis, transportasi, serta zat hara yang membantu menjaga kekebalan tanaman dari berbagai gangguan. Protein yang dimiliki air cucian beras juga bertugas sebagai media penyimpanan untuk memenuhi kebutuhan serta pertumbuhan dan nutrisi bagi tanaman yang sedang berkembang. 

Hilangkan Bau Tanah akibat Kompos

Ilustrasi tanaman. (Special)

Air cucian beras dapat membantu mendorong pertumbuhan bakteri yang menguntungkan jika digunakan dalam jumlah yang terkontrol. Nah, bakteri baik ini kemudian membantu memecah bahan organik dalam tanah. Sehingga, dapat menghilangkan bau tanah yang dihasilkan oleh kompos.

Cara Menggunakan Air Cucian Beras untuk Tanaman

Ilustrasi air cucian beras. (Special)

Setelah mengetahui manfaat dari cucian beras untuk tanaman, maka kamu juga perlu mengetahui cara membuat air cucian berasnya. Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan yaitu dengan merendam beras dalam air selama beberapa jam. Namun, kamu juga bisa menyiapkan air cucian beras ketika kamu akan menanak nasi.

Kemudian, buang air pertama dari cucian beras. Lalu, siapkan wadah untuk menampung air cucian beras yang kedua hingga terakhir setelah bersih. Setelah itu, diamkan air cucian tersebut selama beberapa jam. Air cucian beras pun siap digunakan.

Perlu diketahui, air cucian beras tidak dapat seketika membuat tanaman memiliki kualitas yang meningkat tajam. Sehingga, dibutuhkan konsistensi dalam menerapkannya. Tentunya, keuntungan dari menggunakan air cucian beras yaitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan tanaman yang mahal. Jadi, apakah kamu mau mencoba, Ladies?