Mengenalkan anak berpuasa sejak dini

Minggu, 26 Mei 2019 | 22:57:33

Indri Astuti

Penulis : Indri Astuti

Mengenalkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Halo Ladies?perkenalkan aku Indri ibu dari satu anak yang sekarang berusia 5 tahun, anakku Bilal anaknya super aktif dan banyak ingin tahunya bisa dibilang cerewet. Apalagi bulan Ramadan kali ini dia antusias ingin sekali berpuasa seperti teman-teman sebayanya, walaupun dia belum mengerti banget apa itu puasa dan ini pengalaman pertama kali dia latihan puasa. Aku mau sedikit ikutan sharing pengalaman aku pribadi mengenalkan anakku berpuasa dibulan Ramadan kali ini.

Sebagai ibu aku juga antusias mengenalkan puasa pada anakku, setiap hari anakku menghitung hari kapan saatnya Ramadan tiba, tak sabar katanya. Aku pun juga menyiapkan banyak keperluan buat sahur pertamanya seperti ayam, sayur, buah dll. Hari pertama aku mengajak anakku untuk sholat tarawih dan pasti banyak sekali pertanyaan dia apa itu tarawih, pelan-pelan aku berikan pemahaman ringan tentang sunnah sholat tarawih agar makin banyak pahala saat berpuasa. Dan masih banyak lagi pertanyaan seputar puasa dari anakku yang kadang akupun pusing sendiri mesti jawab dari mana dulu hihi.

Yuk simak tips dari aku mengenalkan anak berpuasa :

- Beri pengertian tentang apa itu puasa Ramadan.?Aku sudah dari awal menjelaskan apa itu puasa, mulai dari menahan haus dan lapar, banyaknya pahala jika melakukan kebaikan, sedekah dll. Dan anakku jadi antusias karena aku selalu bilang kalau puasa full kita akan jadi pemenang pahala terbanyak saat lebaran tiba, ini ampuh loh buat memotivasi anak ikut berpuasa agar disayang Allah.?

- Atur jadwal tidur, karena dia ikutan sahur maka jam tidur pun harus lebih baik dari sebelumnya, seperti tidak tidur terlalu malam, dan wajib tidur siang agar stamina anak tetap fit dan tak mudah lemas.

- Berikan asupan gizi dan nutrisi anak, serta beri makanan dan minuman favoritnya, misal anak suka ayam, aku memasak aneka olahan ayam beravariasi biar anak ga bosan, dan karena anakku susah makan buah dan sayur, aku mensiasati dengan jus, agar, puding dll agar anak tetap terjaga asupan makanannya, jangan lupa juga berikan susu dan vitamin ya moms.

- Ajak anak bermain dan refreshing agar anak tak melulu lihat jam berputar hehe, aku biasanya menemaminya bermain atau belajar, mengajak ke taman ikut kegiatan mewarnai, atau bermain ular tangga dirumah, waktu jadi terasa cepet kalau anak hepi dan antusias main sama kita.

- Jangan paksa anak puasa full di usia dini, biasanya aku bertanya sama anakku masih kuat atau tidak, udah lapar banget atau belum, dan juga aku cek kondisi suhu badannya. Dari situ aku jadi tahu kemampuan anak, kalau memang kuatnya setengah hari ya hanya sampai jam 12.00 dia makan, kalau masih kuat sampai jam 14.00 misalnya tidak apa-apa buka jam segitu tapi nanti lanjut puasa lagi sampai maghrib, dengan latihan ini anak akan lama-lama terbiasa dengan menahan haus dan lapar tanpa terpaksa.?

- Mengajak tarawih dan sholat dimasjid, biasanya di masjid sering ada tausiyah dan tadarus ini bisa menambah ilmu dan menjadi waktu yang baik untuk mendekatkan anak pada ilmu agam dan pentingnya puasa Ramadan.

- Ajak anak belanja baju lebaran atau mainan kesukaannya sebagai reward, tapi beri penjelasan kalau semua reward ini asalnya dari Allah karena anak sudah mau berpuasa jadi dikasih rejeki dari Allah melalui kita.

Ini beberapa tips mengenalkan puasa Ramadan pada anak ala aku menurut pengalaman pribadi aku, jangan lupa ajak suami juga untuk kerjasama yang baik agar berhasil melatih anak terbiasa puasa dan menjalaninya dengan menyenangkan. Tapi kondisi anak berbeda-beda kekuatannya, kita sebagai orang tua mesti hafal betul kondisi anak kita sendiri jadi bisa kontrol kesehatannya saat ikut berpuasa. Yuk ajak anak berlatih berpuasa sejak dini, karena dengan berpuasa sebenarnya melatih daya tahan dan kekebalan tubuh anak dengan baik loh.?

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan semangat terus mendampingi tumbuh kembang anak-anak kita.