Pengertian dan 5 Manfaat yang Bisa Didapat dari Melakukan Double Cleansing

Jumat, 15 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Pengertian dan 5 Manfaat yang Bisa Didapat dari Melakukan Double Cleansing

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Double cleansing merupakan cara membersihkan wajah yang dikerjakan secara dua tahap mengenakan produk pembersih wajah yang berbeda.

Tahap pertama double cleansing yaitu mengenakan produk pembersih wajah dengan bahan dasar minyak maupun susu (cleansing oil atau cleansing milk) sebagai produk first cleanser.

Urutan double cleansing pertama berguna untuk mengangkat make up, debu, serta kotoran yang menempel pada wajah kamu.

Lalu, tahap kedua double cleansing yaitu membersihkan wajah dengan sabun cuci muka biasa sesuai tipe kulit. Urutan double cleansing kedua berguna untuk membersihkan wajah dari sisa make up, debu, sel-sel kulit mati, maupun kotoran yang berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Apa Manfaat Double Cleansing bagi Kesehatan Kulit?

Menurut para ahli kesehatan kulit, terdapat sejumlah manfaat double cleansing bagi kesehatan kulit wajah. Bila dikerjakan dengan rutin, berikut merupakan sejumlah manfaat dari double cleansing.

1. Membersihkan Sisa Make Up Secara Menyeluruh

manfaat double cleansing
Foto: Ladiestory.id

Layaknya yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembersih wajah pada langkah pertama, semacam lotion cleanser, cleansing balm, maupun oil liquid cleanser mengandung minyak yang mampu melarutkan make up.

Mengapa kamu mesti memilih pembersih berbahan dasar minyak? Minyak, entah yang terbuat dari mineral atau tumbuhan, bisa melarutkan bahan-bahan make up yang berat.

Di sisi lain, minyak pun bisa membersihkan sunscreen yang kamu gunakan sebelum make up, serta debu juga kotoran yang menempel di make up kamu usai seharian beraktivitas.

Sabun muka umum berbahan dasar air tidak mempunyai zat aktif yang dapat mengangkat kotoran dan membersihkan make up dengan menyeluruh. Jadi, langkah tambahan dengan double cleansing bisa membantu membersihkan wajah dengan mendalam.

2. Kulit Menjadi Lebih Lembap dan Lembut

manfaat double cleansing
Foto: Ladiestory.id

Manfaat lain dari double cleansing yakni kamu akan mempunyai kulit yang jauh lebih lembap serta halus. Kandungan minyak yang ada dalam pembersih wajah bisa memberikan kelembapan lebih pada kulit kamu.

Tapi, pada langkah berikutnya, pastikan kamu memilih sabun muka dengan bahan yang ringan dan tidak menjadikan kulit kamu terlalu kering. Hal ini guna mencegah supaya kulit kamu tidak kehilangan minyak (sebum) alami di dalamnya.

3. Skincare Lebih Mudah Meresap ke dalam Kulit

manfaat double cleansing
Foto: Ladiestory.id

Menurut Shani Darden, seorang ahli kecantikan, jika kulit kamu sudah dibersihkan dari make up serta debu pada tahap awal double cleansing, hal ini akan menjadikan proses cuci muka pada tahap kedua jauh lebih mudah.

Darden menambahkan, kulit kamu bisa diibaratkan seperti kanvas. Dalam memulai suatu karya, pada hal ini skincare, kamu butuh kanvas yang bersih.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari double cleansing yaitu kulit yang benar-benar bersih, sehingga produk skincare apa saja yang kamu pakai sesudahnya lebih mudah meresap serta bekerja secara efektif pada kulit.

4. Mencegah Masalah-Masalah Kulit

manfaat double cleansing
Foto: Ladiestory.id

Make up dan sisa debu yang tidak dibersihkan dengan sempurna bisa berakibat buruk pada kulit kamu. Salah satunya yaitu penyumbatan pori-pori, yang bisa mengakibatkan munculnya jerawat serta komedo.

Di sisi lain, penumpukan debu dan kotoran di wajah bisa mempercepat proses penuaan. Bila tidak dibersihkan dengan baik, keadaan ini bisa merusak kolagen pada kulit. Tanpa kolagen, kulit lebih cepat kering serta mempunyai kerutan-kerutan halus.

Setelah membaca artikel di atas, jangan lupa untuk melakukan double cleansing ya, Ladies!

Berita Terkait