Membahagiakan Istri Pembuka Jalan Rezeki, Benarkah Demikian?

Rabu, 7 Juli 2021 | 11:03:29

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Membahagiakan Istri Pembuka Jalan Rezeki, Benarkah Demikian?

Foto: Ladiestory.id

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan HR Ahmad dan At-Tirmidzi Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasannya mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya. Benarkah demikian? 

Artikel ini akan membahas seputar apakah benar bahwa membahagiakan istri dapat membuka pintu rezeki bagi suami. Jika Anda merasa informasi ini penting silakan simak hingga akhir. 

Membahagiakan Istri Akan Membuka Pintu Rezeki Suami

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id 

Seperti yang kita ketahui bersama, Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan terbaik dalam kehidupan berumah tangga. Ia amat sangat memuliakan para istrinya.

Nabi Muhammad SAW selalu membuat istri-istrinya merasa bahagia dan gembira. Selain itu, ia juga memiliki panggilan khusus untuk para istrinya sehingga mereka merasa dihargai dan dihormati. 

Lantas apa hubungan antara membahagiakan istri menjadi pelancar rezeki suami? Yakinlah, bahwa membahagiakan istri merupakan salah satu jalan untuk memperlancar rezeki.

Pernyataan ini berdasarkan pada beberapa alasan yang antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Istri adalah bidadari kedua setelah ibu kandung. Bayangkan saja doa yang dipanjatkan oleh dua orang bidadari dalam kehidupan seorang pria ini akan menembus langit dan mempercepat turunnya rezeki. 
  • Saat istri merasa bahagia, maka secara otomatis semua anggota keluarga juga akan merasa bahagia. Begitu pula ketika istri selalu menjalani hidup dengan positif, maka semua anggota keluarga juga akan menjalani hidup dengan positif. 
  • Istri adalah support system bagi suami. Jika ia bahagia maka suami juga akan semangat dalam mencari rezeki. Ia pun akan menjadi tempat pulang yang menenangkan setelah suami mencari rezeki. 
  • Istri yang selalu bahagia pasti akan memberi dukungan kepada suami dalam keadaan apapun. Dengan demikian, suami bisa punya semangat untuk selalu bangkit lagi setiap menghadapi kesulitan.
  • Istri yang bahagia juga akan selalu penuh rasa syukur atas rezeki yang diterima suami berapapun itu. Allah berjanji, orang yang mensyukuri nikmat, akan diberi kenikmatan yang berlipat ganda.

Sifat-Sifat Istri yang Mendatangkan Banyak Rezeki untuk Suami 

Setelah mengetahui seputar alasan mengapa istri menjadi sumber rezeki bagi suami, selanjutnya mari simak seputar sifat-sifat istri yang dapat mendatangkan rezeki bagi suami. 

1. Wanita yang Selalu Taat Pada Allah SWT dan Rasulnya 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id 

Seorang istri yang selalu taat kepada Allah SWT dan Rasulnya diyakini dapat membawa rumah tangganya menuju surga. Perjalanan rumah tangga yang dilalui pun senantiasa dalam keberkahan, bahagia dan murah rezeki. 

Selain taat pada Allah SWT dan Rasulnya, sifat istri yang bisa mendatangkan rezeki adalah ia yang selalu taat kepada suami. Sikap taat pada suami sendiri ada dalam H.R. Tirmidzi Ibnu Majah yang berbunyi: 

“Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya.”

Catatan, apa yang diperintahkan oleh sang suami sama sekali tidak melanggar dan bertentangan dengan agama Islam. Ketaatan istri kepada suami juga akan membuat rumah tangga menjadi tentram sehingga suami akan diberi kemudahan mencari rizki. 

2. Wanita yang Selalu Melayani Suami dengan Baik

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id 

Selain patuh dengan perintah suami, tugas seorang istri adalah menjalankan rumah tangga dan melayani suami dengan baik. Ia juga harus bisa mengasuh dan mendidik anak-anaknya dengan baik dan penuh kasih sayang. 

Selain itu, sifat wanita yang bisa mendatangkan rezeki bagi suami adalah gemar berhias di depan suaminya.

Wanita yang berhias untuk suami dianggap sebagai upaya menyenangkan suami dan telah tertuang dalam H.R. Muslim yang berbunyi: 

"Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita solehah." 

3. Selalu Menjaga Kehormatan Suami 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id 

Ketika suami pergi mencari nafkah, istri harus senantiasa menjaga kehormatannya saat berada di rumah. Menjaga untuk tidak keluar rumah untuk hal yang tidak penting serta menjaga dirinya dari tamu yang tidak pantas. 

Selain itu, istri juga harus senantiasa menjaga harta suami yang ia titipkan kepadanya dan hanya dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Wanita dengan sifat mulia seperti ini akan memudahkan rezeki untuk selalu masuk ke dalam rumahnya. 

Selain ketiga sifat diatas, masih ada sifat lain yang dipercaya dapat mendatangkan rezeki suami.

Sifat tersebut seperti senantiasa meminta ridha suami, selalu menerima pemberian suami dengan ikhlas, bersama-sama untuk meraih ridha Allah SWT serta wanita yang senantiasa mendoakan suami setiap saat.

Dengan sifat yang demikian, Insyaallah rezeki suami akan mengalir deras.