Mengajarkan Doa Sebelum dan Sesudah Makan pada Anak Sejak Dini

Minggu, 5 Desember 2021 | 15:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Mengajarkan Doa Sebelum Dan Sesudah Makan Pada Anak Sejak Dini

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Makan merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia. Dengan makan, seseorang akan mendapat asupan nutrisi untuk bertumbuh dan mendapatkan tenaga untuk melakukan aktivitas harian. 

Bukan hanya sekadar mengonsumsi makanan dan minuman saja, umat Islam dianjurkan untuk berdoa, baik sebelum dan sesudah makan. Berdoa menjadi wujud rasa syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan dapat mendatangkan keberkahan dari makanan. 

Doa mau makan merupakan salah satu doa penting yang perlu diajarkan pada buah hati sedini mungkin. Jika anak mulai mengenal doa-doa dalam agamanya sejak dini, ia akan terbiasa untuk mengamalkannya hingga akhirnya ia akan memahami maksud dari membaca doa dalam agama Islam.

Untuk mengajarkan doa makan pada anak, Anda dapat memulainya dengan cara sederhana, yakni dengan mengajak anak untuk menadahkan kedua tangan setiap akan mulai berdoa. Lalu, Anda bisa membantunya untuk melisankan doa tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengajarkan doa makan pada anak, berikut adalah bacaan doa sebelum makan dan sesudah makan yang bisa Anda lafalkan.

Bacaan Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan

Foto: Ladiestory.id

Agar anak terbiasa dengan lafal doa makan, berikut bacaan doa sebelum dan sesudah makan yang dapat Anda lafalkan.

Doa Sebelum Makan

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.

Doa Sesudah makan

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam”.

Cara Mengajarkan Doa Makan pada Anak

Foto: Ladiestory.id

Biasanya anak kerap mengamati dan meniru perilaku orang di sekitar. Maka, seorang anak akan lebih mudah untuk meniru hal yang dilihat dibandingkan hal yang ia dengar. Untuk itu, ketika mengajarkan anak untuk melakukan suatu hal, orang tua perlu memberi contoh dengan melakukan hal yang sama termasuk dalam berdoa.

Saat mengajarkan anak untuk membaca doa setiap sebelum makan, orang tua pun harus turut berdoa. Ada baiknya, jika mengajarkan doa sebelum makan sejak anak mulai memasuki usia 6 bulan, yakni ketika si Kecil mulai mengonsumsi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Berikut ini kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak tentang adab dan doa makan.

  • Usahakan anak berada dalam posisi duduk. Hal ini berguna agar anak fokus terhadap apa yang akan dimakan olehnya. Meski demikian, hal ini juga bergantung pada kondisi tumbuh kembang anak sebab usia anak untuk mulai duduk berbeda-beda.
  • Ajarilah anak supaya menengadahkan tangan sebelum berdoa. Lalu ajaklah si Kecil untuk turut melafalkan doa. Meskipun anak masih belum bisa bicara, usahakan untuk membaca doa secara benar supaya si Kecil terbiasa mendengar dan melisankan bacaan doa dengan baik.

Semoga kiat-kiat di atas berhasil. Terus semangat dampingi anak agar si Kecil tumbuh beriman, sehat, dan cerdas!