Ibu Hamil Wajib Tahu! 7 Manfaat Asam Keranji bagi Kesehatan Janin

Senin, 20 Februari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ibu Hamil Wajib Tahu! 7 Manfaat Asam Keranji Bagi Kesehatan Janin

Ilustrasi asam keranji. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian besar ibu hamil menyukai rasa asam dan manis seperti yang terdapat pada asam kranji. Berbeda dengan jenis asam yang lain, asam kranji berbentuk bulat kecil menyerupai anggur. Cangkang asam kranji cukup tebal berwarna keabu-abuan dan buahnya berwarna kuning.

Asam kranji bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara menyesap dagingnya hingga menyisakan biji. Selain rasanya yang segar, konsumsi asam kranji bagi ibu hamil juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi janin. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya ulasan di bawah ini.

Jaga Kadar pH Tubuh

Ilustrasi ibu hamil konsumsi makanan bergizi. (Special)

Diketahui asam kranji memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kadar pH asam basah tubuh ibu hamil. Kalium juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan keseimbangan dan mengontrol detak jantung janin.

Jadi, bagi kamu yang sedang hamil dan sering mengalami kendala jantung tiba-tiba berdebar. Maka, tidak ada salahnya untuk konsumsi asam kranji untuk memenuhi kebutuhan kalium di dalam tubuh.

Atasi Penyakit Infeksi

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Saat hamil kondisi dan sistem metabolisme tubuh akan mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang kerap terjadi adalah menurunnya metabolisme tubuh sehingga ibu hamil lebih mudah sakit. 

Untuk mengatasi hal tersebut Anda membutuhkan asupan vitamin C yang cukup seperti yang ada di dalam buah asam kranji. Vitamin C dipercaya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta melawan infeksi penyakit tertentu. 

Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada ibu hamil. Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan pada asam kranji, dan blueberry.

Bantu Mempersiapkan Laktasi

Ilustrasi Ibu Menyusui (Special)

Sebagai ibu hamil tentu kamu berharap agar janin dalam keadaan sehat serta asi mengalir lancar. Tahukah kamu jika konsumsi asam kranji dapat membantu untuk memperlancar asi? Ya asam kranji memiliki zat kimia alami yang berfungsi mempercepat proses produksi hormon prolaktin.

Hormon prolaktin di dalam tubuh ibu hamil akan membantu payudara dalam menghasilkan asi yang lebih banyak. Sehingga, selain janin terjaga kesehatannya, produksi asi ibu hamil juga akan lebih berkualitas.

Cegah Anemia

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Bagi ibu hamil dengan riwayat anemia, maka kamu bisa konsumsi buah asam kranji dalam jumlah yang tepat. Asam kranji kaya akan mineral yang dapat membantu untuk menghasilkan sel-sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga, mengurangi risiko terjadinya anemia terutama saat hamil.

Kurangi Rasa Sakit yang Berlebih

Cara Atasi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil (Special)

Biasanya ibu hamil kerap mengalami rasa nyeri atau sakit di bagian tubuh tertentu. Namun, kamu tidak perlu khawatir asam kranji dipercaya mampu mengurangi rasa sakit berlebih yang biasa dialami oleh ibu hamil. 

Hal tersebut dikarenakan asam kranji mengandung metil salisilat, geraniol, dan asam safro. kamu bisa menggunakan asam kranji dengan cara menggosokkan buah asam kranji pada area yang mengalami nyeri atau sakit.

Jaga Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Selain mengurangi rasa sakit atau nyeri yang berlebih, asam kranji juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Nutrisi yang terdapat pada asam kranji dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit selama masa kehamilan.

Zat non pati pada buah asam kranji dapat membantu menjaga berat badan ibu hamil agar tidak mengalami obesitas.

Sumber Antioksidan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Selain menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, asam kranji bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada asam kranji berfungsi untuk menangkal radikal bebas, serta menjaga kelembaban kulit pada masa kehamilan.

Penting untuk diketahui, meski memiliki banyak manfaat terutama bagi ibu hamil, namun kamu harus memperhatikan jumlah asam kranji yang akan dikonsumsi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menyebabkan gejala asam lambung, dan penurunan kadar gula darah.

Oleh sebab itu, sangat bijak jika konsumsi asam kranji tidak berlebih misalkan 2 atau 3 biji per hari.