Ketahuilah 9 Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Sabtu, 20 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Ketahuilah 9 Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Foto: kompas

Ladiestory.id - Asam amino atau amino acid adalah bentuk paling sederhana dari protein. Asam amino merupakan hasil metabolisme atau pemecahan protein, baik dari makanan, minuman, atau suplemen. Ada 20 jenis asam amino, 9 di antaranya adalah asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino nonesensial.

Apa itu Asam Amino Esensial?

Asam amino esensial (AAE) merupakan salah satu jenis nutrisi yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak.  Asam amino sendiri tersusun dari nitrogen, karbon, hidrogen, dan oksigen serta komponen-komponen lainnya.

Asam amino esensial tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan tubuh anak akan asam amino esensial, para ibu perlu setiap hari memberikannya makanan atau minuman yang mengandung jenis asam amino ini.

Saat mengonsumsi protein, tubuh akan memecahnya dan meninggalkan asam amino. Asam amino tersebut oleh protein akan digunakan untuk memecah makanan, pertumbuhan dalam tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, menjadi sumber energi, mendukung tubuh menjalani fungsinya yang lain.

Foto: Bumninc

Kebutuhan asam amino esensial setiap harinya adalah sekitar 1 g/kg/BB/hari yang diperoleh melalui sumber protein baik nabati maupun hewani.

Asam amino esensial juga dapat dtemukan pada ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan seperti dari kacang kedelai, kacang polong, biji wijen, tempe, tahu, susu kedelai, gandum, kacang tanah, serta kacang mede.

Manfaat Asam Amino Esensial Bagi Tubuh

Ada 9 asam amino esensial yang memiliki manfaat beragam untuk tubuh, yaitu:

1. Histidine

Jenis asam amino esensial yang pertama adalah histidine. Manfaat asam amino esensial yang satu ini adalah untuk pertumbuhan, pembentukan sel darah, dan perbaikan jaringan. Histidine juga berfungsi sebagai pelindung sel saraf.

2. Isoleusin

Isoleusin merupakan BCAA (branched-chain amino acid) yang paling banyak membangun otot. Manfaat asam amino esensial ini juga memiliki peran penting dalam mengatur kadar energi dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memproduksi hemoglobin.

Isoleusin didapatkan dari daging sapi. Selain itu, telur, susu, dan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, juga bisa menjadi sumber isoleusin untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Valine

Valine merupakan salah satu dari tiga asam amino rantai cabang, artinya memiliki rantai bercabang ke satu sisi struktur molekulnya. Valine membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot dan terlibat dalam produksi energi.

4. Fenilalanin

Jenis asam amino yang berperan sebagai komponen penyusun protein dalam tubuh. Manfaat asam amino esensial ini berperan untuk mengoptimalkan produksi hormon dopamin dan epinefrin yang dapat meningkatkan kadar bahagia dalam otak serta mampu menangkal stres.

5. Lisin

Lisin juga memainkan peran penting dalam produksi berbagai protein pembentuk jaringan tubuh, hormon, enzim, dan antibodi. Mengonsumsi asam amino esensial ini dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga agar hormon dan enzim di dalam tubuh dapat berkerja dengan baik.

Ikan dan telur merupakan makanan yang mengandung cukup banyak lisin. Selain itu, juga bisa mendapatkan lisin dari daging sapi, daging ayam, makanan laut, susu, dan produk olahan susu.

6. Triptofan

Meskipun sering dikaitkan dengan menyebabkan kantuk, tetapi triptofan memiliki banyak fungsi lainnya. Manfaat asam amino esensial ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan nitrogen yang tepat dan mengatur nafsu makan, tidur, dan suasana hati.

7. Leucine

 Asam amino esensial ini berperan untuk mengatur kadar gula darah, serta pertumbuhan dan perbaikan otot maupun tulang. Leucine juga penting untuk penyembuhan luka dan produksi hormon pertumbuhan.

8. Treonin

Manfaat asam amino esensial ini berperan dalam proses metabolisme lemak dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa treonin juga menjadi komponen penting untuk kulit dan jaringan ikat karena dapat mengubah protein untuk membentuk kolagen dan elastin.

9. Metionin

Asam amino esensial ini lebih berperan dalam metabolisme dan detoksifikasi di dalam tubuh. Tak hanya itu, metionin juga dapat membantu tubuh untuk menyerap mineral zinc dan selenium dari makanan.

Kamu bisa mendapatkan banyak metionin dari putih telur. Selain itu, ikan dan daging juga mengandung cukup banyak metionin.

Inilah 9 manfaat asam amino esensial bagi tubuh. Semoga membantu!