5 Manfaat Kulit Bawang Merah bagi Tanaman

Kamis, 29 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Kulit Bawang Merah Bagi Tanaman

Ilustrasi bawang merah. (Special)

Ladiestory.id - Bawang merah merupakan salah satu bahan utama dalam setiap masakan. Selain membuat sedap masakan, bawang merah juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun, bawang merah yang memiliki lapisan kulit untuk melindunginya tentu sering terbuang saat akan digunakan memasak.

Ternyata, kulit bawang merah yang sering terbuang tersebut memiliki banyak manfaat lho. Sehingga, kamu bisa menyimpan dan mengolah kulit bawang tersebut. Salah satu manfaat kulit bawang yaitu dapat memberikan banyak hal baik bagi tanaman. Penasaran? Yuk, simak manfaat kulit bawang merah bagi tanaman yang sering disepelekan. 

Bahan Pestisida Alami

Ilustrasi merawat tanaman. (Special)

Bagi kamu yang sedang mengalami serangan bakteri pada tumbuhan, kamu dapat mencoba membuat pestisida alami satu ini. Sebab, kulit bawang merah memiliki manfaat untuk membuat tanaman menjadi lebih sehat dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyerang.

Cara membuatnya cukup mudah, lho. Pertama, buat campuran air dan kulit bawang dengan perbandingan 1:5. Kedua, ditambah 10 tetes cairan deterjen untuk membantu memberantas hama. Jangan lupa, gunakan racikan ini sebanyak dua kali seminggu. Racikan ini sangat bermanfaat untuk membunuh hama seperti kutu daun, lalat putih, hingga kutu putih. 

Cegah Tanaman jadi Stres

Ilustrasi tanaman. (Special)

Jika tanaman milikmu mengalami stres atau layu, kamu perlu mencoba kulit bawang merah untuk menjadi pupuk. Sebab, kulit bawang merah dapat menjadi vitamin bagi tanaman. Caranya, cukup hancurkan kulit bawang dan masukan ke dalam tanah tanaman. Kemudian, biarkan kulit bawang terserap hingga terurai sempurna di dalam tanah. 

Jadi Pupuk bagi Tanaman

Ilustrasi tanaman. (Special)

Salah satu manfaat dari kulit bawang merah yang jarang diketahui oleh orang yaitu dapat menjadi pupuk bagi tanaman. Sehingga, tanamanmu dapat tumbuh subur. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalium pada kulit bawang merah yang diolah menjadi pupuk.

Selain kaya akan kalium, kulit bawang merah juga memiliki kandungan zat besi, magnesium, kalsium serta tembaga. Nah, bagi kamu yang ingin membuat pupuk organik dari kulit bawah merah, caranya cukup mudah.

Ambil semangkuk kulit bawang merah dan rendam dalam 1 liter air selama 24 jam. Setelah berubah warna dan menjadi kental, saring rendaman. Jadilah, kulit bawang merah yang siap menjadi pupuk organik. Jangan lupa, lakukan pergantian pupuk sebanyak 3-4 kali dalam sebulan. Selamat mencoba!

Bantu Merangsang Pertumbuhan Bunga

Ilustrasi bunga krisan. (Special)

Manfaat lain yang dimiliki oleh kulit bawang merah yaitu dapat membantu pertumbuhan bunga hingga daun pada tumbuhan. Kamu dapat mengolah kulit bawang merah menjadi pupuk organik untuk mendapat manfaat ini. Selain itu, pupuk alami dari kulit bawang merah ini dapat membuat tumbuhan buahmu menjadi lebih subur.

Selain merangsang pertumbuhan bunga, kulit bawang merah juga membantu pertumbuhan akar tanaman. Bagi kamu yang ingin mencobanya, cukup siapkan segenggam kulit bawang merah dan campuran lidah buaya serta kayu manis.

Rendam seluruh bahan tersebut selama 24 jam. Kemudian, blender hingga menjadi tekstur menjadi cair. Jangan lupa, saring seluruh cairan serta semprotkan cairan ke dalam bagian akar. 

Bantu Jaga Kelembapan Tanah

Ilustrasi tanaman. (Special)

Selain membantu tanaman menjadi subur, kulit bawang merah juga dapat membantu tanah menjadi lembap. Hal ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan gulma hingga benalu. Kamu dapat mengolah kulit bawang merah menjadi bentuk pupuk atau cukup dihancurkan ke dalam tanah.

Kulit bawang merah nantinya akan terurai sendiri ke dalam tanah. Kandungan kalium serta senyawa lainnya pada kulit bawang merah membantu dengan baik tanaman menjadi subur dalam pertumbuhan.