lngin Berlibur ke Daerah Bersalju? Waspadai 5 Masalah Kulit Ini

Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Lngin Berlibur Ke Daerah Bersalju? Waspadai 5 Masalah Kulit Ini

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu berencana mengunjungi daerah bersalju pada akhir tahun ini, Ladies? Jika iya, maka kamu perlu memperhatikan kesehatan, khususnya kulit.

Pasalnya, suhu udara yang dingin dapat membuat kondisi tubuh menjadi menurun. Selain itu, udara dingin juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering hingga mengalami berbagai masalah. Lantas apa saja masalah kulit yang timbul di daerah beriklim dingin atau bersalju? Yuk simak ulasannya!

Kulit Lebih Kering

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Daerah dingin dan bersalju dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih kering. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan cuaca akibat kondisi yang berangin serta tekanan udara yang sangat dingin, sehingga menyebabkan kulit tubuh menjadi lebih kering. Kondisi dingin juga dapat membuat kulit kurang memproduksi sebum, sehingga kulit menjadi semakin kering. 

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan moisturizer untuk melembapkan kulit, serta menggunakan pakaian yang tebal dan hangat serta aksesori penunjang untuk menghangatkan dan melindungi tubuh. Jangan lupa untuk selalu menggunakan cream, pelembap maupun face oil untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

Kulit Dehidrasi

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Selain kulit kering yang bisa menjadi masalah utama saat mengunjungi daerah dingin dan berslaju, masalah kulit lainnya yang muncul ialah kulit akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiiknya kamu menghindari eksfoliasi kulit wajah dan selalu menggunakan pelembap untuk membantu menghidrasi kulit. Selain itu, pelembap juga ampuh melindungi kulit dari iritasi serta munculnya ruam kemerahan.

Munculnya Kemerahan pada Kulit

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Cuaca yang sangat dingin menyebabkan kondisi kulit di area hidung dan pipi menjadi kemerahan. Selain itu, kemerahan ini akan menyebabkan kondisi kulit menjadi kering, sakit bahkan radang.

Warna kemerahan di area hidung dan pipi ini akan kembali normal apabila tubuh berada dalam suhu udara normal. Namun, kamu tak perlu khawatir, supaya liburan musim dinginmu tetap seru dan menyenangkan, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan lip balm maupun petroleum jelly sebagai perlindungan kulit dari suhu cuaca dingin.

Gatal dan Iritasi

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Perubahan cuaca yang berbeda dari negara satu dan negara lainnya, khususnya di negara yang bersuhu dingin, dapat menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal hingga iritasi. Tak hanya wajah, kulit gatal dan iritasi juga bisa menyerang permukaan kulit di area tubuh.

Untuk mengurangi rasa gatal, iritasi dan timbulnya rasa nyeri akibat kulit yang mengalami peradangan akibat cuaca dingin, maka kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan petroleum jelly. Jangan lupa, setelah itu gunakan alat pelindung, seperti sarung tangan, kaus kaki, baju maupun jaket yang tebal, agar tubuhmu tetap hangat dan kulit tetap terjaga kelembapannya.

Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ilustrasi berlibur saat musim salju. (Special)

Tak hanya daerah bersalju, daerah yang memiliki suhu dingin juga dapat membuat bibir manjadi kering dan pecah-pecah. Bibir yang terpapar angin kencang, salju, atau matahari rentan mengalami kekeringan. Apalagi, bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang dapat melembapkanya.

Untuk itu, gunakan pelembap bibir seperti lip balm maupun lip oil untuk menjaga kondisi bibir tetap lembap dan sehat. Usahakan untuk tidak menjilat bibir yang kering karena hal ini akan membuat permukaan bibir semakin kering, pecah-pecah, bahkan berdarah.