Mengenal 6 Filosofi Bunga Matahari yang Bisa Jadi Inspirasi

Rabu, 3 November 2021 | 12:45:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal 6 Filosofi Bunga Matahari Yang Bisa Jadi Inspirasi

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bunga matahari memiliki kekhasan dari warna kuningnya yang terang benderang. Jenis bunga yang satu ini punya keunikan dalam hidupnya yakni selalu menghadap matahari. 

Bunga matahari juga memiliki pesona yang seolah-olah melambangkan matahari terbit. Dibalik keindahannya itu, terdapat filosofi bunga matahari yang menarik buat jadi inspirasi. 

Filosofi Bunga Matahari

Berikut filosofi bunga matahari yang membuatnya menarik di mata banyak orang.

1. Persatuan

filosofi bunga matahari
Foto: Ladiestory.id

Saat kamu melihat bunga matahari, tentu kamu sudah langsung melihat kalau bunga ini memiliki ciri yang berbeda dengan bunga lainnya.

Yah, bunga matahari adalah bunga majemuk yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga-bunga kecil. Artinya, bunga yang satu  ini memiliki makna kebersamaan dan persatuan.

2. Kepatuhan dan Kesetiaan

Setiap pagi, bila kamu perhatikan bunga matahari akan menghadap ke arah timur, sedangkan di sore hari akan berputar ke arah barat mencari posisi matahari. Keunikan ini dikenal dengan istilah fototropisme. 

Peristiwa pada bunga matahari ini juga melambangkan kesetiaan dan kepatuhan. Bunga matahari setia pada matahari dengan cara mengikuti alur matahari terbit dan tenggelam.

Bahkan, menyerupai kecerahan matahari itu sendiri. Maka, salah satu manifestasi dari cinta adalah kesetiaan sebagaimana bunga matahari pada matahari.

3. Persahabatan

filosofi bunga matahari
Foto: Ladiestory.id

Meski memiliki warna yang terang, bunga matahari bukan bunga yang romantis. Simbol kesetiaan yang ada dalam bunga matahari lebih dekat untuk persaudaraan atau persahabatan.

Dengan kata lain, arti bunga matahari mengacu pada sukacita dan kesetiaan kepada saudara, teman, atau persahabatan secara universal, bukan pada kekasih.

4. Pesan tentang Kekayaan Palsu

Ada sebuah cerita yang pernah berkembang, bahwa dulu bangsa Spanyol yang menjajah Benua Amerika di masa lampau mengira bunga matahari terbuat dari emas murni.

Tentu saja hal ini salah benar. Sejak itu, bunga dan warna ceria pada bunga ini dianggap mewakili sebuah pesan penting yaitu “kekayaan palsu”.

5. Kegembiraan dan Ceria

Diameter besar yang ada pada bunga matahari seolah menggambarkan matahari yang bersinar cerah. Kelopaknya yang berwarna kuning juga melambangkan kehidupan yang penuh kebahagiaan dan keceriaan. 

Karena itu, tak heran bila bunga matahari dapat memikat hati semua orang untuk melihatnya dalam waktu yang lama.

Orang yang menyukai bunga matahari seringkali dianggap sebagai pribadi yang selalu gembira dan ceria dalam menjalani kehidupan. 

6. Semangat dan Optimis

filosofi bunga matahari
Foto: Ladiestory.id

Bunga matahari sering dijadikan sebagai simbol semangat dan optimisme. Warna kuning yang menyala seakan berhasil membangkitkan kehidupan seseorang supaya lebih ceria, kreatif, dan bersemangat. 

Bunga dengan diameter besar ini juga dipercaya mampu memberikan energi positif pada siapa saja yang melihatnya. Arti bunga matahari ini diibaratkan layaknya matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan. 

Itulah 6 filosofi bunga matahari yang bisa jadi inspirasi kamu dalam menjalani kehidupan.