Memahami Chronic Sleep Deprivation, Gangguan Kurang Tidur Kronis yang Sebabkan Ngantuk Sepanjang Hari

Senin, 9 Desember 2019 | 12:17:44

LS Health

Penulis : LS Health

Memahami Chronic Sleep Deprivation, Gangguan Kurang Tidur Kronis Yang Sebabkan Ngantuk Sepanjang Hari

Chronic Sleep Deprivation adalah gangguan kurang tidur kronis, suatu kondisi yang membuatmu mengalami sulit tidur dalam periode waktu yang lama. Biasanya, disebabkan oleh insomnia yang sudah diidap sejak lama, dan ada juga yang disebabkan waktu kerja yang membuat seseorang tidak bisa tidur dalam waktu yang lama. Namun, ada juga yang mengalami gangguan ini sebab kondisi medis, lho. Nah, jika kami mengalami Chronic Sleep Deprivation ini, maka artinya kamu memiliki hutang tidur. Hutang tidur yang sudah kamu kumpulkan setiap harinya tidak bisa disepelekan begitu saja, Ladies. Sebab, hutang tidur yang sudah terakumulasi akan menyebabkan gangguan yang bisa memengaruhi kehidupanmu selanjutnya. Tentu, semakin lama kamu mengabaikan kondisi gangguan tidur kronis yang kamu alami ini, maka bersiaplah menerima kenyataan bahwa mengobatinya tidak akan mudah dan sangat sulit ditangani. Berikut ini ada beberapa hal tentang gangguan kurang tidur kronis yang perlu kamu tahu.

1. Gejala gangguan kurang tidur kronis, salah satunya sulit berkonsentrasi

Gejala gangguan kurang tidur kronis, salah satunya sulit berkonsentrasi
sumber: freepik.com

Ada beberapa gejala atau tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mendeteksi apakah kamu mengalami gangguan kurang tidur kronis. Seperti halnya, merasa tubuh tidak segar setiap bangun tidur, meresa kekurangan energi ketika mengerjakan aktivitas sehari-hari, sering mengantuk di waktu siang, dan sulit berkonsentrasi ketika mengerjakan sesuatu. Selain itu, penderita gangguan tidur kronis juga akan merasa mudah tersinggung ketika diajak berbicara, sering menguap, dan merasa sulit mempertahankan mata yang terbuka sebab keinginannya untuk terus menutup mata dan tertidur. Nah, jika kamu mengalami beberapa gejala seperti itu, ada baiknya jika kamu konsulitasikan ke dokter ya, Ladies.

2. Tekanan hidup, salah satu penyebab gangguan kurang tidur kronis

Tekanan hidup, salah satu penyebab gangguan kurang tidur kronis
sumber: freepik.com

Untuk menangani gangguan kurang tidur kronis ini, kamu harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu, Ladies. Sebab, pengobatan untuk gangguan kurang tidur ini bergantung pada penyebabnya, yang mana tidak semua orang memiliki penyebab yang sama. Misalnya saja, adanya tekanan hidup dalam pernikahan dan finansial, kondisi kerja yang terlalu banyak dan padat, insomnia, sleep apnea, masalah kesehatan mental, jadwal kerja yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kondisi si penderita, terlalu sering berada di depan layar komputer dan terlalu dekat dengan monitor, terlalu sering mengonsumsi kafein menjelang tidur, serta frustasi berlebihan sebab tidak bisa tertidur sehingga menyebabkan insomnia.

3. Gangguan kurang tidur kronis punya beberapa efek yang memengaruhi fisik dan mental

Gangguan kurang tidur kronis punya beberapa efek yang memengaruhi fisik dan mental
sumber: freepik.com

Jika kamu membiarkan gangguan kurang tidur kronis ini terjadi padamu dalam jangka waktu yang lama, maka bersiaplah dengan beberapa efeknya yang dapat memengaruhi kesehatan fisikmu. Misalnya saja, kecelakaan kerja sebab mengantuk, tekanan darah tinggi, risiko serangan jantung dan stroke, meningkatkan nafsu makan, serta menurunkan kesuburan. Tentu, tak cuma memangaruhi fisik, gangguan kurang tidur kronis ini juga dapat memengaruhi kesehatan mentalmu, seperti kesulitan berpikir jernih, gangguan memori, halusinasi, psikosis, dan peningkatan kadar hormon stres yang lebih tinggi.

4. Ubah kebiasaan tidurmu untuk mengatasi gangguan kurang tidur kronis di tahap awal

Ubah kebiasaan tidurmu untuk mengatasi gangguan kurang tidur kronis di tahap awal
sumber: freepik.com

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengatasi gangguan kurang tidur kronis yang kamu alami ini, Ladies. Hanya saja, tak semua cara tersebut bisa sesuai dengan kondisi si penderita. Nah, kamu bisa coba untuk mengatasinya dengan memperbaiki kebiasaan tidurmu. Kamu harus tidur 8 jam sehari secara rutin dan sebisa mungkin tidak mengurangi waktu tidurmu secara normal. Misalnya, jika kamu terpaksa tidur sebentar sebab harus berangkat ke kantor lebih pagi, sehingga mengharuskanmu bangun lebih cepat, maka kamu harus mulai untuk tidur lebih cepat pula dari biasanya. Contohnya, jika biasanya kamu pergi tidur jam 12 malam dan bangun jam 5 pagi, maka kamu bisa mengubah waktu tidur menjadi jam 9 malam dan kamu tetap bisa bangun jam 5 pagi, yang penting waktu tidurmu tetap 8 jam sehari.

5. Jagalah kualitas tidurmu agar gangguan kurang tidur kronis tidak datang lagi

Jagalah kualitas tidurmu agar gangguan kurang tidur kronis tidak datang lagi
sumber: freepik.com

Setelah kamu memperbaiki kualitas tidurmu menjadi 8 jam sehari, kamu tetap perlu menerapkan beberapa gaya hidup sehat agar kualitas tidurmu tetap terjaga dengan baik. Seperti halnya, hindari konsumsi kafein dan alkohol saat menjelang waktu tidur, lakukan olahraga ringan sepulang kerja atau saat weekend, jangan letakkan laptop atau komputer di kamar tidur, buatlah suasana kamar tidur yang nyaman dan sunyi, serta tetap rutin menjaga waktu tidur selama 8 jam sehari ya, Ladies!

Terkadang, kita memang kerap menyepelekan permasalahan tidur yang sebenarnya bisa sangat memengaruhi kualitas diri kita. Untuk itulah, kini saatnya kita lebih peduli dengan apa yang tubuh kita rasakan dan memenuhi apa yang semestinya diri kita butuhkan!