Mendekatkan Diri pada Tuhan, 4 Manfaat Doa Pagi bagi Umat Katolik

Selasa, 16 November 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Mendekatkan Diri Pada Tuhan, 4 Manfaat Doa Pagi Bagi Umat Katolik

Foto: Pikist

Ladiestory.id-  Pagi hari adalah awal waktu yang baik untuk berdoa. Salah satu manfaat berdoa setiap hari adalah untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Komunikasi itu dapat terjalin antara umat dengan Tuhan Yesus Kristus dengan cara salah satunya berdoa. Bagi kamu yang masih belum mengerti apa sih untungnya kita berkomunikasi kepada Tuhan Yesus Kristus melalui perantara doa, apa saja manfaat doa pagi, simak terus penjelasannya, ya.

Contoh Doa Pagi

Foto: Ladiestory.id

Sebagaimana ajaran agama pada umumnya, umat Katolik juga diajarkan untuk berserah kepada Tuhan dan mengucap syukur dalam segala hal yang diperoleh. Hal ini ditekankan melalui doa pagi yang fokusnya untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

"Selamat pagi Tuhan Yesus Kristus. Kembali kami menghadap-Mu, mengucap syukur atas hari yang baru serta atas nafas kehidupan yang boleh kami terima di pagi hari ini. Terima kasih pula kami telah diberikan istirahat tidur yang cukup yang tentunya berguna bagi jiwa raga kami.

"Ya Bapa, hari ini, aku akan menjalani aktivitas dengan penuh suka cita-Mu, dalam kebenaran-Mu dan dalam kekuatan-Mu. Dan aku yakin bahwa semua perkara dapat aku tanggung karena Engkau besertaku.

Curahkanlah berkat-Mu yang cukup bagiku, agar ketika aku kekurangan, aku tidak memalukan-Mu dengan mencuri apa yang bukan menjadi hakku dan ketika aku berlebihan, aku tidak menjadi sombong dan menyangkal kebaikan-Mu.

"Inilah doa pagiku yang aku hantarkan kepada-Mu Kristus, Tuhan dan juru selamatku. Atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

Telah tertulis dalam Matius 6:6 yang tercatat dalam Alkitab, salah satu anjuran untuk berdoa dalam keheningan.  Hal ini dapat ditujukan untuk menciptakan keheningan dalam berdoa agar fokus kepada Allah Bapa.

"Tuhan Yesus kristus yang bertahta di dalam surga, selamat pagi. Aku bersyukur kepada-Mu atas berkat dan perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur karena pagi hari ini karena aku boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru.

"Aku juga mau bersyukur untuk nafas kehidupan yang Kau berikan sehingga aku boleh merasakan hari yang baru. Berkatilah keluargaku dan semua orang yang akan aku jumpai hari ini.

Berikanlah aku keberanian untuk hidup berbagi kasih dengan sesamaku. Berkatilah juga segenap tugas-tugas dan pekerjaanku sepanjang hari ini supaya menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

Manfaat Doa Pagi

Foto: Ladiestory.id

Berikut ini beberapa manfaat doa pagi yang perlu diketahui.

1. Mendapatkan Pengampunan dari Allah

Kisah Para Rasul 8:22 “ Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan , supaya ia mengampuni niat hatimu ini “

2. Mendapatkan Kedamaian dari Allah

Filipus 4 :6 -7  Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus”.

3. Mendapatkan Kekuatan dari Allah

Efesus 3 14 -16 , 20 “ Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang daripada-Nya semua turunan yang di dalam surga dan diatas bumi menerima nama-NYA. Aku berdoa supaya ia,menurut kekayaan kemuliaan-NYA, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh roh-NYA di dalam batinmu, Bagi Dialah yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau fikirkan .....”.

4. Mendapatkan Pengetahuan dari Allah

Timotius 2 : 1-4 “ Pertama – tama aku menasihatkan : Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja- raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah Juru selamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan dan kebenaran “.

Demikianlah penjelasan doa pagi dan manfaatnya bagi umat Katolik. Kiranya doa bisa selalu jadi dasar atau fondasi hidup kita dalam setiap perbuatan.