Melly Goeslaw Makan Hanya Satu Sendok Pasca Bedah Bariatrik, Kok Bisa?

Sabtu, 12 November 2022 | 00:01:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Melly Goeslaw Makan Hanya Satu Sendok Pasca Bedah Bariatrik, Kok Bisa?

Melly Goeslaw saat ditemui di On Five Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Penyanyi Melly Goeslaw mulai memiliki kebiasaan baru usai melakukan bedah bariatrik, yaitu hanya bisa makan sebanyak satu sendok. Hal itu diungkapkannya dalam "Bincang-bincang Bedah Bariatrik" di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

"Porsi makan aku kalau nasi satu sendok. Nggak (satu sendok nasi), satu sendok makan," ungkapnya.

"Kadang-kadang kalau misalnya sambil diselingi minum, itu juga gak abis, karena kayaknya lambungku tuh berbagi dengan minum juga. Berbagi ruang. Jadi kalau di tengah-tengah itu minum, paling satu sendok gak abis. Iya, itu satu sendok udah berikut lauk," sambungnya.

(Ki-ka) Selvi (MC), Melly Goeslaw (Penyanyi), Peter Ian Limas (Dokter Bedah Digestif), Yanwar Hadiyanto (CEO RS Pondok Indah) di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Melly juga mengaku, hingga saat ini atau hampir 4 bulan pasca melakukan bedah bariatrik, ia juga belum bisa makan daging selain ikan.

"Aku yang sampe hari ini belum bisa itu daging sapi sama ayam. Gak tau nyangkut di sini (kerongkongan), mungkin kalau dikunyah juga dia gak larut. Kalau ikan, oke, ikan bisa. Bakso aku juga makan tapi baksonya belum bisa. Bihun paling, itu juga sesendok juga," terangnya.

Menanggapi pernyataan Melly Goeslaw, dokter bedah digestif yang menanganinya, Peter Ian Limas, mengungkapkan penyebabnya. Dalam penuturannya di kesempatan yang sama, hal itu disebabkan oleh ukuran lambung yang sudah sangat mengecil akibat pembedahan yang dilakukan.

Peter Ian Limas, Dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Digestif di On Five Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

"Untuk sleeve (salah satu metode dari bariatrik) ini yang ditinggalkan 15 persen dari lambungnya. (Jadi) 85 persen itu diangkat. Jadi memang kecil sekali (ukuran lambungnya)," jelasnya.

Selain itu, terdapat juga perubahan cita rasa yang dialami pasien usai menjalani bedah bariatrik. Tak hanya itu, perubahan hormon pun juga turut dialami para pasien.

"Kita banyak bermain dengan hormon, walaupun 100 persen terbukti? Belum tahu. Kenapa begitu selesai operasi kok diabetnya langsung hilang? Kenapa? Karena itu perubahan hormonal. Jadi kita gak tau 100 persen, tapi itu benar perubahan hormonal, yang penting adalah bahwa kalau makan sedikit," jelasnya.

(Ki-ka) Peter Ian Limas (Dokter Bedah Digestif), Melly Goeslaw (Penyanyi), Yanwar Hadiyanto (CEO RS Pondok Indah) di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Lebih lanjut, Peter menerangkan bahwa tujuan bedah bariatrik memang mengubah jumlah makan pasien, sehingga asupan yang masuk sangat sedikit dan dapat membuat penurunan berat badan bagi tubuh.

Namun, jangan khawatir, karena seiring waktu, lambung juga tetap bisa membesar, namun tak kembali ke ukuran sebelum operasi.

"Ukuran semula, nggak, ya. Tapi dia (lambung) akan melebar, pasti iya. Tapi ukuran semula, nggak," tegasnya.

"Makanan sesedikit itu lama-lama juga akan bertambah gitu, ya akan menjadi lebih toleran (dengan porsi makan) tapi kan kita sudah membiasakan diri dengan makanan lebih sedikit, itu utamanya (dari bedah bariatrik)," tutupnya.