6 Manfaat Tak Terduga Bunga Kamboja untuk Kecantikan

Rabu, 19 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Tak Terduga Bunga Kamboja Untuk Kecantikan

Ilustrasi bunga kamboja. (Special)

Ladiestory.id - Bunga kamboja dikenal memiliki aroma yang khas. Tak heran jika aroma wangi dari bunga kamboja ini banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Habitat asli tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Amerika Serikat.

Namun, di Indonesia pun bunga ini juga tumbuh dengan subur. Bunga dengan warna dominan kuning putih dan merah muda ini juga memiliki 6 manfaat yang sangat baik bagi  kecantikan. Berikut di antaranya.

Cerahkan Kulit Wajah

Ilustrasi wajah cerah. (Special)

Bunga kamboja juga telah digunakan sebagai bahan kecantikan alami ratusan tahun yang lalu. Bunga ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Diketahui, sinar matahi sendiri dapat merusak melanin kulit dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Selain itu, bunga kamboja juga dapat mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal.

Lindungi Wajah dari Sinar UV

Ilustrasi menikmati sinar matahari (Special )

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika kandungan antioksidan dari bunga kamboja mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tak hanya itu, bunga kamboja juga memiliki kandungan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan juga antiradang.

Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari panasnya sinar UV dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga dapat menyamarkan flek hitam di wajah.

Jaga Elastisitas Kulit

Ilustrasi kulit wajah. (Special)

Bunga kamboja juga memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang dapat memberikan sifat relaksasi bagi kulit serta meningkatkan elastisitas dan otot pada wajah.

Selain itu, kandungan kolagen dari bunga kamboja ini juga dapat membantu mengatasi penuaan dini. Tak hanya itu, bunga kamboja juga mengandung glikosa yang dipercaya dapat membantu melembutkan dan melembabkan permukaan kulit wajah.

Sehatkan Rambut

Ilustrasi rambut sehat .(Special)

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari bunga kamboja ialah dapat menyehakan rambut, di antaranya menjadikan rambut lebih lembut, halus, dan kuat. Saat ini pun sudah banyak ragkaian perawatan hair care yang berbahan dasar dari bunga kamboja

Beberapa di antaranya, hair oil dari minyak kamboja yang dapat melindungi rambut dari paparan sinar UV serta membantu mengatasi masalah ketombe dan kerusakan pada rambut.

Atasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat (Special)

Bunga kamboja juga memiliki manfaat lainnya, yakni dapat mengatasi jerawat. Bunga ini juga dapat dijadikan sebagai masker alami yang mampu menangkal bakteri di kulit. Kamu pun bisa membuat racikan masker wajah alami dari ekstrak bunga kamboja yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran dalam bentuk bubuk.

Caranya pun mudah. Cukup campurkan bubuk bunga kamboja dan tuangkan sedikit air dalam sebuah wadah hingga membentuk pasta, kemudian aplikasikan ke area wajah secara merata. Lalu, diamkan selama 10 menit, Setelah itu, cuci dengan air hingga bersih.

Lembabkan Kulit

Ilustrasi wajah. (Special)

Ekstrak bunga kmboja juga banyak digunakan sebagai minyak alami untuk menyehatkan dan melembabkan kulit. Minyak kamboja pun juga digunakan sebagai spa untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, minyak kamboja juga memiliki manfaat untuk mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah.

Tak hanya itu, minyak dari ekstrak bunga kamboja ini mampu mempertahankan molekul air dalam kulit, sehingga mampu menjaga kelembapan kulit tubuh.

Ladies, itulah ke 6 manfaat yang tak terduga yang bisa didapatkan dari bunga kamboja. Selain banyak digunakan diberbagai acara adat, tentunya bunga kamboja ini juga bermanfaat bagi kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat.