Mencintai Diri Sendiri Karena Kamu Begitu Berharga

Jumat, 13 November 2020 | 10:37:35

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Mencintai Diri Sendiri Karena Kamu Begitu Berharga

Ternyata tidak mudah mencintai diri sendiri. Sewaktu dikafe, saya mendengarkan dua orang teman saya yang berbicara tentang suatu masalah yang sering terjadi pada semua orang “self-judgment.” Orang yang belum mampu untuk mencintai dirinya sendiri kemungkinan memiliki alasan tersendiri misalnya merasa secara fisik tidak sebaik orang lain. Selain itu adanya rasa merendahkan diri yang berlebihan karena masih banyak orang lain yang lebih baik dari dirinya juga dapat berdampak buruk. Kurang mencintai diri  juga dapat berdampak pada self-esteem seseorang. Pentingnya mencintai diri ini dapat menjadi kunci untuk dapat hidup dengan tenang dan bahagia. Bukan egois dan mementingkan diri sendiri, namun mencintai diri sendiri ini berarti kamu dapat menerima segala hal yang terjadi di hidup kamu beserta kekurangan diri anda.

Lalu bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri agar anda siap untuk bahagia dan dicintai oleh orang lain?

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Cara yang paling mudah dan sederhana agar kamu berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain yaitu dengan bersyukur. Bersyukur terhadap hidup dapat dilakukan dengan hal-hal kecil sekalipun, karena menghargai dan menerima diri sendiri berarti kamu tidak perlu melakukan perbandingan dirimu dengan orang lain.

Terima dan hargai dirimu apa adanya

Sadarlah bahwa standar yang diberikan masyarakat memang tidak masuk akal. Tidak memenuhi standar masyarakat itu manusiawi. Hargai dan terima dirimu apa adanya. Sadarkan dirimu bahwa ketidaksempurnaan yang kamu miliki itulah yang membuatmu sempurna.

Percaya pada dirimu sendiri

Ketika kamu ragu dengan suatu pilihan, biasanya akan kehilangan rasa percaya dalam dirimu. Mulailah untuk percaya atas kemampuan yang kamu miliki. Berjanjilah kepada dirimu sendiri untuk tetap kokoh dan tidak hancur dihari tersulitmu sekalipun. Percaya bahwa hari tersulit itu akan mengantarmu ke tempat menakjubkan yang sangat kamu inginkan.

Berhenti menyakiti dirimu sendiri

Berhenti membohongi diri sendiri, dengan berpura-pura bahwa setiap harimu adalah hari yang baik. Lelah itu manusiawi, jangan salahkan dirimu sendiri. Tidak apa-apa untuk berhenti sejenak ketika kamu merasa lelah. Temukan apa yang membuatmu merasa bersemangat. Kemudian bangkitlah kembali.

Buat dirimu berharga

Temukan apa yang membuatmu merasa bersemangat. Banggalah terhadap dirimu sendiri, namun bukan berarti kamu akan menjadi sosok yang egois. Perlakukan dirimu seperti orang yang layak dicintai dan dihormati. Berikan cinta untuk dirim terlebih dahulu maka semesta akan memberikan cintanya kepadamu.

Sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran tentu dapat dengan mudah mengetahui mana yang toxic dan mana yang tidak. Untuk itu kamu sebaiknya menghindari orang-orang toxic beserta lingkungannya karena hanya akan memberikan dampak negatif bagi diri kamu. Hal ini dapat menghambat kamu untuk mencintai diri sendiri. Dalam lingkungan tersebut kamu akan diminta secara tidak langsung untuk mengikuti kemauan orang-orang tersebut tanpa memikirkan diri kamu sendiri.

Sumber Foto Utama: Freepik.com