Manfaatkan Bahan Alami, Ini Tips Kecantikan Perempuan Jepang

Kamis, 17 Februari 2022 | 07:20:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Manfaatkan Bahan Alami, Ini Tips Kecantikan Perempuan Jepang

Ilustrasi perawatan kulit wajah perempuan Jepang. (Special)

Ladiestory.id - Perempuan Jepang terkenal akan kecantikan alami nan minimalis. Salah satu rahasia untuk mendapatkan kulit sehat ala perempuan Jepang adalah gaya hidup sehat dan perawatan dengan menggunakan bahan alami.

Lantas bahan alami apa yang digunakan? Berikut tips kecantikan para perempuan Jepang.

Eksfoliasi dengan Kacang Azuki

Ilustrasi kacang azuki. (Special)

Kacang azuki adalah sejenis kacang merah yang sudah digunakan para perempuan Jepang sejak zaman Nara (710-794). Kacang ini bukan hanya bermanfaat untuk diet, tapi juga menjadi rahasia kulit sehat mereka.

Bubuk kacang azuki merupakan bahan alami yang cocok untuk merawat jerawat atau blackhead. Bahkan, kacang azuki juga mampu mengurangi kerutan. 

Kacang azuki kaya akan antioksidan dan mengandung zat busa alami bernama saponin, yang dapat membantu membersihkan dan mengencangkan pori.

Menggunakan kacang azuki sebagai exfoliator bantu menghilangkan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, hingga mencerahkan kulit dengan menstimulasi sirkulasi darah.

Menutrisi Kulit dengan Bekatul

Ilustrasi bekatul. (Special)

Rice bran atau bekatul mengandung antioksidan yang tinggi dan sederet nutrisi lain. Para perempuan Jepang sudah lama menggunakan komenuka atau bekatul ini untuk merawat kulit mereka.

Bahkan, bubuk bekatul kerap digunakan sebagai scrub, facial, hingga perawatan tubuh untuk mengurangi tanda penuaan dan menghilangkan noda di kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Kamu bisa membuat masker dari bubuk bekatul pada wajah hingga mengering, kemudian bilas. Menggunakan masker ini bukan hanya bantu melembapkan kulit, tapi juga meningkatkan sirkulasi darah.

Teh Hijau

Ilustrasi Teh Hijau Jepang. (Special)

Teh hijau menjadi salah satu bagian dari gaya hidup orang Jepang. Kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflammatory yang tinggi dimanfaatkan para perempuan Jepang dalam rutinitas kecantikan mereka. 

Para perempuan Jepang menggunakan lotion dan tonik dengan kandungan teh hijau serta memanfaatkanya saat berendam. Teh hijau juga digunakan untuk perawatan tubuh dan rambut. Selain digunakan untuk perawatan luar, perempuan Jepang terbiasa mengonsumsi teh hijau.

Mengandung polifenol katekin yang tinggi, tak heran jika teh hijau punya beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, kandungan tanin juga mampu mengencangkan kulit.

Bubuk teh hijau mampu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, mengurangi inflamasi pada kulit berjerawat, dan meratakan warna kulit.

Gunakan Minyak Kamelia

Ilustrasi Minyak Kamelia. (Special)

Perempuan Jepang menggunakan minyak tsubaki atau kamelia untuk perawatan kulit dan rambut, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sering ditemukan dalam produk kecantikan, minyak kamelia mengandung berbagai nutrisi yang membuat rambut lebih bersinar dan bervolume. 

Minyak kamelia juga dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol, dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Ilustrasi vitamin C. (Special)

Vitamin C diketahui baik untuk melawan gejala sakit flu. Namun, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen dan menjaga kesehatan tulang.

Vitamin C pun dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan mampu mencegah tanda penuaan. Maka dari itu, bahan ini kerap dijadikan ingredient dalam produk skincare.

Selain perawatan dari luar dengan produk kecantikan, perempuan Jepang kerap mengonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi.

Yuzu menjadi salah satu buah yang dikenal kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Buah yang juga dikenal dengan nama yuja atau yuza ini pun memiliki sederet manfaat lain untuk tubuh dan kesehatan kulit, antara lain meningkatkan sistem imun, melancarkan sirkulasi darah, hingga mencegah penuaan dini.

Buah jeruk Jepang ini cenderung mahal, tapi Kamu tetap dapat menikmati rasa dan manfaat buah Yuzu dengan minum YUZU TEA. Hal ini dikarenakan YUZU TEA terbuat dari ekstrak Yuzu asli. Untuk mendapatkan YUZU TEA, Kamu bisa kunjungi website di sini atau ke Instagram @yuzutea.id.