6 Manfaat Ekstrak Saffron dalam Skincare, Bantu Cerahkan Kulit Wajah

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 07:10:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Manfaat Ekstrak Saffron Dalam Skincare, Bantu Cerahkan Kulit Wajah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ekstrak saffron akhir-akhir ini menjadi bahan yang banyak digunakan dalam skincare. Jadi, apa sih saffron itu?

Saffron atau Crocus sativus merupakan sejenis rempah yang banyak dibudidayakan di Yunani, Arab, Amerika Utara, dan Afrika Utara. Saffron memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Kira-kira apa sajakah manfaat ekstrak saffron dalam skincare? Ini dia ulasannya!

Manfaat Ekstrak Saffron dalam Produk Skincare

Berikut adalah beberapa manfaat dari ektraks saffron yang ada dalam produk skincare:

1. Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam

manfaat saffron
Foto: Ladiestory.id

Manfaat pertama dari ekstrak saffron adalah untuk mencerahkan wajah yang kusam. Saffron diperkaya dengan vitamin C dan senyawa crocin yang bertindak sebagai antioksidan yang bekerjasama untuk mencerahkan rona kulit wajah.

Kamu bisa mencoba ramuan saffron berikut ini untuk mencerahkan wajah yang kusam. Pertama, campurkan 2-3 helai bunga saffron, 2 sendok susu non-pasteurisasi, dan air perasan jeruk lemon. Gunakan campuran saffron tadi sebagai masker wajah, kemudian pijat wajah secara perlahan dan dengan gerakan memutar. Setelah dipijat, tunggu selama 15 menit.

2. Memudarkan Noda Gelap

Selain untuk mencerahkan wajah, ekstrak saffron juga bermanfaat untuk memudarkan noda gelap atau hiperpigmentasi. Kamu bisa membuat masker wajah dari perpaduan ekstrak saffron sebanyak 3 helai dengan madu sebanyak 1 sendok makan.

Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan sebagai masker wajah. Jangan lupa untuk memijat wajah dengan arah jarum jam secara lembut. Diamkan masker saffron selama beberapa menit dan bilas wajah dengan air bersih.

3. Mempercepat Proses Pemulihan Luka

manfaat saffron
Foto: Ladiestory.id

Ekstrak saffron dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara meningkatkan produksi sel kulit yang mampu menutup luka di permukaan kulit.

4. Mengatasi Mata Panda

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya mata panda, antara lain kurang tidur dan efek dari stres yang melanda tubuh yang menyebabkan tampilan mata tampak lesu dan lelah. Ekstrak saffron dapat mengatasi mata panda dan membuat tampilan wajah jadi segar.

Untuk mengatasi mata panda dengan saffron, langkah-langkahnya cukup mudah. Kamu hanya perlu siapkan air dan beberapa helai saffron. Kamu rendam dulu helaian bunga saffron di dalam air yang telah disiapkan.

Rendam bunga saffron semalaman. Setelah selesai direndam, haluskan bunga saffron dan aplikasikan saffron di bagian bawah mata. Diamkan selama 15 menit.

5. Menenangkan Kulit yang Teriritasi

manfaat saffron
Foto: Ladiestory.id

Saffron diperkaya dengan senyawa crocin dan crocetin yang tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah tapi juga menenangkan kulit yang teriritasi. Zat crocin dan crocetin yang disebut sebagai zat anti-inflamasi ini dapat mengatasi iritasi dan ruam yang dialami kulit.

Untuk kamu yang sedang mengalami iritasi kulit, campurkan minyak zaitun, madu, dan beberapa helai bunga saffron. Setelah didiamkan selama kurang lebih satu jam, oleskan campuran masker saffron ke wajah secara merata, tunggu selama 15 menit. Setelahnya, bilas wajah dengan air bersih.

6. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet

Bunga saffron mengandung senyawa quercetin dan kaempferol yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam bunga saffron diyakini dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet.

Paparan sinar ultraviolet memiliki sejumlah dampak buruk untuk kesehatan kulit wajah, seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, kulit kusam, kering, dan timbulnya flek hitam.

Itu dia beberapa manfaat ekstrak saffron dalam skincare. Semoga bermanfaat.