Manfaatkan Digitalisasi, Ini Rahasia Kesuksesan 3 Srikandi Bisnis Kuliner

Selasa, 21 Maret 2023 | 12:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Manfaatkan Digitalisasi, Ini Rahasia Kesuksesan 3 Srikandi Bisnis Kuliner

Ilustrasi perempuan melakukan hobi. (Special)

Ladiestory.id - Ketangguhan perempuan dalam mengembangkan usahanya tidak luput dari pemanfaatan teknologi digital. Gojek turut menunjukkan dukungannya dengan menyediakan layanan teknologi digital yang andal untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan.

GoFood membagikan kisah inspiratif dari tiga sosok srikandi yang berani melangkah menjadi womenpreneur di era digitalisasi dan sukses hingga bisa memberikan dampak positif, baik bagi keluarga dan orang lain di sekitarnya:

Novita Mayasari

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

Pemilik usaha Bassnana Kerang dan Kafe, Semarang, Jawa Tengah, ini telah merangkul ratusan ibu-ibu pengusaha kuliner optimalkan penjualan secara online.

Tanpa latar belakang sebagai pengusaha kuliner dan berangkat dari keyakinan serta kegigihannya, Ibu Novita Mayasari atau yang kerap disapa Ibu Novita membuka usaha kuliner Bassnana Kerang & Kafe pada 2018 bersama suami tercintanya yakni Pak Anis di Semarang, Jawa Tengah.

Berawal dari kecintaan pasangan suami istri ini terhadap makanan kerang dan seafood, keduanya berinovasi untuk menghadirkan makanan khas laut yang bercita rasa unik di daerahnya. 

“Awal saya bergabung dengan GoFood, masih awam sekali dengan cara berjualan di online," kata Ibu Novita.

"Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan adanya dukungan komunitas seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan aplikasi GoBiz tentunya dapat sangat membantu perkembangan usaha saya. Bahkan dari 2018 hingga 2021 omzet usaha saya meningkat 50 persen berkat dukungan GoFood dan GoBiz.” lanjutnya.

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

Tidak ingin tumbuh sendirian, Ibu Novita makin terpacu mendorong para perempuan di daerahnya untuk maju bersama. Khususnya bagi para ibu-ibu yang telah bergabung dengan GoFood tetapi belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbisnis online.

“Setiap bulannya saya sering mengumpulkan puluhan ibu-ibu sesama pengusaha UMKM di lingkungan saya ini untuk saling berbagi pengalaman dan edukasi dalam berjualan online di GoFood. Saya sangat ingin ibu-ibu di daerah saya juga merasakan manfaat yang saya rasakan ketika berjualan di GoFood.” ujar Ibu Novita antusias.

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

Pemilik usaha Bubish Dimsum, Bandung, Jawa Barat, topang ekonomi keluarga lewat usaha dimsum dari teras rumah mampu raih omzet jutaan rupiah.

Berangkat dari keinginannya membantu menopang ekonomi keluarga, Ibu Elis Endah Komara, perempuan berusia 32 tahun asal Bandung ini memutuskan membuka usaha kuliner dimsum dari garasi rumah sejak akhir 2019. Keterbatasan modal membuat Ibu Elis membuka usaha kulinernya walaupun hanya dengan kursi dan penanda toko sederhana di depan rumah.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Ibu Elis yang memiliki latar belakang sebagai womenpreneur untuk mengembangkan bisnis kulinernya. 

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

Di awal usaha, Ibu Elis seringkali hanya mendapatkan 1-2 pesanan  dengan pendapatan sekitar 40 ribu dalam satu bulan. Melihat kondisi tersebut, Ibu Elis memutar otak dan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan. Salah satunya dengan bergabung bersama GoFood dan mengoptimalkan usahanya melalui aplikasi GoBiz.

“Sebagai womenpreneur dan ibu rumah tangga, GoFood memberikan saya peluang untuk dapat membagi waktu antara menjalankan usaha kuliner, mengurus anak-anak dan keluarga serta menambah ilmu bersama rekan-rekan KOMPAG,"  tutur Ibu Elis.

"Selain itu, saya juga menganggap aplikasi GoBiz sebagai konsultan saya dalam mengembangkan dan menaik kelaskan usaha saya. Karena melalui ragam promo, fitur-fitur operasional usaha dan rangkaian edukasi yang diberikan, Bubish Dimsum mampu meningkatkan omzet per bulannya hingga tembus 15 juta rupiah.”sambungnya. 

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

Pemilik usaha Salad Buah Dago, Bandung, Jawa Barat, berawal dari gang sempit, kini berhasil kembangkan resto dan buka lapangan pekerjaan

Nurul Insiniati, ibu rumah tangga berusia 31 tahun asal Bandung, Jawa Barat, nekat banting setir dari pekerja back office di sebuah hotel menjadi pebisnis kuliner demi menyokong ekonomi keluarganya.

Berkat kesukaannya menyantap salad buah saat hamil anak pertama, Nurul memulai usaha kuliner Salad Buah Dago di gang sempit rumahnya dengan mengandalkan platform online food delivery (OFD), khususnya GoFood sejak beroperasi di 2018.  Berjualan secara online membuatnya tetap mendapatkan pelanggan meskipun ada keterbatasan dari sisi lokasi. 

3 Srikandi Bisnis Kuliner. (Special)

“Ketika pertama kali buka usaha ini, saya masih mencoba-coba dan melihat dahulu seberapa besar peluang berjualan salad buah di wilayah Dago, Bandung. Waktu itu, salad buah belum terlalu populer dan kompetitornya pun masih sangat sedikit. Untuk memaksimalkan usaha yang saya miliki, saya langsung mendaftar di GoFood,"  ucap Nurul.

"Alhamdulillah, setelah 4 tahun lebih  gabung di GoFood, usaha saya yang tadinya hanya rumahan dan sulit dikenali pelanggan karena di gang sempit, kini berkembang jadi resto di pinggir jalan utama perumahan dan punya beberapa karyawan.”tambahnya.

Hal ini tidak lepas dari omzet usahanya yang naik pesat sebesar 200 persen sejak 2018 hingga 2022 berkat GoFood. Keberhasilan Nurul dalam mengembangkan usaha kuliner Salad Buah Dago juga berkat dukungan teknologi dan komunitas yang diberikan oleh GoFood dan GoBiz.

“Perempuan sangat mampu untuk memanfaatkan kesempatan yang ada di depan mata dan membuka peluang besar. Khusus di era digitalisasi seperti ini, dukungan teknologi  dapat membantu usaha kita secara secara menyeluruh dan maksimal.” tutup Nurul.