Cegah Penuaan Dini, Ini 7 Manfaat Timun untuk Wajah

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Cegah Penuaan Dini, Ini 7 Manfaat Timun Untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Mentimun atau yang sering juga kita sebut dengan timun ternyata punya banyak kandungan yang baik buat kesehatan kulit. Adanya kandungan vitamin C, air, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium yang mampu menjadikan timun mengatasi masalah kulit seperti kulit berjerawat, kulit berminyak, kulit kering, hingga kulit sensitif.

Manfaat Timun Untuk Wajah

Inilah manfaat timun untuk wajah yang bisa kamu rasakan.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Foto: Ladiestory.id

Manfaat pertama dari timun adalah mencerahkan kulit wajah. Caranya dengan menghaluskan timun terlebih dahulu lalu dicampur dengan air lemon secukupnya. Oleskan merata pada seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya  bilas dengan air hingga bersih.

2. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kamu juga bisa mengecilkan pori-pori wajah dengan timun. Caranya dengan haluskan timun dengan blender atau bisa juga diparut secukupnya, kemudian Lalu tambahkan salah satu bahan seperti cuka apel, gel lidah buaya, atau tomat. 

Walaupun tidak secara langsung mengecilkan, tapi pori-pori besar di wajah kamu akan tersamarkan dan akan lebih mudah tertutup.

3. Melembapkan Wajah

Manfaat selanjutnya dari timun adalah untuk melembabkan kulit wajah.  Caranya dengan menjadikannya masker yang dicampur dengan putih telur, alpukat, dan susu bubuk. Adapun cara membuatnya pertama haluskan dulu timun dan alpukat,  baru setelah itu campurkan putih telur dan 2 sendok susu bubuk dan aduk rata 

Setelah menjadi masker oleskan   wajah sambil dipijat dengan arah melingkar. Tunggu selama 30 menit kemudian  bilas dengan air dingin sampai benar-benar  bersih.

4. Mencegah Penuaan Dini

Foto: Ladiestory.id

Timun mengandung Vitamin C dan caffeic acid yang fungsinya untuk mencegah penuaan dini. Kandungan ini diyakini dapat menghilangkan keriput dan mengembalikan kulit wajah yang rusak akibat sengatan matahari.

Caranya dengan mencampurkan timur dan yogurt sebagai masker. Selain mencegah penuaan dini, masker timun dan yoghurt juga dapat mengangkat sel kulit mati. 

Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu  bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Mengatasi Jerawat dan Kulit Iritasi

Salah satu manfaat timun untuk adalah mengatasi iritasi dan kulit berjerawat. Timun bermanfaat buat kamu yang punya kulit iritasi dan berjerawat. Caranya dengan mencampurkan air mentimun sebagai campuran bahan masker wajah.

Untuk kulit berjerawat, kamu bisa manfaatkan jus mentimun untuk membantu mengencerkan essential oil seperti tea tree untuk meringankan jerawat. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengatasi jerawat tanpa membuat kulit kering atau menyengat. Kamu juga bisa oleskan mentimun pada kulit yang terdapat flek jerawat, bisa juga diletakkan di balik sheet mask sambil menunggu selesai.

6. Mengontrol Minyak Berlebih

Manfaat timun untuk wajah berikutnya adalah untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya dengan menjadikannya masker, pertama bersihkan timun, kupas, lalu haluskan setengah buah timun. 

Selanjutnya masukkan satu sendok makan yoghurt tawar lalu aduk sampai tercampur rata. Oleskan masker timun tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

7. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda biasanya terjadi karena adanya kantung mata atau mata yang membengkak. Kamu bisa mengatasinya dengan timun, caranya cukup mudah tempelkan irisan mentimun dingin pada mata selama 20 menit. 

Suhu dingin pada timun mampu mengecilkan pembuluh darah dan mengempiskan mata yang bengkak. Metode ini akan menenangkan bengkak pada area mata dan mata panda kamu akan hilang.

Itulah 7 manfaat timun untuk wajah. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang punya masalah kulit wajah.