Mengenal Macam Dan Jenis Kerajinan Tekstil

Wednesday, 23 Jun | 12:29:18

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Mengenal Macam Dan Jenis Kerajinan Tekstil

Foto: Ladiestory.id

Industri pakaian merupakan salah satu bidang usaha yang terus berkembang hingga kini. Hal ini tidak lain karena pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok yang selalu diminati oleh masyarakat. Bahkan industri ini kerap menciptakan berbagai macam tren fashion yang banyak digemari masyarakat.

Bukan hanya pakaian, kerajinan tekstil juga termasuk salah satu produk yang masih terus diminati masyarakat. Sehingga saat ini hasil dari kerajinan tangan tekstil sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Kerajinan Indonesia sudah banyak dikenal diberbagai negara di dunia. Salah satu kerajinan yang telah dikenal di mancanegara adalah kerajinan tekstil, contohnya batik.

Kerajinan tekstil merupakan kerajinan yang menggunakan bahan tekstil. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tekstil adalah bahan tenun (seperti cita, kain putih). Tekstil berasal dari serat yang diolah menjadi benang dan kain. Dari kain kemudian diolah menjadi berbagai busana dan kerajinan.

Kerajinan tekstil adalah suatu karya yang dibuat dari berbagai bahan tekstil. Bahan tekstil pada umumnya berasal dari serat atau benang yang diolah menjadi sebuah kain. Hanya menggunakan bahan kain saja kita bisa membuat banyak sekali kerajinan tekstil yang unik dengan mudah.

Bahan tekstil ini biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan kita sehari-hari, salah satunya adalah busana atau pakaian. Dari uraian tersebut dapat kita artikan bahwa kerajinan tekstil adalah suatu kerajinan yang terbuat dari bahan tekstil yang terdiri dari serat atau benang.

Macam-Macam Kerajinan Tekstil

Perlu diketahui terlebih dahulu apa saja macam kerajinan tekstil yang ada. Macam kerajinan tekstil ini dibagi menjadi dua yaitu kerajinan tekstil tradisional dan modern. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan tekstil tradisional merupakan bentuk kerajinan yang dibuat dengan tangan maupun dengan peralatan sederhana. Bukan hanya alat yang digunakan, berbagai bahan yang dipakai juga masih sangat sederhana. Biasanya produksi kerajinan tekstil tradisional ini hanya dibuat secara terbatas, tidak bisa menghasilkan produk dengan jumlah banyak. Contoh kerajinan tekstil tradisional di Indonesia adalah kain tenun, batik tulis, hingga kain sarung.

2. Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern adalah macam kerajinan tekstil yang diproduksi dengan menggunakan alat bantu modern seperti mesin. Dengan begitu, kerajinan tekstil modern ini bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Contoh kerajinan tekstil modern bisa berupa topi, baju, aksesori, kain sprei, sarung bantal, dan berbagai macam pelengkap interior lainnya.

Contoh Macam-macam Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil merupakan suatu karya yang terwujud memlalui beberapa tahap pembuatan produk dari bahan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam membuat kerajinan dengan merancang suatu karya seni akan memudahkan dalam mencapai tujuan dalam pembuatan karya tersebut. Berikut ini merupakan contoh kerajinan tekstil yang ada di Indonesia.

1. Kerajinan Batik 

Foto: Pinterest/Johana

Batik merupakan sebuah karya seni bernilai seni tinggi yang sudah diakui oleh dunia. Membatik biasa menggunakan peralatan sederhana seperti canting atau kuas yang digunakan untuk membuat pola tertentu pada kain.

Untuk mewarnai kain tekstilnya menggunakan teknik tutup celup. Kerajinan tekstil batik ini merupakan warisan budaya nusantara dan menjadi ciri khas kebangaan bangsa Indonesia.

2. Kerajinan Sulam 

Foto: Pinterest/etsy

Bordir atau sulam merupakan suatu hiasan yangg dibuat di kain atau bahan lain dengan menggunakan benang dan jarum. Selain menggunakan benang, bordir atau sulaman bisa menggunakan bahan lin seperti manik-manik, logam, payet bahkan bulu burung.

Kerajinan sulam sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung pada apa hasil dari kerajinan tersebut misalnya sulam terawang, sulam timbul, sulam datar dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Kerajinan Jahit Perca

Foto: Pinterest/Ruangtanga

Perca merupakan sisa-sisa kain untuk membuat pakaian atau kerajinan tekstil lainnya. Jahit perca merupakan proses membuat suatu produk kerajinan tekstil menggunakan bahan-bahan potongan kain perca yang digabungkan dengan cara dijahit mengikuti pola yang direncanakan.

Jahit perca biasa fokus pada teknik menjahitnya bukan pada bahan apa yang digunakan. Untuk mengetahui tentang kerajinan perca bisa membaca artikel lain yang berjudul aneka kerajinan dari kain perca.

4. Kerajinan Jahit Tindas

Foto: Pinterest/Sandra Gisch

Jahit tindas atau quilting merupakan salah satu teknik menghias permukaan kain dengan cara membuat lapisan kain dengan bahan pelapis kemudian dijahit tindas pada permukaan kain tersebut. Teknik jahit tindas biasa digunakan untuk membuat selimut dengan hiasan-hiasan timbul.

5. Kerajinan Cetak Saring

Cetak saring merupakan salah satu proses cetak dengan menggunakan layar. Layar tersebut biasa menggunakan bahan nylon atau sutra yang didesain dengan kerapatan dan pola tertentu. Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya.

Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi photoresist dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak. Salah satu contoh kerajinan cetak saring adalah sablon.

6. Kerajinan Tenun 

Foto: Pinterest/Agneshia Chrita

Tenun merupakan hasil kerajinan yang berupa bahan (kain) yang dibuat dari benang (kapas, sutra, dan sebagainya) dengan cara memasuk-masukkan pakan secara melintang pada  lungsin. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan ciri khas masing-masing dalam kerajinan tenun.

Contohnya, kain tenun yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores hingga Timor.

7. Kerajinan Makrame 

Makrame merupakan jenis kerajinan membuat simpul dan menggarap untaian benang dari awal sampai jadi satu kain tenun. Hasil kerajinan makrame mempunyai fungsi, kekuatan dan keindahan yang berbeda-beda.

Untuk fungsi dari karya ini bisa dilihat dari produk yang dihasilkan. Sedangkan untuk ketahanan produk sangat bergantung pada dari bahan apa kerajinan ini dibuat.

Itulah jenis dan macam kerajinan tekstil dari Indonesia.