5 Masalah yang Timbul Akibat Malas Keramas, Yuk Jaga Kebersihan Rambut!

Jumat, 17 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Masalah Yang Timbul Akibat Malas Keramas, Yuk Jaga Kebersihan Rambut!

Ilustrasi keramas. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang adalah malas keramas. Ada berbagai macam alasan seseorang malas keramas, di antaranya karena terburu-buru untuk beraktivitas hingga kondisi tubuh yang sedang tidak sehat 

Namun, alasan-alasan tersebut bukan berarti menjadi penyebab yang membuatmu menjadi malas keramas. Pasalnya, malas keramas dapat berdampak pada tubuh dan kesehatan, lho. Berikut beberapa masalah yang dapat ditimbulkan jika malas keramas.

Bau

Ilustrasi rambut bau. (Special)

Malas keramas dan jarang membersihkan rambut menjadi penyebab keringat, kotoran, dan bakteri menempel pada rambut. Alhasil, rambut menjadi bau atau memiliki aroma yang tidak sedap. Mungkin hal ini tidak kamu sadari, tapi orang-orang yang berada di dekatmu tentu akan merasa tidak nyaman akibat mencium aroma rambutmu. 

Ketombe

Ilustrasi rambut berketombe. (Special)

Masalah selanjutnya yang muncul akibat malas keramas ialah rambut menjadi berketombe. Malas keramas dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit mati yang berlebihan di kepala, sehingga kamu akan merasa gatal dan tidak nyaman akibat munculnya kotoran putih pada rambut yang di sebut ketombe ini.

Jika ketombemu semakin parah, maka kamu harus segera mengatasinya. Pasalnya, apabila hal ini dibiarkan begitu saja, tentu akan mengurangi rasa percaya dirimu, bahkan orang-orang di sekitarmu akan merasa jijik terhadapmu.

Lepek

Ilustrasi rambut lepek. (Special)

Akibat malas keramas, rambut akan terlihat basah dan lepek. Jelas hal ini akan membuatmu menjadi terlihat kurang menarik. Rambut lepek biasanya disebabkan karena produksi minyak berlebih pada kulit kepala, sehingga rambut menjadi lebih mudah lepek. 

Untuk menyiasati rambut lepek, kamu harus rajin membersihkan rambut dengan keramas. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan dry shampoo untuk mengatasi rambut lepek secara praktis.

Kusam

Ilustrasi rambut kusam. (Special)

Malas keramas juga dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi lebih kusam, lho. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan dari sinar matahari, polusi, debu, kotoran atau bekas styling, dan  produk perawatan rambut yang terkumpul pada rambut. Sehingga ,kondisi rambut menjadi lebih mudah kusam, kasar bahkan patah.

Rambut Jadi Lebih Tipis

Ilustrasi rambut tipis. (Special)

Malas keramas juga dapat membuat kondisi rambutmu menjadi lebih tipis, lho. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa keramas setiap hari pun sebaiknya tidak harus dilakukan, karena dapat membuat tampilan rambut menjadi tipis dan rontok. Oleh karena itu sebaiknya, cukup keramas sebanyak dua kali dalam seminggu.