7 Manfaat Konsusmi Susu Almond bagi Ibu Hamil

Rabu, 26 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Konsusmi Susu Almond Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi susu . (Special)

Ladiestory.id - Mengonsumsi susu almond memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga janin. Susu almond juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan janin semasa kehamilan.

Bagi para bumil yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau alergi susu sapi, maka tidak ada salahnya mencoba susu almond sebagai kebutuhan asupan nutrisi seimbang ibu dan janin. Untuk lebih lanjut, berikut 7 manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dari mengonsumsi susu almond yang telah terangkum berikut ini.

Kaya Antioksidan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Susu almond tanpa kandungan pemanis didalamnya dapat memberikan beragam manfaat baik bagi kebutuhan ibu dan janin. Susu almond juga kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin E yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah stres selama kehamilan.

Cegah Bayi Cacat Lahir

llustrasi ibu dan bayi. (Special)

Susu almond juga kaya akan asam folat yang dapat mencegah bayi cacat lahir. Selain itu, kandungan vitamin B9 dari susu almond ini juga dapat membantu melindungi saraf dan membentuk otak janin. Terlebih, kandungan asam folat ini juga mampu melindungi janin dari cacat tabung saraf pada tahap awal pertumbuhan prenatal.

Tingkatkan Perkembangan Saraf Janin

Ilustrasi ibu hamil mendengarkan musik. (Special)

Dilansir Healthline, susu almond juga memiliki kandungan lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan perkembangan saraf janin. Asam lemak ini juga berfungsi untuk tumbuh kembang otak dan retina janin, Maka dari itu, susu ini juga memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya depresi prenatal.

Kaya Vitamin dan Mineral

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Susu almond juga baik dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat alergi laktosa atau alergi terhadap susu sapi, maka dapat beralih mengonsumsi susu almond yang juga memiliki kaya vitamin dan mineral.

Susu almond juga kaya akan vitamin A, vitamin D dan vitamin B12 serta tinggi mineral dan kalsium. Sehingga, hal ini sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan nutrisi bagi petumbuhan kehamilan ibu dan buah hati.

Sehatkan Tulang

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Manfaat lainnya yang bisa bumil dapatkan dari mengonsumsi susu almond ini ialah dapat menyehatkan tulang. Selama masa-masa kehamilan, tulang juga berperan sebagai penopang tubuh. Maka, tulang memerlukan gizi dan nutrisi untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan nyeri pinggang.

Cegah Diabetes dan Darah Tinggi

Ilustrasi Darah Tinggi (Special)

Jika bumil menderita diabetes gestasional, maka dapat disarankan untuk mengonsumsi susu almond. Bahkan, dengan mengonsusmi susu almond juga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi juga rawan dialami oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan preeklamsia yang dapat membahayakan ibu dan juga janin dalam kandungan. Kalsium dalam susu almond ini juga dapat membantu untuk mengatur tekanan darah bumil agar dapat seimbang.

Sehatkan Kulit

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Selama kehamilan, ibu hamil juga kerap mengalami beberapa gejala masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, hingga bersisik dan kusam. Hal ini bisa saja disebabkan oleh perubahan jumlah hormon atau kondisi stres saat kehamilan.

Namun, bumil tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi susu almond secara rutin setiap harinya juga dapat membantu melindungi dan menyehatkan kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan nya juga mampu menyembuhkan jerawat serta dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

Nah, itulah 7 manfaat baik yang bisa ibu hamil dapatkan dari mengonsumsi susu almond selama kehamilan. Semoga bermanfaat.