7 Manfaat Masker Jahe, Cuka dan Madu untuk Kecantikan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Manfaat Masker Jahe, Cuka Dan Madu Untuk Kecantikan

Foto: RempahID

Ladiestory.id - Sudah lama jahe dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kecantikan sendiri manfaat jahe salah satunya bisa memutihkan wajah dengan cara menjadikannya masker yang dicampur bahan lain seperti cuka dan madu. 

Manfaat Masker Jahe, Cuka dan Madu

Masker dari campuran jahe, cuka dan madu memiliki manfaat yang luar biasa bagi wajah. Inilah beberapa manfaat masker jahe, cuka dan madu yang dapat rasakan.

1. Mengurangi Minyak Berlebih pada Wajah

Foto: Liputan6

Salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu adalah masalah kulit yang berminyak. Karena kulit berminyak sangat rentan terkena jerawat dan komedo. Kombinasi antara jahe, cuka dan madu dapat mengurangi masalah ini.

Meskipun campuran dari tiga bahan tersebut dapat mengurangi minyak pada wajah tapi tidak menjadikan kulit wajah kamu terlalu kering. Hal ini lantaran karena adanya madu yang bermanfaat sebagai pelembap.

2. Mengurangi Flek Hitam

Manfaat berikutnya yang dapat kamu rasakan dari masker jahe yang dicampur dengan cuka dan madu yaitu efektif dalam mengurangi flek hitam. 

Kandungan yang terdapat dalam ketiga bahan tersebut ampuh mengatasi flek hitam tak hanya di wajah. Namun juga di dada dan leher dengan menjadikannya dengan mengaplikasikannya pada area yang terdapat flek hitam.

3. Mengatasi Iritasi Wajah

Foto: Orami

Bahan-bahan alami jahe, cuka dan madu mengandung antiseptik, antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh untuk mengatasi kemerahan dan rasa sakit  pada wajah yang diakibatkan karena peradangan. 

Dengan mengoleskan masker yang terbuat dari campuran tiga bahan tersebut pada wajah yang terkena iritasi. Maka iritasi pada wajah pun akan lebih cepat sembuh.

4. Mengontrol pH Kulit Wajah

Manfaat selanjutnya dari campuran jahe, cuka dan madu adalah dapat mengontrol pH kulit wajah. Bila pH kulit wajah terkontrol, maka masalah kulit berminyak dan kulit kering pada wajah pun dapat diminimalkan.

5. Membuka Pori-pori

Foto: Aladokter

Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan penumpukan kotoran, minyak dan sel kulit mati pada wajah. Kamu pun bisa membuka pori-pori wajah dengan menggunakan masker dari bahan jahe, cuka dan madu.

Dengan terbukanya pori-pori maka racun-racun dan kotoran pada wajah akan mudah dikeluarkan. Selanjutnya untuk menutup kembali pori-pori yang telah terbuka kamu bisa menggunakan cuka apel.

6. Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

Masker jahe, cuka dan madu juga ampuh dalam menghilangkan bekas luka pada wajah. Hal ini karena ketiga bahan tersebut mengandung antioksidan sehingga efektif menghilangkan bekas luka yang umumnya berwarna putih pada wajah.

Namun dalam pemakaiannya memang tidak instan, kamu butuh beberapa minggu untuk menggunakan masker dari campur ketiga bahan tersebut. Bila rutin menggunakan masker tersebut, bekas luka di wajah pun akan hilang memudar.

7. Mencegah Penuaan Dini

Foto: Ladiestory.id

Manfaat luar biasa yang kamu dapatkan dari masker jahe, cuka, madu salah satunya adalah dapat mengatasi penuaan dini. Penuaan dini biasanya disebabkan karena rokok, konsumsi alkohol, dan paparan sinar ultraviolet pada wajah. 

Itulah Ladies manfaat dari masker jahe, cuka dan madu yang bisa kamu rasakan bisa menggunakannya secara rutin. Ketiga bahan tadi memanglah alami, tapi ada baiknya untuk konsultasi pada ahli terlebih dahulu.