Mau Custom Cincin Tunangan? Ketahui Dulu Plus-Minusnya!

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Mau Custom Cincin Tunangan? Ketahui Dulu Plus-Minusnya!

Foto: Twilight Dew Ring – Dew Light Collection Frank & co

Memilih engagement ring atau cincin tunangan emas bisa jadi aktivitas yang menyita waktu. Karena semua pasangan tentu saja menginginkan engagement ring yang tepat.

Cincin tunangan adalah simbol cinta dan komitmen untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu pernikahan. Calon mempelai wanita biasanya telah memiliki gambaran akan cincin berlian wanita yang diidamkan. Sehingga kadang cincin idaman tersebut tidak dapat ditemui di toko emas terdekat.

Jika hal ini terjadi padamu, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk memesan cincin tunangan emas secara custom. Tapi, apa saja sisi positif dan negatif yang perlu kamu ketahui mengenai custom engagement ring? Simak penjelasannya hingga akhir ya!

Leona Ring – Frank & co
Foto: Leona Ring – Frank & co

Kelebihan melakukan custom cincin tunangan

Tentu saja kamu jadi bisa mendapatkan cincin berlian wanita atau pria sesuai keinginan. Kamu bisa meminta toko emas terdekat yang kamu percaya untuk mewujudkan desain dari cincin yang kamu idam-idamkan.

Kamu bisa jadi lebih detail terhadap cincin tunanganmu, dan membuatnya jadi cincin yang benar-benar spesial. Hanya ada satu di dunia dan hanya kamu yang memilikinya.

Cincin custom juga memungkinkan kamu memasukan unsur personal yang sentimental dari hubunganmu bersama pasangan. Selain itu, membuat cincin tunangan secara custom juga dapat membuatmu lebih yakin dengan kualitasnya.

Oh ya, custom juga tidak selalu berarti kamu menciptakan satu cincin yang 100% berbeda dari yang ada di etalase toko. Sekadar mengubah salah satu unsur dari cincin tersebut juga telah dapat dikatakan melakukan custom.

Seperti yang bisa kamu lakukan di Frank & co., salah satu rumah perhiasan terbaik di Indonesia. Frank & co. menawarkan pilihan custom jenis dan warna logam pada pembuatan cincin, juga ukuran carat pada emas maupun berlian yang dipakai.

Kemudahan ini, membuatmu jadi bisa menyesuaikan harga cincin emas atau berlian yang paling tepat dengan budget dan keinginanmu.

Kekurangan melakukan custom cincin tunangan

Satu hal yang pasti adalah, membuat cincin secara custom memerlukan biaya yang lebih besar. Karena custom berarti toko emas harus menciptakan sesuatu yang baru dan membutuhkan efforts lebih.

Jika custom yang kamu lakukan sekadar mengubah warna emas dari model cincin yang sudah ada di toko sebelumnya, mungkin perbedaan harganya tidak terlalu besar.

Namun, jika kamu sama sekali membuat cincin baru dengan desain yang kamu inginkan, kemunkinan besar harga cincin emas tersebut akan lebih mahal.

Selain lebih mahal, kamu juga perlu meluangkan waktu serta tenaga lebih sebelum menentukan toko perhiasan atau desainer perhiasan mana yang akan kamu pilih untuk membuatkanmu cincin tunangan

Oh ya, jika kamu ingin memberi cincin tunangan ini pada pasangan sebagai kejutan, jangan lupa untuk memahami bahwa tidak seperti cincin biasa, cincin custom mungkin tidak dapat dengan mudah ditukar jika ukurannya tidak sesuai atau ternyata desainnya tidak terlalu disukai oleh pasanganmu.

Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan dengan matang, saat ingin memilih melakukan custom cincin tunangan, ya.