Mengenal Burung Kenari Belgia dan Cara Perawatannya

Selasa, 21 Desember 2021 | 02:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal Burung Kenari Belgia Dan Cara Perawatannya

Kenari Belgia. (Special)

Ladiestory.id - Bagi kamu pecinta burung kenari, rasanya tak lengkap bila kamu tak mengenal burung kenari Belgia. Kenari Belgia atau yang disebut juga Belgian fancy adalah  salah satu jenis burung kenari yang konon nantinya bakal menjadi burung kenari yang paling terkenal di dunia. Simak ulasan lengkapnya mengenai burung Kenari Belgia di bawah ini.

Sejarah Kenari Belgia 

Kenari Belgia. (Special)

 

Kenari Belgia pertama kali diperkenalkan dan dikembangbiakan pada tahun 1800 di negara Belgia.  Seiring terjadinya Perang dunia 1 yang menelan banyak korban jiwa, pertumbuhan kenari Belgia pun di negaranya nyaris punah. Dan setelah perang dunia 1  berakhir justru banyak negara Eropa yang mengembangkan jenis kenari ini.

Ciri - Ciri Kenari Belgia

Burung Kenari Belgia memiliki ciri - ciri yang cukup unik, diantara yaitu:

  • Memiliki kepala berukuran kecil seperti ular.
  • Memiliki panjang tubuh kurang lebih 17 -18 cm.
  • Memiliki postur tubuh yang ramping atau kurus.
  • Memiliki postur tubuh yang bentuknya seperti punuk dan terlihat seperti bulan sabit.
  • Memiliki tubuh dengan postur yang bagus dan unik, sehingga menarik banyak perhatian pecinta kenari.
  • Bagian leher dan kepalanya terlihat seperti keluar menonjol dari bahunya.
  • Bentuk tubuhnya  membungkuk seperti senjata bumerang. 
  • Memiliki bulu yang indah, halus dan rapi.

Cara Merawat Kenari Belgia

Burung kenari belgia sangat mudah dipelihara dan dirawat. Cara merawat kenari belgia haruslah dengan sangkar yang besar dengan setidaknya dua tangkringan agar ia tetap sehat dan lincah. Dengan ukuran panjang sangkar kurang lebih 40 cm, tinggi 25  cm dan lebar 202 cm.  

Buatlah sangkar dengan bentuk kotak agar kenari belgia bisa leluasa bergerak dalam sangkar, jangan membuat sangkar dengan bentuk bulat. Untuk tangkringannya  sendiri bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kayu misalnya. 

Sedangkan untuk kenari betina dan anaknya harus dipelihara pada sangkar umbaran atau voliere. Terlebih anakan kenari hendaklah dipelihara hingga ganti bulu muda. Usahakan sangkar selalu dalam kondisi bersih dan disarankan untuk membersihkannya sekali dalam seminggu. 

Begitu juga dengan tempat mandi dan minumnya, pastikan selalu bersih agar kenari belgia tetap sehat, lincah, dan berkicau.

Kenari Belgia. (Special)

Makanan Kenari Belgia

Untuk makanannya,  kenari belgia membutuhkan makanan dengan kandungan gizi yang seimbang antara protein, lemak, mineral, karbohidrat dan vitamin. Biasanya biji - bijian adalah makanan pokok kenari belgia seperti biji gandum, biji sawi, canary seed, niger seed.

Tambahkan juga sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan selada. Beri juga buah - buahan seperti pear, apel, dan strawberry. Tambahkan pula telur dengan campuran tepung roti seminggu sekali. Pada musim kawin, berikanlah lebih banyak protein dan tambahkan pula canary seed dalam menunya saat musim kawin. 

Itulah ulasan mengenai burung kenari belgia, semoga bermanfaat bagi kamu pecinta burung kenari.