5 Manfaat Makan Sayur Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

Sabtu, 13 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Manfaat Makan Sayur Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Siapa pecinta sayur daun pepaya? Meski rasanya pahit, namun inilah yang membuat sajian ini menjadi lebih lezat. Namun bagaimana dengan ibu hamil? Sebab beredar mitos dan fakta mengenai daun pepaya bagi ibu hamil. Bolehkah ibu hamil makan sayur daun pepaya?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Daun Pepaya?

Pada dasarnya wanita hamil boleh mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Berbeda halnya dengan buah pepaya yang setengah matang atau buah pepaya muda yang banyak mengandung getah.

Keduanya tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil karena dalam getah pepaya ini banyak terkandung enzim-enzim yang diketahui dapat memicu terjadinya kontraksi rahim pada wanita hamil.

Sehingga secara klinis, mengonsumsi daun pepaya semasa kehamilan dalam batas yang wajar bukanlah hal yang berbahaya baik untuk ibu hamil maupun janin yang sedang dikandunganya. Malah, daun pepaya memiliki manfaat bagi ibu hamil, lho.

Manfaat Daun Pepaya bagi Ibu hamil

Bahkan, dilihat dari manfaat dan kandungannya ada begitu banyak manfaat yang mencengangkan yang terdapat dari daun pepaya. Inilah 6 manfaat daun pepaya bagi ibu hamil.

1. Mencegah Anemia

Foto: Ladiestory.id

Manfaat makan sayur daun pepaya bagi ibu hamil adalah dapat mencegah anemia. Sebab, selain mengonsumsi vitamin penambah darah sesuai anjuran dokter, ibu hamil juga bisa mengonsumsi daun pepaya untuk mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

Rupanya daun pepaya terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sama seperti sayuran berdaun hijau lain. Terlebih, daun pepaya memiliki cadangan zat besi pada perempuan hanya 0-300 miligram saja.

2. Pembentukan Tulang Janin

Janin akan banyak bergantung pada tubuh sang ibu dalam memperoleh asupan nutrisi dan gizi. Salah satunya berupa kebutuhan akan vitamin D yang bertugas dalam pembentukan tulang janin.

Nah, daun pepaya diketahui sebagai sayuran yang mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua zat ini berperan besar dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin.

Selain itu, dengan mengonsumsi sayur daun pepaya sang ibu hamil juga terjaga kekuatan tulangnya. Sehingga bisa tetap beraktivitas seperti biasa sekalipun tengah mengandung.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Foto: Ladiestory.id

Manfaat daun pepaya bagi ibu hamil selanjutnya yakni meningkatman nafsu makan. Meski daun pepaya memiliki rasa pahit, namun justru rasa pahit ini dapat meningkatkan nafsu makan khususnya bagi ibu hamil.

Sebab akan berbahaya jika ibu hamil kehilangan selera makan. Jika hal itu terjadi, maka nutrisi untuk janin pastinya juga akan berkurang. Jika daun pepaya dimasak dengan olahan yang lezat seperti halnya tumis, maka ibu hami dapat tambah porsi makan. Jadi, bolehkah ibu hamil makan sayur daun pepaya? Jawabannya adalah sangat boleh

4. Mencegah Radikal Bebas pada Ibu Hamil

Siapa sangka bahwa daun pepaya dapat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah radikal bebas. Kandungan vitamin E dalam daun pepaya mampu menjaga kandungan tetap kuat serta terhindar dari radikal bebas. Vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

Selain vitamin E, daun pepaya juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga baik vitamin E maupun C dalam sayur daun pepaya sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Yakni menghindari dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Mengatasi Sembelit

Foto: Ladiestory.id

Ibu hamil memang akan mengalami sembelit dan ini terjadi sebab kondisi hormonal yang berubah-ubah. Hal ini akan berpengaruh pada gerak peristaltik otot usus dan membuat ibu hamil sembelit.

Nah, daun pepayalah yang akan membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit. Sebab daun pepaya akan memudahkan usus mencerna lemak dan protein, sehingga mengurangi keluhan sembelit yang kerap dirasakan ibu hamil.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan sayur daun pepaya? Jawabannya sangat diperbolehkan sebab telah terbukti daun pepaya memiliki manfaat bagi ibu hamil. Diperbolehkan mengonsumsi sayur daun pepaya bukan berarti ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Sayur daun pepaya ini sebaiknya dikonsumsi dua hingga tiga minggu sekali dalam satu porsi. Konsumsi daun pepaya yang berlebihan akan berisiko meningkatkan tekanan darah tinggi.