5 Manfaat Baking Soda untuk Perabot Rumah Tangga, Auto Kinclong

Jumat, 14 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Baking Soda Untuk Perabot Rumah Tangga, Auto Kinclong

Ilustrasi baking soda. (Special)

Ladiestory.id - Mungkin kamu lebih mengenal baking soda sebagai bahan pembuat kue. Rupanya, baking soda atau natrium bikarbonat menyimpan manfaat lain untuk membantu membersihkan perabot rumah tangga.

Lalu, perabot rumah tangga apa saja yang bisa dibersihkan dengan baking soda? Berikut ulasannya!

Karpet

Ilustrasi membersihkan karpet. (Special)

Mungkin kamu terbiasa untuk membersihkan karpet menggunakan penyedot debu atau dicuci dan disikat. Namun, cara lama yang melelahkan itu dapat kamu ganti dengan memanfaatkan baking soda.

Baking soda dikenal dengan kemampuannya untuk membersihkan sekaligus menghilangkan bau tidak sedap. Selain itu, baking soda akan mempermudah dalam membersihkan berbagai kotoran dan bakteri yang bersembunyi dalam sela-sela kecil karpet.

Cara menggunakannya tergolong mudah, sebab kamu hanya perlu melarutkan baking soda dengan air. Kemudian, oleskan ke seluruh permukaan karpet dan rendam dalam ember semalaman. Keesokan harinya, kamu cukup bilas dan keringkan.

Kulkas

Ilustrasi membersihkan kulkas. (Special)

Jika kamu masih menemui masalah dengan kebersihan kulkas dan aroma tak sedap yang sering muncul, kamu perlu mencoba menggunakan baking soda sebagai bahan pembersih. Bahan ini dapat kamu gunakan sebanyak satu minggu sekali.

Pengaplikasiannya cukup mudah, lho. Pertama, matikan terlebih dahulu kulkas sebelum dibersihkan. Kemudian, oleskan pasta baking sodam yang telah dicampur dengan air ke seluruh dinding kulkas.

Diamkan selama 5-6 jam, supaya seluruh kotoran dapat terangkat. Selain itu, aroma tidak sedap juga dapat menghilang. Setelah didiamkan, jangan lupa lap dinding kulkas dengan kain lembap untuk menghilangkan residu dari baking soda.

Piring dan Gelas

Ilustrasi gelas dan piring. (Special)

Baking soda juga dapat membantu membersihkan sisa minyak yang tertinggal di piring. Kamu hanya perlu mencampur beberapa sendok baking soda ke dalam cairan pembersih.

Larutkan dalam air hangat dan biarkan larutan bercampur dalam rendaman selama beberapa menit. Kemudian, gunakan spons yang telah direndam dan gosokkan ke piring.

Bukan itu saja, baking soda juga dapat membantu menghilangkan noda pada gelas karena residu teh atau kopi. Gunakan baking soda yang tercampur air kemudian gosokkan ke noda gelas. Setelah itu, bilas gelas dan piring seperti biasa.

Penyaring Bak Cuci Piring

Ilustrasi membersihkan wastafel. (Special)

Mungkin, kamu sering menemui kondisi bak cuci piring dalam keadaan kotor. Sebab, bagaimanapun bak cuci piring merupakan tempat berkumpulnya sisa makanan serta berbagai minyak dan kotoran lain. Sehingga, akan menimbulkan kerak dan juga bau tidak sedap.

Nah, kini kamu tidak perlu pusing lagi membersihkannya, sebab kamu bisa gunakan baking soda. Cukup siapkan 200 gram baking soda dan tuangkan pada saringan bak cuci piring. Kemudian, tutup dengan kain basah supaya baking soda membersihkan penyaring secara maksimal. Diamkan selama 5-7 menit, kemudian angkat kain dan bilas penyaring menggunakan air panas.

Microwave atau Oven

Ilustrasi microwave. (Special)

Apakah kamu merasa malas membersihkan microwave atau oven karena noda dan minyak sulit hilang? Kini, kamu bisa menggunakan baking soda dalam proses pembersihannya.

Caranya, kamu perlu melepaskan rak atau tatakan pada microwave/oven milikmu. Kemudian, bersihkan menggunakan campuran baking soda dengan air atau cuka.

Setelah itu, rendam spons dengan campuran tersebut menggunakan air panas. Diamkan beberapa saat, kemudian gunakan spons untuk membersihkan kotoran membandel.

Campuran tersebut juga dapat digunakan pada dinding microwave atau oven. Setelah selesai, diamkan selama 12 sampai 24 jam. Kemudian, bersihkan kembali dengan lap lembap untuk mengangkat kotoran yang terserap campuran baking soda.