Menyeramkan! Mengenal Sosok Kuyang secara Dekat

Jumat, 26 November 2021 | 00:02:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Menyeramkan! Mengenal Sosok Kuyang Secara Dekat

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pernahkah kamu melihat atau mendengar cerita sosok Kuyang? Tentunya menyeramkan dan menakutkan. Dalam mitosnya, kuyang merupakan sosok hantu yang melegenda di Kalimantan Timur.

Masyarakat percaya bahwa kuyang adalah manusia yang menggunakan ilmu hitam untuk mencapai kehidupan yang abadi. Di beberapa daerah hantu kuyang memiliki nama lain diantaranya, Pok-Pok, Palasik, Leak, Kra sui, Mananggal atau Wak-Wak.

Fakta tentang Kuyang

Buat kamu yang doyan cerita horor atau hal-hal mistis, kamu wajib tahu beberapa fakta tentang kuyang berikut.

1. Asal-usul Kuyang

Kuyang sebenarnya adalah manusia perempuan pada umumnya. Saat siang hari, ia berwujud perempuan biasa yang menggunakan pakaian besar atau jubah. Perubahan wujudnya yang mengerikan lantaran dia menggunakan ilmu hitam untuk mencapai keabadian.

Dalam ritual tersebut dia harus secara rutin mencari tumbal. Ketika mencari tumbal, dia akan meninggalkan badannya dirumah sementara kepala dan organ dalamnya terbang.

2. Bentuk Kuyang

Foto: kumparan

Kuyang merupakan sosok makhluk halus yang memiliki bentuk sangat menyeramkan. Kuyang identik dengan kepala perempuan dengan organ tubuh terbuka tanpa tulang yang menggantung dan bisa terbang di malam hari.

3. Memiliki Tanda di Leher

Ingin abadi dan terus menjadi muda, salah satu alasan manusia mempelajari ilmu hitam dan menjadi kuyang. Wujudnya yang terus bertukar antara kuyang di malam hari dan manusia di pagi hari, meninggalkan bekas tanda melingkar disekitar leher berwarna hitam atau merah.

Untuk menyembunyikan fakta kalau dia menganut ilmu hitam, biasanya orang tersebut menutupinya dengan selendang atau kain. Menggunakan selendang di bagian leher dengan kondisi musim yang tidak sesuai menjadi salah satu indikasi orang tersebut menganut ilmu hitam yang dapat berubah menjadi kuyang.

4. Mangsa Kuyang

Mangsa atau korban yang diincar oleh kuyang adalah darah. Umumnya darah yang dihisap adalah darah perempuan hamil atau baru saja melahirkan, bayi dan bahkan mayat bayi yang baru saja dimakamkan. Ketika kuyang berhasil meminum darah korbannya, dipercaya dia akan kuat dan abadi.

5. Wilayah Kuyang

Foto: liputan 6

Kuyang bisa ditemukan hampir di seluruh wilyah Indonesia, misalnya Bali, Sulawesi dan Sumatera Barat. Namun, penemuan kuyang terbanyak adalah di Kalimantan Timur, khususnya di daerah Sungai Belayan, Kutai Kertanegara dan Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Tak hanya itu, kuyang juga dijumpai di negara-negara lain, Malaysia, Thailand dan juga  Filipina.

6. Cara Mengusir Kuyang

Walau memiliki bentuk yang mengerikan, kita bisa mengusir kuyang, lho. Cara tradisional ini digunakan masyarakat sejak dulu. Mengusir kuyang dengan cara paling mudah menggunakan sapu ijuk, kamu bisa letakkan sapu ijuk dibalik pintu rumah.

Jika kamu mengetahui ada orang yang menjadi kuyang dan kamu memiliki nyali yang besar, kamu bisa menancapkan sapu ijuk atau lidi di tubuh kuyang yang tertinggal di rumah. Dengan demikian kuyang tidak bisa lagi kembali dan masuk ke dalam tubuhnya.

Selain dengan sapu ijuk, beberapa warga lokal juga percaya bahwa membakar paku dengan bulu landak, serta menancapkan bawang merah dan putih ke jarum dapat mengusir sosok ini.

Itulah tadi beberapa fakta menarik tentang Kuyang. Kira-kira jika suatu saat kamu bertemu kuyang, apa yang akan kamu lakukan?