Mengenal Daun Pegagan dan 6 Manfaatnya untuk Kulit

Senin, 20 September 2021 | 09:29:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Mengenal Daun Pegagan dan 6 Manfaatnya untuk Kulit

Foto: Ladiestory.id

Pernah mendengar daun pegagan? Mungkin daun ini terdengar cukup asing di telinga kita. Tapi bisa saja, kamu pernah melihat tanaman ini di pinggir jalan atau di kebun. Pasalnya, daun ini memang banyak ditemui di daerah tropis, termasuk di Indonesia.

Apa Itu Daun Pegagan?

Daun Pegagan
Foto: Ladiestory.id

Daun pegagan adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Daun pegagan juga dikenal sebagai centella asiatica. Dalam dunia pengobatan tradisional Cina, daun pegagan sering juga disebut sebagai 'tiger grass'.

Daun ini memiliki berbentuk kipas dan tumbuh merambat yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Selain dikenal sebagai pegagan, tanaman yang satu ini juga memiliki nama lain Gotu Kola.

Tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae ini mengandung berbagai zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antivirus.

Di Indonesia, dahulu daun pegagan banyak dimanfaatkan sebagai obat kulit, obat gangguan saraf maupun sebagai ramuan untuk memperlancar peredaran darah. Bahkan di Jawa Barat, daun pegagan juga biasa dimakan mentah sebagai lalapan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Medicine 2017 lalu, pasien operasi yang dioleskan dan pegagan pada bekas lukanya memiliki tingkat penyembuhkan luka yang lebih cepat sekaligus mengurangi infeksi.

Tak heran, banyak produk kecantikan yang memasukkan daun pegagan sebagai salah satu kandungan dalam produknya. Biasanya, produk ini dikemas dalam serum, sabun muka, krim pagi hingga toner.

Toner termasuk bagian penting dalam skincare. Toner tak hanya membantu mengangkat sisa makeup dan kotoran di kulit, tapi juga membuat kulit lembap setiap saat. Toner bekerja memulihkan kulit dengan kandungan nutrisinya.

Toner membuat wajah bersih dan lembap sehingga dapat menyerap produk skincare lainnya. Toner biasanya berupa cairan yang terlihat dan terasa seperti air. Nah, kamu juga bisa membuat toner daun pegagan.

Manfaat Daun Pegagan

Klaim dari efek daun pegagan atau centella asiatica dalam kesehatan kulit wajah antara lain adalah untuk menenangkan peradangan, mendorong produksi kolagen, bertindak sebagai antioksidan, dan meningkatkan hidrasi kulit. Oleh karena itu, yuk ketahui manfaat daun pegagan.

1. Mengatasi Jerawat

Daun Pegagan
Foto: Ladiestory.id

Manfaat daun pegagan yang satu ini sudah bukan menjadi rahasia umum. Bahwa centella asiatica berperan ampuh dalam mengatasi masalah jerawat.

Bahkan jika kamu memiliki jerawat yang baru muncul atau sedang parah-parahnya, sangat direkomendasikan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung daun pegagan untuk meredakan pembengkakan kulit akibat jerawat.

Bahkan centella asiatica juga berperan dalam menyamarkan noda bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan daun pegagang memiliki kandungan beberapa vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan.

2. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat daun pegagan yang lain adalah mampu menghambat penuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita.

Tidak bisa dimungkiri, semakin bertambahnya usia, maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit terutama wajah dan leher.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

3. Mencegah dan Mengatasi Stretch Marks

Daun Pegagan
Foto: Ladiestory.id

Manfaat dari daun pegagan selanjutnya telah dibuktikan dari sebuah studi pada tahun 2013. Yakni manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit.

Hal ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Bahkan senyawa tersebut juga membantu mencegah kemunculan stretch marks yang baru.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebuah riset menemukan bahwa mempercepat penyembuhan luka menjadi manfaat dari daun pegagan. Hal ini disebabkan dari ekstrak daun pegagan memiliki kandungan Triterpenoid yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan beberapa jenis luka. seperti luka yang sudah terinfeksi atau luka akibat benda tajam.

Senyawa tersebut berperan untuk meningkatkan kadar antioksidan dan menyuplai darah ke area yang terluka.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Daun Pegagan
Foto: Ladiestory.id

Kandungan aktif centella asiatica juga bisa mendorongkan pembentukan kolagen pada kulit. Semakin baik pembentukan kolagen, maka kulit kita akan semakin kenyal dan elastis. Efek lebih lanjut, tingginya produksi kolagen ini juga bisa menghindarkan kulit kita dari penuaan dini.

6. Meningkatkan Kelembapan Kulit

Skincare yang memiliki kandungan centella asiatica biasanya akan merasakan sensasi sedikit dingin pada wajah. Hal ini dikarenakan centella asiatica memiliki efek soothing sehingga bisa memberikan efek menenangkan pada kulit.

Selain itu, centella asiatica juga mengandung asam amino, beta karoten dan fitokimia lainnya untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit, sekaligus melembabkan kulit. Khususnya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, pelembap dengan centella asiatica adalah pilihan terbaik untuk kulit wajahmu.

Inilah 6 manfaat daun pegagan untuk kecantikan dan kulit. Selain mencari skincare yang memiliki kandungan ini, kamu bisa membuat toner daun pegagan. Semoga membantu!