Bantu Kulit Makin Glowing, Ini 7 Manfaat Facial Steam atau Uap Wajah

Senin, 14 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bantu Kulit Makin Glowing, Ini 7 Manfaat Facial Steam Atau Uap Wajah

Ilustrasi perempuan melakukan facial steam. (Special)

Ladiestory.id - Banyak hal dilakukan oleh kaum hawa demi mendapatkan kulit wajah sehat dan glowing. Selain menggunakan skincare, kini para perempuan juga menggunakan teknik facial steam atau menguap wajah dengan air hangat.

Dulu, teknik ini dilakukan ketika melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun sekarang, teknik ini banyak dilakukan di rumah masing-masing. Biasanya para perempuan menggunakan baskom berisi air panas.

Untuk memudahkan teknik yang satu ini, sudah banyak dijual alat facial steam dengan berbagai harga dan fungsi. Tapi perlu diketahui, melakukan uap air untuk wajah tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Setidaknya, Kamu boleh facial steam hanya dua kali seminggu. Durasi menguap wajah pun hanya sekitar 5 hingga 7 menit saja. Hal ini dilakukan agar manfaat menguap wajah atau facial steam itu dapat maksimal. Memang apa saja manfaat menguap wajah?

1. Membersihkan Kulit

Ilustrasi komedo di wajah. (spesial)

Jika wajah selalu menggunakan makeup atau tipe wajah berminyak, double cleansing mungkin tidak cukup membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Sebab, bekas makeup ataupun minyak di wajah mampu menyumpat pori-pori yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Oleh sebab itu, salah satu manfaat menguap wajah adalah membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Sehingga wajah akan lebih bersih dibanding hanya double cleansing.

Selain itu, uap wajah atau facial steam mampu membuka pori-pori. Hal ini akan membantu sebelum melakukan facial atau mengangkat komedo.

Bahkan, pengangkatan komedo akan lebih mudah dan tidak terasa begitu sakit sebab pori-pori terbuka. Hal ini pun juga dikatakan oleh salah satu dokter kulit di New York City.

"Menguap wajah membuat kulit menjadi prima untuk ekstraksi, sehingga komedo (pori-pori) yang tersumbat akan lebih mudah diekstraksi," kata Hadley King, dilansir berbagai sumber.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi facial steam. (Special)

Beberapa orang tidak suka melakukan facial steam ini dengan alasan gerah dan keluar keringat. Justru, keringat yang berkombinasi dengan uap air mampu melebarkan pembuluh darah.

Inilah yang dapat menjadikan sirkulasi darah lancar. Saat aliran darah dan oksigen semakin lancar, kulit wajah dapat menjadi glowing secara alami.

3. Menenangkan Kulit

Ilustrasi facial steam. (Special)

Pernah merasakan kulit wajah berat dan lelah? Hal ini kerap dirasakan usai melakukan aktivitas seharian. Baik efek makeup, paparan matahari, maupun efek pengap dari masker.

Untuk menenangkan kulit, Kamu bisa melakukan facial steam. Jika ingin tambah merilekskan wajah, Kamu dapat menambahkan minyak esensial dalam air panas. Selain itu, aroma sedap dari minyak esensial tersebut mampu membuat pikiran kita juga lebih santai.

4. Memperlambat Penuaan

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Sekarang mulai banyak perempuan menggunakan produk skincare dengan kandungan anti-aging. Pasalnya, mereka ingin memiliki kulit tanpa kerutan di kemudian hari.

Selain menggunakan skincare, Kamu bisa melakukan facial steam untuk membuat kulit lebih cerah dan lembap. Uap wajah dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Inilah yang dapat membuat kulit menjadi elastis dan produksi kolagen meningkat.

5. Menyiapkan Wajah sebelum Mengaplikasikan Skincare

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare. (Special)

Jika ingin kandungan dalam skincare terserap dengan baik oleh wajah, Kamu bisa melakukan facial steam terlebih dahulu. Sebab air panas yang mampu membuat suhu kulit meningkat membuat sirkulasi darah juga meningkat.

Hal inilah yang membuat produk skincare dapat masuk ke kulit dengan baik sebab pori-pori terbuka. Kamu bisa menempelkan handuk hangat ke wajah sebelum mengaplikasikan serangkaian skincare.

6. Mendetoks Kulit

Ilustrasi facial steam. (Special)

Manfaat menguap wajah selanjutnya yakni mampu mendetoks kulit. Sebab ketika sedang melakukan facial steam, wajah akan mengeluarkan keringat dan melepas racun.

7. Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi jerawat. (Special)

Salah satu jerawat muncul disebabkan kotoran, bakteri, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang tersumbat. Dengan melakukan facial steam dapat melembutkan lapisan atas kulit untuk menghapus semua kotoran dan membantu kulit untuk bernapas.