Bersifat sebagai Anti-aging, Ini 6 Manfaat Shea Butter bagi Kesehatan Kulit

Jumat, 28 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bersifat Sebagai Anti-Aging, Ini 6 Manfaat Shea Butter Bagi Kesehatan Kulit

Ilustrasi shea butter. (Special)

Ladiestory.id - Shea butter merupakan salah satu bahan skincare yang berasal dari ekstrak kacang pohon shea, yang banyak ditemukan di bagian Afrika. Shea butter merupakan kacang yang mengandung asam folat, asam linoleat dan stearat yang dapat melembapkan kulit, serta bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Shea butter juga dapat ditemukan dalam berbagai produk skincare atau kecantikan, seperti lip balm, body butter, body lotion, hingga kondisioner. Selain melembapkan kulit, shea butter juga dapat bersifat sebagai anti-aging. Tidak hanya itu, shea butter juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit.

Bantu Lembapkan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Shea butter dapat membantu melembapkan kulit, baik wajah maupun tubuh. Kandungan lemak dalam shea butter ini dapat membantu melembapkan kulit yang iritasi. Selain itu, manfaat lain dari shea butter ini dapat mengatasi kulit kering, pecah-pecah, mengelupas, kulit kasar dan juga dapat menutrisi ke dalam lapisan kulit.

Tingkatkan Elastisitas Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Shea butter juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit. Jika produksi kolagen meningkat, maka kulit menjadi lebih lembap, garis-garis halus, kerutan dan noda menjadi tersamarkan.

Lembapkan Bibir

Ilustrasi bibir sehat. (Special)

Shea butter juga banyak digunakan dalam produk perwatan bibir, seperti lip balm ataupun lip scrub. Shea butter dinilai efektif membantu mengatasi masalah kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, serta membuatnya menjadi lembap dan sehat.

Atasi Stretch Mark

Ilustrasi stretch mark. (Special)

Shea butter juga sering digunakan dalam bahan kandungan salep atau krim kulit, untuk membantu menyamarkan stretch mark. Penambahan kenaikan berat badan serta penurunan berat badan akibat kegemukan maupun kondisi kehamilan menyebabkan munculnya stretch mark di tubuh. Menggunakan shea butter juga dapat mengatasi tampilan stretch mark serta membantu mengembalikan elastisitas kulit dan kembali meningkatkan produksi kolagen.

Bersifat sebagai Anti-aging

Ilustrasi tanda penuaan. (Special)

Shea butter juga berkhasiat untuk membantu meningkatkan dan menstimulasi produksi kolagen pada kulit, sehingga kondisi kulit akan tetap lembap. Penggunaan shea butter secara rutin juga dapat membantu mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan, seperti munculnya kerutan di wajah maupun garis-garis halus, sehingga shea butter juga berperan sebagai anti-aging bagi kulit.

Bantu Kurangi Inflamasi

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Manfaat lain dari shea butter ialah dapat membantu mengurangi inflamasi. Hal ini dikarenakan shea butter mengandung cinnamic acid yang bersifat sebagai antiinflamasi.

Karena kandungan ini, shea butter dapat membantu memperbaiki permasalahan kulit, seperti rosacea, dermatitis, kulit gatal-gatal, gigitan serangga, kulit berjerawat dan juga luka akibat kulit terbakar.

Shea butter cenderung aman digunakan oleh segala jenis kulit dan segala usia. Namun, ada baiknya untuk melakukan patch test sebelum menggunakan produk dengan kandungan shea butter. Hal ini untuk mengurangi risiko alergi atau hal-hal yang tidak diinginkan.