Memuat Unsur LGBTQ, MUI Tolak Film "Lightyear" Tayang di Indonesia

Senin, 20 Juni 2022 | 16:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Memuat Unsur Lgbtq, Mui Tolak Film "Lightyear" Tayang Di Indonesia

Lightyear. (dok. Disney)

Ladiestory.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak setuju jika film “Lightyear” tayang di Indonesia. MUI mengatakan bahwa film animasi tersebut tidak sejalan dengan ajaran agama yang dianut oleh Indonesia, yaitu Islam.

Belum lama ini, terdengar kabar bahwa Indonesia juga termasuk sebagai negara yang tak ijinkan film animasi besutan Disney itu untuk tayang di bioskop. MUI memberikan keterangan pers yang menyatakan, bahwa “Lightyear” bertentangan dengan dasar negara, Pancasila.

Alasan dilarangnya "Lightyear" untuk tayang adalah karena adegan ciuman sesama jenis di dalam film. Dalam film bergenre fiksi ini, terdapat karakter bernama Alisha yang tinggal bersama dan berbagi ciuman untuk menyambut satu sama lain.

“Film 'Lightyear' bertentangan dengan ajaran agama mayoritas penduduk Indonesia, yaitu Islam, yang melarang perkawinan sesama jenis,” ujar Sekjen Majelis Ulama Indonesia, Amirsyah Tambunan, dilansir VOA Indonesia pada Minggu (19/6/2022).

Seperti diketahui secara umum, MUI merupakan lembaga yang berfungsi untuk mengarahkan aturan yang berkaitan dengan kemaslahatan umat Islam.

Sampai saat ini, Lembaga Sensor Film (LFS) belum memberikan “Lightyear” izin untuk tayang di Indonesia. Ketua LFS Indonesia, Rommy Fibri menyampaikan bahwa, mereka sudah mengusulkan kepada Disney untuk mempertimbangkan kembali adegan yang menjadi perdebatan banyak negara itu. Ia menambahkan, adegan tersebut masih menjadi topik sensitif di Indonesia.

Film "Lightyear" sebelumnya sudah dikabarkan tidak mendapat izin tayang di 14 negara karena dinilai mengandung unsur LGBTQ. Sejumlah negara yang sudah secara resmi mengungkapkan bahwa "Lightyear" tak dapat tayang adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Cina, Kuwait, Mesir, Lebanon, dan Malaysia.

"Lightyear" adalah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini merupakan spin-off dari "Toy Story" yang menceritakan asal mula perjalanan Buzz Lightyear, mainan astronot luar angkasa milik Andy. Trailer-nya pertama kali dirilis pada 29 Oktober 2021 oleh Disney.

Film yang diisi oleh suara Chris Evans itu sudah mulai tayang pada 17 Juni 2022 di Amerika Serikat. 

s