5 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan Rambut

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Rambut

Ilustrasi Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut. (Pinterest)

Ladiestory.id - Tanaman herbal yang memiliki lendir, gel, sedikit berduri dan berwarna hijau ini tak hanya enak dibuat sebagai bahan panganan saja. Namun, lidah buaya diketahui juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk memberi nutrisi pada kesehatan rambut. Berikut 5 manfaat dari lidah buaya yang bisa digunakan sebagai bahan alami herbal untuk membantu mengatasi masalah rambut.

Bantu Rambut Tumbuh Lebat dan Panjang

Rambut Tumbuh Lebat dan Panjang. (Pinterest)

Rambut merupakan salah satu mahkota wanita. Maka tak jarang banyak wanita yang selalu ingin tampil memesona untuk kesehatan dan perawatan rambutnya.

Agar rambut tetap indah, kamu dapat memanfaatkan bahan alami dari lidah buaya untuk membantu rambut tumbuh lebat dan panjang. Kamu juga bisa membuat masker rambut alami dengan lemon dan gel lidah buaya.

Caranya dengan mengambil 2 sdm lidah buaya segar dan 1 sdm lemon. Kemudian aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata dalam satu wadah mangkuk. Selanjutnya oleskan ke seluruh kulit kepala dan diamkan hingga 10 menit. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih.

Perkuat dan Perbaiki Helai Rambut

Memperkuat dan Memperbaiki Helai Rambut (Pinterest)

Lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang dapat menyehatakan kulit kepala. Selain itu, vitamin B12 dan asam folat yang terkandung pada gel lidah buaya ini juga dapat membantu mencegah rambut dari masalah kerontokan.

Tak hanya itu, manfaat dari vitamin yang terkandung pada gel lidah buaya juga dapat membantu pertumbuhan sel kulit yang sehat dan menjadikan rambut lebih berkilau alami.

Mengurangi Masalah Ketombe

Mengurangi Masalah Ketombe. (Pinterest)

Tidak semua produk sampo cocok bagi kulit kepala seseorang. Bahkan, tak jarang produk sampo pun semakin berlomba-lomba untuk membuktikan keunggulan dan manfaat produknya. Namun, tak semua iklan produk sampo tersebut memberikan khasiat yang nyata.

Jika kamu memiliki masalah dengan produk sampo yang justru tidak ampuh mengurangi masalah ketombe pada kulit kepala, maka dapat memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami yang satu ini membantu mencegah rasa gatal, mengurangi ketombe dan melembapkan rambut.

Menyehatkan Kulit Kepala

Menyehatkan Kulit Kepala. (Pinterest)

Lidah buaya juga dikenal sebagai obat herbal alami yang dapat membantu menyehatkan kulit kepala. Lidah buaya mengandung asam amino dan enzim proteolitik yang efisien untuk membantu menyehatkan kulit kepala dan pertumbuhan bagi rambut.

Selain itu, enzim proteolitik di dalamnya juga mampu menyehatkan folikel rambut, serta memperbaiki sel-sel kulit kepala yang rusak.

Kuatkan Akar Rambut

Menguatkan Akar Rambut. (Pinterest)

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai conditioner alami untuk membantu menguatkan akar rambut, serta mencegah rambut rusak dan mengalami kerontokan. Akar rambut yang kuat tentunya akan menjadikan rambut tumbuh lebih lebat dan cepat.

Kamu juga dapat membuat racikan kuning telur, minyak zaitun dan lidah buaya untuk membantu menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya siapkan 4 sdm lidah buaya, 3 sdm minyak zaitun, 1 butir kuning telur dan sediakan shower cap.

Campur seluruh bahan tersebut dan aduk hingga merata. Kemudian, oleskan campuran tadi ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut hingga merata. Diamkan dan tutup menggunakan shower cap selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah, cuci dengan bersih menggunakan sampo. Semoga bermanfaat!