Mengukur Tingkatan Kekerasan Berlian dengan Batu Permata Lain

Rabu, 4 November 2020 | 18:04:28

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Mengukur Tingkatan Kekerasan Berlian Dengan Batu Permata Lain

Ada beberapa pengujian yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengetahui keaslian sebuah berlian. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaca pembesar. Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk melihat apakah berlian terlihat sempurna, ataupun terdapat goresan/ cacat pada bagian dalam berlian. Jika terdapat cacat pada berlian, maka dapat dipastikan berlian tersebut asli. Pasalnya, cacat berlian atau yang biasa disebut inklusi merupakan ‘tanda lahir’ yang semua berlian pasti memilikinya.

Sebaliknya, jika batu berlian terlihat sempurna atau sama sekali tidak memiliki cacat sama sekali, maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu atau imitasi. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah dengan melihat tepi berlian. Pada berlian asli tepi berlian akan terlihat tajam, sedangkan berlian palsu memiliki tepi yang bulat.

Cara lain untuk memastikan keaslian berlian yang Anda beli adalah dengan mengecek ada atau tidak adanya sertifikat. Sertifikat merupakan dokumen yang sangat penting karena dapat mengungkapkan karakteristik, kualitas, serta keaslian berlian. Selain faktor 4C, informasi mengenai  dimensi berlian, simetris, dan fluorescence juga bisa Anda temukan pada sertifikat berlian. Karakteristik pada berlian yang Anda miliki telah dievaluasi dan diteliti oleh laboratorium gemologi seperti Gemological Institute of America (GIA) atau American Gem Society (AGS).

Berlian dengan Batu Permata Lain

Banyak pertanyaan yang muncul mengenai perbedaan batu berlian dengan batu permata lainnya. Salah satu yang membuat berlian berbeda dengan batu permata lainnya adalah tingkat kekerasan yang dimilikinya. Batu berlian memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs yang merupakan tingkat kekerasan tertinggi. Jadi, batu berlian memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara batu permata lainnya. Hal inilah yang membuat batu berlian tidak bisa tegores apapun, kecuali oleh berlian itu sendiri.

Kenapa Harga Berlian Mahal?

  1. Batu berlian menjadi salah satu batu yang paling populer dan disukai semua orang karena keindahan kilaunya. Sayangnya, berlian hadir dengan harga yang tergolong mahal. Semakin baik karakteristik berlian tersebut harganya  pun akan semakin mahal. Namun, apa penyebab harga berlian mahal?
  2. Berlian merupakan batu permata popular dan semua orang menyukai kilau indahnya. Tapi, proses pembentukan berlian di perut bumi memerlukan waktu yang sangat lama. Berlian yang saat ini beredar di pasaran bahkan memiliki usia milyaran tahun! Selain itu, beberapa warna berlian pun terbilang cukup langka dan jarang ditemukan.
  3. Berlian merupakan batu mulia yang paling berharga, yang memiliki keindahan warna prismatik serta kekerasan yang luar biasa. Batu permata ini merupakan keluarga dari Diamond (Carbon), yang sering pula dikenal dengan sebutan intan.
  4. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya yang bisa mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi (10) dan kemampuannya mendispersikan cahaya.
  5. Sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri. Untuk menambang satu berlian satu karatnya, butuh kedalaman 75 mil atau sekitar 120 km dari muka bumi.

Pada jaman dahulu kala, mayoritas berlian yang di dapat dari tambang di gunakan untuk industri. Berlian ini sendiri menurut para ahli di perkirakan sudah ada di dalam perut bumi selama miliaran tahun yang lalu dan dari berbagai sumber menyebutkan bahwa berlian ada di perut bumi sudah mencapai tiga miliar tahun yang lalu. Hal ini juga yang membuat harga berlian sangatlah mahal karena memang benda ini sangat langka.

Sumber Foto Utama: Freepik.com