Mencuci Pakaian Tanpa Air! Yuk Ketahui Dry Cleaning

Minggu, 5 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Mencuci Pakaian Tanpa Air! Yuk Ketahui Dry Cleaning

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Mungkin kalian bertanya-tanya, apakah dry cleaning itu mencuci tanpa menggunakan air. Jawabannya adalah ya.

Sesuai namanya, Dry cleaning secara sederhana diartikan cuci kering. Jadi dalam prosesnya memang tidak melibatkan air. Ini tentu berbeda dengan laundry alias cuci basah yang menggunakan air dan deterjen untuk membersihkan pakaian.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa jenis kain yang mudah rusak jika dicuci dengan metode laundry, sehingga muncullah metode dry cleaning yang dianggap mampu mempertahankan kondisi kain.

Apa itu Dry Clean?

Foto: Ladiestory.id

Dry clean adalah proses mencuci pakaian tanpa menggunakan air melainkan menggunakan cairan kimia tertentu. Teknik ini sebenarnya sangat mirip dengan mencuci di rumah seperti biasanya, bedanya dry clean menggunakan pelarut cair bukan air dan deterjen.

Sebagian besar teknik pencucian ini dilakukan dengan pelarut Perchloroethylene (pelarut minyak bumi). Pelarut ini mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung air. Untuk itulah, pencucian ini disebut dengan dry clean.

Pelarut pada dry clean jauh lebih unggul daripada air dalam hal menghilangkan noda membandel pada pakaian.

Ladiestory.id - Molekul air bisa mengganggu daya tarik lemah di dalam serat, sehingga menghilangkan bentuk asli serat. Sementara, pelarut dapat mengurangi hal ini, melindungi kain agar lebih halus.

Cara Mencuci Pakaian Dry Clean di Rumah

Sebelum kamu mulai mencuci pakaian dengan label “dry clean only”, kamu wajib persiapkan perlengkapan di bawah ini:

  1. Cairan Prespot atau pengangkat noda. Atau, membeli cairan dry clean di e-commerce yang kini mudah didapatkan. Pilih cairan khusus pakaian ya. Karena beberapa cairan ada yang dikhususkan untuk sepatu hingga karpet.
  2. Sikat lembut
  3. H20 softener atau pelembut pakaian
  4. Baskom
  5. Jika mencuci dry clean menggunakan tangan, siapkan handuk kering.

Sebelum memutuskan untuk mencuci pakaian berlabel dry clean di rumah, kamu harus seleksi dulu berdasarkan bahan pakaian. Jika bahan kulit hingga bulu angsa, sebaiknya percayakan kepada penatu, ya.

1. Mencuci Dry clean dengan Mesin Cuci

Nah, untuk mencuci dry clean pakai mesin cuci, biasanya bahan seperti poliester, katun, atau linen lebih aman. Simak cara mencuci dry clean di rumah menggunakan mesin cuci di bawah ini.

  1. Pastikan hanya satu pakaian saja jika menggunakan mesin cuci.
  2. Campur cairan anti noda pada air dingin di baskom.
  3. Taruh pakaian di atas permukaan yang bersih, kaca misalnya.
  4. Celupkan sikat pada campuran air anti noda, lalu cukup ditepuk saja pada pakaian bagian yang sering kotor. Misal pada kerah dan lengan bagian dalam. Ingat jangan disikat, cukup ditepuk lembut saja ya.
  5. Masukkan pakaian. Jika pakaian ada hiasan renda, manik-manik, sebaiknya masukkan dalam tas jaring-jaring khusus pakaian. Kalau nggak punya, sarung bantal bisa jadi solusi. Asal material sarung bantalnya nggak luntur, ya!
  6. Masukkan H20 softener atau pelembut pakaian
  7. Pilih program atau mode gentle cycle. Beberapa mesin cuci punya mode berbeda, kamu bisa pilih program handwash atau wool. Lalu pilih kecepatan putaran yang paling rendah.
  8. Keringkan pakaian dengan cara dijemur. Hindari menggunakan pengeringan pakaian dari mesin cuci.
  9. Saat menggantung pakaian, bentuk pakaian dengan rapi ya. Jangan dibiarkan kusut.

2. Mencuci Dry clean dengan Tangan

Ragu menggunakan mesin cuci? Tidak masalah. Kamu bisa mencuci pakaianmu pakai teknik semi dry clean di rumah menggunakan tangan. Begini cara dry clean pakai tangan:

  1. Siapkan air dingin di dalam baskom. Lalu campurkan cairan dry clean.
  2. Rendam pakaian.
  3. Gosok bagian bernoda pakai ujung jari. Hindari menggosok pakaian terlalu kasar ya.
  4. Lalu taruh pakaian yang basah di atas handuk kering. Gulung. Lakukan berkali-kali hingga air sudah tidak menetes lagi pada pakaian.
  5. Jemur pakaian.

Itulah pengertian dan cara mencuci dengan dry cleaning. Semoga bermanfaat