Yuk Biasakan Baca Doa Sebelum dan Sesudah Makan!

Selasa, 16 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Yuk Biasakan Baca Doa Sebelum Dan Sesudah Makan!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ketika kita berdoa maka mendatangkan pahala dari Allah SWT. Hal ini juga berlaku bagi kita yang membaca doa sebelum dan sesudah makan.

Rezeki yang didapat tidak melulu berbentuk uang dan gaji yang banyak. Namun, rezeki juga bisa datang setiap harinya seperti kesehatan, teman, bahkan makanan yang bisa kita konsumsi setiap harinya.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Sebab doa makan jadi suatu bentuk rasa ucapan syukur atas berkat yang telah diberikan Allah SWT. Bahkan, membaca doa makan juga dapat menghindarkan kita dari gangguan setan yang buruk. Yuk ketahui bacaan doa makan di bawah ini.

1. Bacaan Doa Sebelum Makan

Foto: Ladiestory.id

Tak hanya membaca Bismillah, ternyata ada doa sesudah dan sebelum makan sesuai dengan sunnah. Begini bacaan doa sebelum makan yang sering digunakan umat Muslim kebanyakan:

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ

"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar"

Artinya: "Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa Neraka, Bismillah"

2. Bacaan Doa Ketika Lupa Bedoa di Tengah Makan

Lalu bagaimana jika seseorang sudah terlanjut makan dan baru teringat jika belum doa di tengah-tengah makan? Nah, seperti yang disebutkan dalam hadis di atas.

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala". Apabila seseorang lupa doa dan menyebut nama Allah SWT sebelum makan, maka dia harus mengucapkan:

"Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu(dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)"

Hadis ini memerintahkan ketika kita lupa membaca "bismillah" di awal, maka sebaiknya kita membaca "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu".

3. Doa Sesudah Makan

Tidak hanya berdoa sebelum makan, namun berdasarkan hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW mencontohkan pengucapan "Alhamdulillah" jika sesudah makan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum."

Maka doa lainnya bisa dipanjatkan setelah mengucap Alhamdulillah. Berikut doa sesudah makan yang bisa kamu panjatkan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim."

Adab Ketika Makan

Foto: Ladiestory.id

Hendaknya sebelum makan kita mengawalinya dengan bacaan doa sebelum makan. Dimana dengan bacalah basamalah. Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebut amalan baik ketika makan seperti di bawah in.

“Jika seseorang mengucap basmalah pada tiap suapan, maka itu sangat baik hingga hatinya tidak kosong dari dzikir kepada Allah."

- Setelah itu, hendaknya kita makan makanan yang halal dan seturut syariat Islam.

- Bahkan kita juga harus makan secukupnya saja atau tidak berlebihan. Perintah ini juga tertuang surat Al A'raf ayat 31 yang artinya:

Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan,” (QS. Al A'raf: 31).

- Berwudhu sebelum dan sesudah makan. Jika tidak, setidaknya hendaklah mencuci kedua tangan.

- Waktu makan harus dalam kondisi duduk atau tidak dalam posisi bersandar atau berdiri. Rasulullah SAW bahkan bersabda dalam hadits riwayat Muslim:

“Aku tidak makan sambil bersandar. Aku adalah seorang hamba, maka aku minum seperti minumnya hamba dan makan pun seperti makannya seorang hamba. Janganlah seorang di antara kalian minum sambil berdiri (HR Muslim)".

- Ketika makan hendaknya tidak mengumpat atau bahkan mencela makanan tersebut. Hal ini juga diungkapkan dalam suatu riwayat disebutkan, Rasulullah SAW tidak pernah mencela makanan; Jika ia suka dimakannya, jika tidak suka ditinggalkannya (HR Al Bukhari dan Muslim).

- Hendaklah kita makan secara bersama-sama. Dalam hadits riwayat Anas RA disebutkan, Rasulullah SAW tidak pernah makan seorang diri.

- Ketika mengambil makan, hendaknya tidak terburu-buru dan mendahulukan orang tua. Dalam hal ini, Rasulullah SAW juga pernah bersabda: Yang melayani minuman suatu kaum, hendaknya dialah yang terakhir orang yang minum (HR Attirmidzi).

- Jika makanan masih hangat, jangan meniup makanan tersebut. Sebab Rasulullah SAW juga melarang orang untuk meniup-niup minuman atau makanan (HR Abu Dawud).

- Ketika makan, gunakanlah tangan kanan. Hal ini juga disebutkan dalam hadis, “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim).

- Waktu makan, hendaknya mulai makan dari tepian piring. "Berkat itu turun di tengah-tengah makanan, maka makanlah dari tepi-tepinya dan jangan makan dari tengah-tengahnya" (HR Abu Dawud,Attirmidzi).

- Dilarang menggunakan alat makan yang terbuat dari perak atau emas.

- Jangan minum dalam satu kali teguk. Sebab Rasulullah jika minum bernafas sampai tiga kali (HR Al Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW juga melarang orang yang minum dengan membalik mulut kendi langsung ke mulutnya (HR Al Bukhari dan Muslim).

- Hendaklah kita menghabiskan makanan agar jangan sampai mubazir. "Kamu tidak mengetahui di bagian yang manakah makananmu yang berkat." (HR Muslim).

- Janganlah kita memberikan makanan kepada orang lain yang mereka tidak sukai.

- Menjilat tangan hingga bersih. Dari Ka'ab bin Malik dari bapaknya memaparkan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan. (HR Muslim).

- Mengucapkan "hamdalah" usai makan. Sebab akan ada hikmah tersendiri bagi umat muslim jika membaca doa sebelum dan sesudah makan. Seperti menghindarkan dari gangguan setan ketika sedang makan.

Inilah doa makan beserta adab makan. Yuk biasakan hal ini sebagai bentuk rasa ucapan syukur kita. Semoga bemanfaat!