6 Manfaat Borage Seed Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kamis, 29 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Borage Seed Oil Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Ilustrasi minyak borage. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu minyak alami yakni berasal dari minyak biji borage. Tanaman yang berasal dari Mediterania bernama Borago Officinalis atau star flower ini memiliki jenis yang sama seperti jojoba, almond, dan olive oil. Berkat penemuan inovasi kecantikan, minyak borage kini dimanfaatkan dalam bahan kecantikan kosmetik maupun skincare.

Minyak borage memiliki tekstur yang ringan, sehingga aman digunakan bagi kulit sensitif, berminyak, bahkan kombinasi. Adapun enam manfaat dari borage seed oil atau minyak borage bagi kecantikan dan kesehatan  yang telah Ladiestory.id rangkum sebagai berikut.

Atasi Iritasi Kulit

Ilustrasi iritasi Kulit. (Special)

Mungkin masih banyak yang belum mengenal manfaat dari borage seed oil yang satu ini. Essential oil ini memiliki manfaat untuk mengatasi iritasi kulit. Kandungan Gamma Linolenic Acid (GLA) pada minyak borage, yakni omega 6, dapat menghambat pembentukan leukotrien. Itu adalah salah satu zat yang dapat meningkatkan terjadinya risiko iritasi kulit. Selain itu, minyak borage ini juga memiliki sifat anti inflamatory.

Tingkatkan Fungsi Skin Barrier

Ilustrasi aplikasi skincare. (Special)

Tak hanya membantu mengatasi iritasi kulit, kandungan dari Gamma Linolenic Acid (GLA) dari minyak borage ini juga dapat bantu meningkatkan dan mempertahankan fungsi skin barrier. Kandungan Gamma Linolenic Acid (GLA) ini memiliki kandungan omega 6 yang juga dapat berfungsi sebagai pelindung kulit, sehingga dapat meminimalisir berbagai masalah kulit yang akan muncul.

Lembapkan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Kandungan alami dari minyak borage ini juga memiliki manfaat untuk melembapkan kulit serta dapat membantu merangsang produksi ceramide pada kulit. Ceramide pada kulit dapat membantu menghidrasi kulit tanpa membuat kulit menjadi kering maupun berminyak. Selain itu, manfaat dari minyak borage ini pun dapat menghaluskan dan melembutkan kulit.

Atasi Peradangan Kulit

Ilustrasi Dermatitis (Special)

Selain masalah iritasi dan berjerawat, minyak borage juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak alami untuk mengatasi peradangan kulit seperti dermatitis, eksim, psoriasis, hingga rosacea.

Kandungan zat anti inflamasi pada minyak borage ini juga dapat membantu menenangkan kondisi kulit akibat timbulnya peradangan akibat masalah jerawat, kulit yang kering, bahkan kulit memerah dan meradang.

Pelihara Kesehatan Rambut

Ilustrasi rambut sehat.(Special)

Selain bermanfaat bagi kecantikan kulit, minyak borage juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan keindahan rambut. Minyak ini dapat membantu masalah kondisi rambut, seperti rambut rontok, kering, kusam, bercabang, hingga rambut rapuh.

Selain itu, minyak borage juga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif alami untuk memelihara kesehatan kulit kepala, sehingga menghindarkannya dari masalah gatal dan ketombe. Selain itu, minyak ini pun dapat membantu menutrisi pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut tampak lebih sehat.

Seimbangkan Hormon Tubuh

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Ladies, minyak borage dikenal berkhasiat untuk membantu menyeimbangkan hormon pada tubuh, lho. Ternyata, minyak borage ini aman dikonsumsi. Namun, hal ini harus sesuai dengan prosedur dan tidak boleh sembarangan untuk mengonsumsinya. Tentunya, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Nah, Ladies itulah enam manfaat tak terduga yang bisa kamu dapatkan dari borage seed oil atau minyak borage. Tak hanya dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, tetapi essential oil alami ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan juga tubuh.