Menghadapi Kegagalan, Agar Tetap Bisa Melewatinya Dengan Baik

Selasa, 10 November 2020 | 13:46:14

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Menghadapi Kegagalan, Agar Tetap Bisa Melewatinya Dengan Baik

Kehidupan akan selalu menawarkan dua pilihan–berhasil atau gagal. Namun, tidak seorang pun berhak memesan keduanya. Ada saat di mana kita dibuai keberhasilan, pun dipaksa menyerah pada kegagalan. Namun bukankah kita lebih sering mengutuki kegagalan? Kita tidak sadar bahwa kegagalanlah yang justru bisa mengubah kita menjadi pribadi yang lebih bijak. Hidup adalah perjalanan sementara. Sebelum sampai di titik akhir, adalah misi setiap manusia untuk bisa menikmati tiap jengkal perjalanannya. Untuk bisa menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, kita harus menentukan arah hidup dan menemukan maknanya.

Cerita kegagalan atau kesalahan di masa lalu tidak melulu harus dikubur atau disimpan rapat-rapat. Ketika bisa menerimanya sambil terus melanjutkan hidup, kita justru punya kesempatan untuk selalu menengok ke belakang dan berdamai dengan kegagalan.

Lakukan Meditasi atau Aktivitas Spiritual

Kegiatan meditasi berfungsi untuk melepaskan seluruh beban pikiran yang menarik maupun membebani tubuh kamu. Bila dilakukan secara berkala, kamu dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Lengkapi dengan aktivitas spiritual seperti doa dan ibadah untuk memunculkan harapan hidup yang lebih baik kedepannya.

Lupakan Sejenak Kegagalan

Ada kalanya kamu perlu melupakan sejenak kegagalan besar yang dialami untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. kamu dapat melakukan kegiatan positif yang menyenangkan, seperti bermain bersama teman dekat, keluarga, atau sekedar menonton film komedi. Pada saat kondisi mental kamu membaik, kamu dapat mengikhlaskan diri dengan lebih mudah.

Buat Suatu Rencana Kehidupan untuk ke Depan

Pada saat kondisi kamu sudah mulai membaik, ambillah secarik kertas dan tulis rencana hidup kamu kedepannya secara sederhana. Memiliki suatu rencana masa depan meskipun sedikit dapat membangkitkan semangat kamu untuk memenuhinya. kamu akan pulih dengan lebih cepat untuk menghadapi tantangan hidup selanjutnya.

Dirimu Sangat Berarti, Sesekali Banggalah dengan Diri Sendiri

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya membuat kita merasa semakin gagal. Kita memiliki hal-hal baik dan potensi yang bukannya tidak ada, namun belum kita gali lebih dalam. Buatlah daftar hal-hal baik yang pernah kamu lakukan agar kita lebih dapat mengapresiasi diri sendiri. Bukankah kita memiliki cara masing-masing untuk hidup yang lebih baik?

Nikmati Setiap Proses

Fase yang menguras energi dan emosi. Meski merasa tak nyaman, nikmati saja setiap prosesnya dengan perasaan lepas, maka proses yang sedang kamu jalani tidak akan terasa berat. Menikmati setiap proses akan membuat kita menjadi ikhlas saat menjalankannya. Apabila hasil yang kita dapatkan tidak sesuai harapan, kita menjadi menghargai jerih payah diri sendiri.

Demikianlah beberapa cara mudah berdamai dengan diri sendiri. Kesehatan mental dan fisik sama pentingnya untuk membuat hidup kamu lebih bahagia. Jadi, sudahkah kamu merasa beruntung dan berdamai dengan kegagalan-kegagalan ini?

Sumber Foto Utama: Freepik.com