Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Senin, 03 Mei 2021 | 10:03:16
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Saat berpuasa, mekanisme tubuh dalam menghasilkan energi sedikit berubah. Perlu diketahui, tubuh membutuhkan delapan jam untuk menyerap nutrisi dari asupan terakhir yang kita makan. Setelah itu, lantaran makanan tidak terus-terusan diasup, simpanan gula di dalam hati dan otot digunakan untuk menghasilkan energi.

Setelah gula digunakan, lemak menjadi sumber energi berikutnya. Inilah yang berpotensi menurunkan berat badan. Perubahan mekanisme tubuh dalam menyerap nutrisi dan menghasilkan energi itu juga memengaruhi kinerja organ-organ yang lain. Karena hal itu, ada berbagai manfaat positif yang akan dialami tubuh ketika berpuasa.

5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Puasa Mencerahkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Puasa dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Ini terjadi karena saat tubuh yang sementara bebas dari aktivitas dalam proses pencernaan, ia dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Tidak makan apa pun selama satu hari terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya.

Baca juga: Bikin Kulit Glowing, 7 Tips Kecantikan ala BLACKPINK Wajib Diterapkan

Menurunkan Stres

Pada bulan puasa, kita cenderung lebih menahan amarah. Psikologis yang tenang mengakibatkan turunnya adrenalin yang dapat menjauhkan diri kita dari emosi dan marah. Saat seseorang sedang marah, maka tingkat adrenalin akan naik sekitar 20-30 kali lipat.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kegiatan berpuasa menyebabkan tingkat kolesterol jahat dan kadar apobetta menurun, dan menyebabkan HDL maupun apoalfal 1 meningkat. Hal ini akan memberikan pengaruh baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga akan mencegah risiko stroke dan penyakit jantung. Namun jangan lupakan pola makan sehat, tetap sahur dan berbuka puasa secukupnya dan tidak berlebihan.

Mengobati Sakit Sendi

Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh kita yang akan membuat sakit sendi lambat laun menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral dengan membaiknya radang sendi.

Menjaga Berat Badan

Selain mengontrol porsi makan, dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Endapan makanan inilah yang bila berlebihan akan menjadi lemak di perut. Selain itu, berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan sehingga sirkuasi makanan dan buang air juga akan menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini telah didukung oleh penelitian yang mengatakan bahwa ketika seseorang berpuasa, maka akan terjadi peningkatan limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya. Hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru mencegah kita dari terserang berbagai virus.

Baca juga: Contoh Review Jurnal: Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, dan Lain-Lain


Itulah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang tak terduga, ladies! Agar mendapat manfaat secara maksimal, konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin sebelum berpuasa dan rajin lah olahraga supaya tubuh makin sehat.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Manfaat Luar Biasa Puasa Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Manfaat Puasa Untuk Kecantikan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty